Peningkatan kemampuan menulis cerpen berdasarkan kehidupan diri sendiri dengan strategi sugesti-imajinasi pada siswa X SMA Negeri 3 Blitar / Tita Sari Indriani - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan menulis cerpen berdasarkan kehidupan diri sendiri dengan strategi sugesti-imajinasi pada siswa X SMA Negeri 3 Blitar / Tita Sari Indriani

Indriani, Tita Sari (2011) Peningkatan kemampuan menulis cerpen berdasarkan kehidupan diri sendiri dengan strategi sugesti-imajinasi pada siswa X SMA Negeri 3 Blitar / Tita Sari Indriani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci pengalaman diri sendiri menulis kreatif cerpen strategi sugesti-imajinasi. Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas X terdapat kompetensi dasar (KD) tentang kemampuan menulis kreatif cerpen berdasarkan kehidupan diri sendiri. Melalui KD ini dimaksudkan siswa dapat mengenal memahami dan dapat menulis cerpen. Untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis kreatif cerpen berdasarkan kehidupan diri sendiri diperlukan strategi pembelajaran yang tepat. Salah satu strategi pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan menulis kreatif cerpen berdasarkan kehidupan diri sendiri adalah strategi sugesti-imajinasi. Dengan strategi sugesti-imajinasi ini siswa dibelajarkan dan dibimbing untuk mengkreasikan pengalaman yang pernah dialami sebagai sumber penulisan cerpen. Dalam penelitian ini strategi sugesti-imajinasi digunakan untuk membelajarkan siswa mengingat pengalaman yang pernah dialami. Deskripsi pengalaman tersebut dikreasikan (diimajinasikan) dalam menyusun kerangka cerpen. Kerangka cerpen yang sudah dikreasikan dikembangkannya menjadi cerpen yang utuh. Secara umum penelitian ini berupaya menjawab masalah tentang proses dan hasil peningkatan kemampuan menulis kreatif cerpen berdasarkan kehidupan diri sendiri dengan strategi sugesti-imajinsi pada siswa kelas X SMAN 03 Blitar. Sesuai dengan masalah tersebut penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis kreatif cerpen berdasarkan kehidupan diri sendiri dengan strategi sugesti-imajinasi. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Sesuai dengan rancangan itu penelitian disusun dalam siklus yang meliputi perencanaan (penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) pelaksanaan pengamatan hasil tindakan dan refleksi. Penetapan subjek penelitian didasarkan pada hasil analisis studi pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti. Subjek umum yang diberi tindakan adalah seluruh siswa dalam kelas X-4 SMAN 03 Blitar sedangkan subjek khusus adalah 27 siswa yang memperoleh skor penilaian proses dan hasil di bawah KKM (kriteria ketuntasan minimal) yang telah ditetapkan oleh sekolah yang bersangkutan yaitu 75. Data penelitian meliputi data verbal yang berwujud tuturan lisan dan data nonverbal yang berupa rekaman tindakan siswa dalam foto dan tindakan yang ditranskripsikan dan dimasukkan dalam pedoman observasi dan catatan lapangan. Dalam penelitian ini peneliti sebagai instrumen kunci yang didukung dengan instrumen penunjang berupa pedoman observasi pedoman wawancara dan catatan lapangan. i ii Dari hasil analisis data ditemukan bahwa pembelajaran menulis cerpen dengan menggunakan strategi sugesti-imajinasidapat meningkatkan proses dan hasil kemampuan menulis cerpen kelas X-4 SMAN 03 Blitar. Peningkatan proses kemampuan menulis cerpen terdiri dari 3 tahap yaitu tahap perencanaan penulisan dan penyuntingan. Pada tahap perencanaan dilakukan kegiatan (1) pemberian motivasi (2) pemberian materi (3) relaksasi (4) bermeditasi (5) penikmatan lagu (6) mendeskripsikan pengalaman dan (7) mengimajinasikan pengalaman ke dalam kerangka. Pada tahap penulisan dilakukan kegiatan (1) pemberian motivasi (2) pemberian materi (3) mengembangkan kerangka ke dalam cerpen yang utuh. Pada tahap penyuntingan dilakukan kegiatan (1) memperbaiki cerpen karya teman (2) memplublikasikan cerpen yang disunting di depan kelas dan (3) memberikan tanggapan kritik dan penghargaan dari cerpen yang dibacakan. Peningkatan hasil kemampuan siswa dalam menulis kreatif cerpen dapat dilihat dari persentase siswa yang mencapai KKM. Pada tahap prates siswa yang mencapai KKM sebanyak 0% pada siklus I siswa yang mencapai KKM sebanyak 37.07%. dan siklus II siswa yang mencapai KKM meningkat menjadi 88.8%. Berdasarkan persentase tersebut dapat dikemukakan bahwa persentase peningkatan jumlah siswa yang mencapai KKM dari prates ke siklus I sebesar 37.07% dan peningkatan siklus I ke siklus II sebesar 59 2%. Peningkatan tersebut sangat signifikan dan terjadi pada hampir seluruh siswa di kelas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi sugesti-imajinasi dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis kreatif cerpen berdasarkan kehidupan diri sendiri. Berdasarkan hasil belajar siswa dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi sugesti-imajinasi sangat efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis cerpen berdasarkan kehidupan diri sendiri siswa kelas X-4 SMA Negeri 03 Blitar. Untuk lebih meningkatkan kemampuan tersebut diharapkan agar guru Bahasa Indonesia menciptakan sebuah skenario pembelajaran yang menyenangkan akan tetapi tetap menuntut keaktifan kekreatifan dan kekritisan siswa untuk menuangkan ide-ide kreatif. Bagi peneliti lain yang melakukan penelitian sejenis diharapkan agar memperhatikan penggunaan waktu selama pembelajaran berlangsung

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Oct 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143075

Actions (login required)

View Item View Item