Fiaji, Noveria Anggraeni (2012) Peningkatan kemampuan menulis argumentasi dengan menggunakan strategi brainstorming (Ramu pendapat) siswa kelas X MAN 2 Batu tahun ajaran 1010/2011 / Noveria Anggraeni Fiaji. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci kemampuan menulis paragraf argumentasi brainstorming. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti di MAN 2 Batu diketahui bahwa Siswa Kelas X-A masih mengalami kesulitan dalam pembelajaran menulis paragraf argumentasi dari hasil wawancara kepada guru bidang studi Bahasa Indonesia dan dari hasil kegiatan pretes yang dilakukan tulisan argumentasi mereka masih banyak mengalami kelemahan dari segi isi bahasa serta khususnya pada argumen yang mereka berikan. Tulisan argumentasi mereka cenderung merangkum dari informasi yang didapat sedangkan ide/ gagasan yang seharusnya menjadi pokok penting dalam penulisan paragraf argumentasi tidak ada. Oleh karena itu nilai rata-rata kelas pada saat menulis paragraf argumentasi belum mencapai standar ketuntasan minimal yang ditetapkan yakni 72. Nilai rata-rata kelas hanya mencapai 61. Peneliti memilih strategi brainstorming dalam upaya meningkatkan kemampuan menulis paragraf argumentasi karena menurut peneliti strategi brainstoarming merupakan suatu bentuk diskusi dalam rangka menghimpun gagasan pendapat informasi pengetahuan pengalaman dari semua peserta. Oleh karena itu pembelajaran menulis argumentasi cocok dilakukan dengan menggunakan strategi brainstoarming karena sama-sama bertujuan untuk dapat menghasilkan ide baru yang diperlukan. Dalam penelitian ini masalah-masalah yang dikaji meliputi 1) peningkatkan kemampuan menulis argumentasi dengan menggunakan strategi brainstoarming pada siswa kelas X SMA pada aspek isi 2) peningkatkan kemampuan menulis argumentasi dengan menggunakan strategi brainstoarming pada siswa kelas X SMA pada aspek kebahasaan dan 3) peningkatkan kemampuan menulis argumentasi dengan menggunakan strategi brainstoarming pada siswa kelas X SMA pada aspek argumen. Penelitian ini termasuk proses penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam bentuk siklus yang berulang yang di dalamnya ada empat tahapan utama kegiatan yaitu (1) perencanaan (2) tindakan (3) pelaksanaan (4) pengamatan dan (5) refleksi. Penelitian tindakan kelas yang dilakukan terdiri dari dua siklus masing-masing siklus melalui tahapan-tahapan tersebut. Siklus I dilasanakan pada tanggal 03 dan 08 Maret 2011 dan siklus II dilaksanakan pada tanggal 10 dan 15 September 2011 di kelas X MAN 2 Batu. Teknik pengumpulan data berupa data verbal dan non verbal dilakukan dengan tes prestasi hasil belajar dan observasi. Untuk penyajian data disajikan dalam bentuk tabel agar lebih mudah untuk dibaca. Pada akhir pelaksanaan tindakan pada setiap siklus tampak ada peningkatan hasil belajar kemampuan menulis paragraf argumentasi pada aspek isi pada siklus I sebesar 55% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 80% pada aspek kebahasaan siklus I sebesar 25% dan siklus II meningkat menjadi 65% dan pada spek argumen pada siklus I sebesar 65% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 100%. Dari keseluruhan hasil peningkatan menulis paragraf argumentasi dapat dilihat bahwasannya kemampuan siswa dalam menulis paragraf argumentasi saat pretest sebanyak 70% atau 14 siswa masih belum mencapai SKM sedangkan sisanya sebanyak 30% atau sebanyak 4 siswa telah mencapai SKM. Pada siklus I meningkat sedikit sebanyak 40% atau 8 siswa telah mencapai SKM yang telah ditentukan sedngkan sisanya sebanyak 60% atau 12 siswa masih belum mencapai SKM yang ditentukan. Terakhir pada siklus II sebanyak 100% atau sebanyak 20 siswa telah mencapai SKM yang ditentukan ini pertanda bahwasannya peningkatan kemampuan menulis paragraf argumentasi dengan strategi brainstorming dikatakan berhasil. Berdasarkan hasil analisis dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi brainstoarming dapat meningkatkan kemampuan menulis wacana argumentasi siswa kelas X MAN 2 Batu Tahun Ajaran 2011/ 1012. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar guru khususnya guru Bahasa Indonesia hendakanya harus pandai-pandai memilih jenis metode yang dianggap pantas dan sesuai untuk materi yang akan diajarkan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Jan 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/143069 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |