Pengembangan instrumen asesmen pembelajaran membaca cerpen SMA / Ary Fawzi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan instrumen asesmen pembelajaran membaca cerpen SMA / Ary Fawzi

Fawzi, Ary (2011) Pengembangan instrumen asesmen pembelajaran membaca cerpen SMA / Ary Fawzi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci instrumen asesmen membaca cerpen Instrumen asesmen adalah alat-alat yang digunakan untuk pengumpulan informasi tentang peserta didik berkenaan dengan apa yang mereka ketahui dan apa yang mereka dapat lakukan. Instrumen asesmen yang digunakan untuk melakukan asesmen pembelajaran membaca cerpen bisa berbagai macam instrumen antara lain tes objektif tes subjektif unjuk kerja produk laporan performansi dan sebagainya. Tetapi instrumen-instrumen asesmen yang dikembangkan di dalam penelitian ini adalah tes tulis (subjektif) dan produk laporan hasil analisis membaca cerpen. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan yang diungkapkan oleh Djaali dan Pudji Mulyono (2004 81-85). Langkah-langkah pengembangan instrumen asesmen secara umum adalah (1) melakukan studi pendahuluan (2) membuat rancangan pengembangan (3) membuat draf awal instrumen asesmen (4) melakukan uji coba produk dan (5) revisi akhir. Studi pendahuluan yang dilakukan adalah melakukan analisis terhadap instrumen asesmen yang digunakan oleh praktisi (guru bahasa Indonesia). Berdasarkan hasil studi pendahuluan dibuatlah rancangan pengembangan yang bisa menjadi solusi dari kelemahan dari instrumen asesmen yang telah ada. selanjutnya rancangan yang telah dibuat akan dikembangkan menjadi draf instrumen asesmen. Uji coba produk dilakukan kepada (1) ahli instrumen asesmen (2) ahli pembelajaran sastra (3) praktisi 1 (4) praktisi 2 (5) kelompok kecil kelas X4 dan X5 dan (6) kelompok kecil kelas XI IPA 3 dan XI IPA 4. Uji coba kepada para ahli dan praktisi berfungsi untuk mengetahui tingkat kelayakan produk dari aspek validitas konstruk validitas isi keterterapan keterbacaan dan kepraktisan sedangkan uji coba kepada kelompok kecil siswa bertujuan untuk mengetahui keterbacaan tes subjektif. Berdasarkan hasil uji tersebut maka dilakukanlah beberapa revisi yakni (1) tingkat kesulitan soal (2) kriteria yang detail (3) pemberian bobot yang jelas dan (4) penggunaan bahasa yang komunikatif. Setelah dilakukan revisi maka instrumen asesmen telah seutuhnya layak untuk digunakan untuk menilai keterampilan membaca pemahaman apresiatif siswa terhadap cerpen. Produk akhir dari pengembangan ini adalah instrumen asesmen pembelajaran membaca SMA/MA. Instrumen asesmen ini terdiri dari tes subjektif dan rubrik penilaian laporan hasil analisis membaca cerpen. Tes subjektif terdiri dari dua produk yakni tes subjektif untuk kelas X dan kelas XII. Rubrik penilaian laporan hasil analisis membaca cerpen juga terdiri dari dua yakni rubrik untuk kelas X dan kelas XII. ii Tes subjektif terdiri dari kisi-kisi tes subjektif petunjuk pengerjaan soal tes subjektif soal tes subjektif rambu-rambu jawaban kriteria penyekoran dan pedoman pengolahan skor. Rubrik penilaian laporan hasil analisis membaca cerpen terdiri dari kisi-kisi rubrik penilaian laporan hasil analisis membaca cerpen petunjuk pembuatan laporan rubrik penilaian laporan hasil analisis membaca cerpen rambu-rambu laporan hasil analisis membaca cerpen dan pedoman pengolahan skor

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Oct 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143078

Actions (login required)

View Item View Item