Analisis problematika pembelajaran membaca di MTsN Bandung Kabupaten Tulungagung / Andri Nurdiana - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis problematika pembelajaran membaca di MTsN Bandung Kabupaten Tulungagung / Andri Nurdiana

Nurdiana, Andri (2011) Analisis problematika pembelajaran membaca di MTsN Bandung Kabupaten Tulungagung / Andri Nurdiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci analisis problematika pembelajaran membaca siswa dan guru SMP/MTs. Pada zaman modern ini keterampilan membaca memegang peranan penting dalam kehidupan manusia karena telah terjadi pergeseran tindak berkomunikasi di kalangan masyarakat. Kegiatan membaca-menulis sudah mulai menjadi cara berkomunikasi instan. Keterampilan membaca juga sangat berpengaruh terhadap keberhasilan belajar siswa baik belajar Bahasa Indonesia maupun bidang ilmu lainnya yang dilakukan di dalam maupun di luar kelas. Salah satu upaya untuk meningkatkan keterampilan membaca adalah melalui pembelajaran di sekolah. Guru bertugas menanamkan keterampilan berbahasa terutama keterampilan membaca agar kemampuan siswa dalam berpikir bernalar memperluas wawasan dan ketajaman perasaannya dapat meningkat. Salah satu penghambat kegiatan pembelajaran membaca di kelas adalah problematika yang dialami guru dan siswa dalam melaksanakan kegiatan tersebut baik pada saat mempersiapkan melaksanakan maupun pada saat penilaian. Alasan pemilihan MTs Negeri Bandung menjadi objek penelitian dikarenakan pada sekolah ini guru Bahasa Indonesia yang akan diteliti sudah memenuhi syarat untuk dijadikan informan penelitian jumlah siswa yang terlalu banyak di dalam kelas dan siswa juga terlihat kurang bersemangat pada saat pembelajaran membaca berlangsung serta hasil UAN MTs Negeri Bandung pada pelajaran Bahasa Indonesia tahun 2009 tercatat ada satu orang siswa yang tidak lulus. Secara umum penelitian ini berupaya menjawab masalah tentang problematika yang dialami siswa dan guru Bahasa Indonesia dalam pembelajaran membaca di MTs Negeri Bandung dan alternatif pemecahannya. Sesuai dengan masalah tersebut penelitian ini bertujuan mengumpulkan informasi tentang keadaan nyata problematika pembelajaran membaca di MTs Negeri Bandung. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif-kualitatif. Penetapan subjek penelitian didasarkan pada hasil analisis studi pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti. Subjek penelitian ini adalah siswa dan semua guru Bahasa Indonesia kelas VII VIII dan IX di MTs Negeri Bandung yang berjumlah empat orang. Guru-guru tersebut adalah (1) Sutanto S.Pd sebagi pengajar kelas IX (2) Zuhri S.Pd sebagai pengajar kelas VIII (3) Dra. Siti Muyasaroh sebagai pengajar kelas IX (4) Isnawatuk K S.Pd sebagai pengajar kelas VII. Data utama penelitian kualitatif ialah kata-kata dan tindakan selebihnya adalah data tambahan seperti data hasil obervasi data hasil angket data hasil wawancara dan data dokumentasi berupa foto dan video situasi pembelajaran membaca di kelas dan juga RPP yang telah dibuat dan digunakan oleh guru. Dalam penelitian ini peneliti sebagai instrumen kunci yang didukung dengan instrumen penunjang berupa pedoman observasi pedoman angket pedoman wawancara format catatan lapangan kamera perekam suara dan alat tulis untuk mencatat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa problematika siswa MTsN Bandung dalam pembelajaran membaca adalah (1) siswa kurang bersemangat mengikuti pembelajaran membaca terutama pada jam pelajaran terakhir (2) siswa hanya berminat mengikuti pembelajaran membaca jika bacaannya singkat mudah dipahami dan berjenis sastra (3) siswa tidak terbiasa untuk membaca di luar jam pelajaran sekolah karena siswa tidak sempat membaca menganggap kegiatan membaca membuat pikiran pusing dan tidak menyenangkan dan siswa merasa mengantuk setiap kali membaca (4) keterampilan yang dimiliki siswa dalam mengolah bacaan masih rendah. Siswa belum mampu memahami bacaan dalam waktu singkat dan siswa hanya dapat menjawab pertanyaan yang jawabannya tersedia dalam bacaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa problematika yang dialami guru Bahasa Indonesia MTsN Bandung pada perencanaan pembelajaran adalah problematika dalam (1) menyusun RPP KD tertentu (2) merumuskan indikator/tujuan (3) menentukan materi (4) menentukan media/sumber belajar (5) menyusun langkah-langkah pembelajaran (6) menentukan metode (7) merumuskan perangkat penilaian dan (8) membuat variasi bentuk soal. Problematika pada pelaksanaan pembelajaran yang dialami guru adalah problematika dalam (1) mempersiapkan kondisi siswa (2) menumbuhkan sikap positif terhadap kegiatan membaca (3) menyampaikan tujuan pembelajaran (4) menyampaikan materi pembelajaran (5) menggunakan strategi yang aktif (6) menggunakan media (7) menyampaikan pokok kegiatan pembelajaran (8) melaksanakan tindak lanjut membaca (9) menyimpulkan pembelajaran dan (10) mengorganisasikan waktu dengan tepat. Problematika guru dalam evaluasi pembelajaran membaca adalah (1) guru kesulitan menggunakan butir tes yang sesuai dan (2) guru kesulitan mengupayakan agar anak mampu membaca dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada guru agar lebih teliti dan mengikuti kaidah yang benar dalam merumuskan bagian-bagian dalam pembuatan RPP. Guru diharapkan memberikan motivasi kepada siswa dengan cara memberikan gambaran pembelajaran yang sudah maju dan manfaat dari kegiatan membaca. Guru juga dapat mengembangkan kreatifitasnya dalam mengatasi fasilitas yang seadanya dengan membuat suasana pembelajaran yang menyenangkan. Guru juga dapat menyediakan bacaan yang memuat informasi baru dan unik sehingga siswa akan lebih antusias. Bacaan semacam itu banyak ditemukan di internet. Pihak sekolah dapat memberikan penyuluhan kepada orang tua siswa untuk membiasakan anak mereka membaca di rumah dan memberikan syarat minimal jumlah buku yang harus dibaca oleh siswa untuk dapat naik ke kelas yang lebih tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Oct 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143076

Actions (login required)

View Item View Item