Peningkatan kemampuan menulis puisi dengan metode copy-master pada siswa kelas X-j MA Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo tahun pelajaran 2010/2011 / Ika Nurhayati - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan menulis puisi dengan metode copy-master pada siswa kelas X-j MA Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo tahun pelajaran 2010/2011 / Ika Nurhayati

Nurhayati, Ika (2011) Peningkatan kemampuan menulis puisi dengan metode copy-master pada siswa kelas X-j MA Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo tahun pelajaran 2010/2011 / Ika Nurhayati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci peningkatan kemampuan menulis puisi metode Copy-Master Menulis kreatif puisi merupakan salah satu keterampilan bidang apresiasi sastra yang harus dikuasai oleh siswa SMA/MA. Kurikulum bahasa Indonesia menyebutkan bahwa kompetensi dasar menulis puisi terdapat pada pembelajaran yang diajarkan di kelas X SMA/MA semester 1. Hasil observasi yang dilakukan di kelas X-j MA Darul Huda Ponorogo memperlihatkan bahwa pembelajaran menulis puisi masih memerlukan perbaikan. Kendala siswa dalam menulis puisi adalah tidak adanya cara atau strategi yang digunakan dalam pembelajaran menulis puisi. Hal ini dikarenakan pola mengajar guru masih belum maksimal dalam memanfaatkan strategi pembelajaran. Untuk memperbaiki keadaan ini perlu diupayakan pembelajaran menulis puisi yang dapat melibatkan siswa secara aktif dan kreatif dalam proses penulisan puisi. Melalui penelitian ini diperkenalkan pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan metode Copy-Master. Metode Copy-Master adalah metode yang diterapkan dengan cara meniru atau mencontoh seorang ahli (master). Meniru yang dimaksud bukan berarti menjiplak menyalin atau membajak karya orang lain akan tetapi bisa dilakukan dengan meniru idenya teknik penulisannya atau gaya bahasanya. Teori ini merupakan aplikasi dari metode yang diterapkan pada seni rupa di negeri China. Tujuan umum penelitian ini adalah memperoleh gambaran tentang pembelajaran menulis puisi kelas X-j MA Darul Huda Ponorogo dengan metode Copy-Master. Tujuan khususnya adalah menggambarkan (1) proses peningkatan kemampuan menulis puisi dengan metode Copy-Master dan (2) hasil peningkatan kemampuan menulis puisi dengan metode Copy-Master meliputi struktur fisik dan batin puisi pada siswa kelas X-j MA Darul Huda Ponorogo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini berjalan dalam dua siklus. Instrumen utamanya adalah peneliti sendiri dengan membawa instrumen tindakan untuk diterapkan dalam pembelajaran. Instrumen pendukungnya adalah lembar kerja siswa pedoman wawancara lembar observasi lembar catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini mengacu pada teknik analisis data yang meliputi reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Secara kualitatif proses tahap membaca dan menganalisis puisi master berhasil mengantarkan siswa pada proses pencarian ide dasar yang akan didapatkan dari kegiatan membaca puisi master. Dari membaca puisi master siswa berhasil membongkar kata-kata/kalimat yang bisa diganti sesuai dengan keinginan masing-masing siswa untuk dijadikan bahan menulis puisi. Dari tahapan membaca dan menganalisis puisi ini siswa berhasil memunculkan kata pertama yang ditulis melalui kesan atas puisi master. Proses tahap menemukan ide awal dengan meniru puisi master berdasarkan struktur fisik atau batin puisi berhasil mengumpulkan kosa kata baru dari pengembangan kesan serta kata-kata/kalimat yang telah ditiru/diganti dari puisi master. Tahap menulis puisi dengan metode Copy-master berhasil membuat siswa menuangkan ide dasar dalam bentuk kata-kata untuk dijadikan larik-larik yang indah. Tahap merevisi dan menyunting puisi berhasil membuat siswa menata kembali puisi yang telah ditulis dengan memperhatikan struktur batin dan fisik puisi serta berhasil membuat siswa mengoreksi puisi yang telah dihasilkan. Secara kualitatif peningkatan hasil kemampuan menulis puisi pada aspek rima majas dan tipografi berkembang sangat signifikan. Aspek diksi dan pengimajian berkembang dengan signifikan. Aspek tema dan amanat berkembang cukup signifikan. Secara keseluruhan hasil akhir kemampuan menulis puisi yang diperoleh siswa mengalami peningkatan kategori kurang menjadi kategori cukup kategori cukup menjadi baik dan kategori baik menjadi sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian di atas bagi guru bahasa Indonesia disarankan untuk (a) memanfaatkan hasil penelitian ini sebagai alternatif dalam pembelajaran menulis kretif sastra yang lain seperti puisi lama puisi baru berdasarkan bentuk puisi Barat (meliputi distichon tersina kuatren kuint sektet septima oktaf dan soneta) dan prosa fiksi (b) memanfaatkan berbagai macam puisi (puisi konvensional kontemporer pusisi remaja puisi anak-anak puisi terjemahan) sebagai master puisi (c) memanfaatkan LKS yang memuat langkah-langkah metode Copy-Master. Bagi kepala sekolah disarankan untuk memberikan motivasi dan dukungan kepada guru terutama guru bahasa Indonesia agar senantiasa menggunakan strategi dalam mengelola pembelajaran. Hal ini dimaksudkan sebagai upaya meningkatkan kualitas proses dan hasil kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan di kelas. Adapun bagi peneliti lain diharapkan dapat menggunakan dan mengembangkan model master (ahli) sebagai dasar untuk melakukan penelitian lain dengan cara lebih kreatif atau mengembangkan keterampilan berbahasa yang lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Oct 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143074

Actions (login required)

View Item View Item