Kemampuan menulis perencanaan karya ilmiah siswa kel;as XII jurusan bahasa di SMA Negeri 1 Bantur tahun ajaran 2011-2012 / Ririn Ambarwati - Repositori Universitas Negeri Malang

Kemampuan menulis perencanaan karya ilmiah siswa kel;as XII jurusan bahasa di SMA Negeri 1 Bantur tahun ajaran 2011-2012 / Ririn Ambarwati

Ambarwati, Ririn (2012) Kemampuan menulis perencanaan karya ilmiah siswa kel;as XII jurusan bahasa di SMA Negeri 1 Bantur tahun ajaran 2011-2012 / Ririn Ambarwati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci perencanaan karya ilmiah judul rumusan masalah kerangka karangan pembahasaan kerangka karangan Karya ilmiah adalah suatu tulisan yang membahas suatu masalah. Pembahasan itu dilakukan berdasarkan penyelidikan pengamatan pengumpulan data yang didapat dari suatu penelitian baik penelitian lapangan tes laboratorium atau pun kajian pustaka. Perencanaan karya ilmiah merupakan tahapan pramenulis yang kajiannya meliputi kemampuan merumuskan judul rumusan masalah kerangka karangan dan pembahasaan kerangka karangkan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Data penelitian ini berupa skor kemampuan siswa menulis perencanaan karya ilmiah. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII Bahasa SMA Negeri 1 Bantur yang berjumlah 17 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes. Pemberian tes yang dilakukan berdasarkan instrumen yang telah dibuat yakni instrumen pemancing berupa lembar tugas menulis perencanaan karya ilmiah dan pedoman penilaian untuk menjaring data kuantitatif. Analisis data dalam peneltian ini dilakukan dengan proses awal pengecekan kelengkapan data pengodean dan penilaian. Penilaian dilakukan dengan teknik analitik agar medapatkan hasil yang objektif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan merumuskan judul perencanaan karya ilmiah siswa kelas XII Bahasa SMA Negeri 1 Bantur dikemukakan sebagai berikut 4 siswa (23 5%) medapat nilai sangat baik 2 siswa (12%) mendapat nilai baik 7 siswa (41%) mendapat nilai cukup dan 4 siswa (23 5%) mendapat nilai sangat kurang. Kemampuan merumuskan masalah perencanaan karya ilmiah menunjukkan hasil 10 siswa ( 59%) mendapat nilai sangat baik 5 siswa (29%) mendapat nilai baik 1 siswa (6%) mendapat nilai cukup dan 1 siswa (6%) mendapat nilai sangat kurang. Kemampuan menyusun kerangka karangan menunjukkan hasil 9 siswa (53%) mendapat nilai sangat baik 4 siswa (23 5%) mendapat nilai baik dan 4 siswa (23 5%0 mendapat nilai cukup. Kemampuan pembahasaan kerangka karya ilmiah menunjukkan hasil 7 siswa (41%) mendapat nilai baik dan 10 siswa (59%) mendapat nilai cukup. Hasil penelitian menujukkan bahwa kemampuan merumuskan judul perencanaan karya ilmiah siswa kelas XII Bahasa SMA Negeri 1 Bantur kurang. Hal tersebut terbukti hanya 6 siswa (35 5%) yang mendapatkan nilai di atas SKM yaitu 75. Rumusan judul yang dibuat siswa sebagian besar kurang mencerminkan isi dan kurang menarik. Kemampauan merumuskan masalah perencanaan karya ilmiah sangat baik. Hal tersebut terbukti 15 siswa (88%) mendapat nilai di atas SKM yaitu75 dan hanya 2 siswa (12%) mendapat nilai di bawah 75. Rumusan masalah siswa ii menunjukkan identifikasi masalah yang akurat subtansi masalah yang dibuat mencerminkan topik dan membatasi masalah secara spesifik. Kemampuan menyusun kerangka karangan siswa kelas XII Bahasa SMA Negeri 1 Bantur sudah baik. Hal tersebut dibuktikan sebanyak 13 siswa (76 5% ) mendapat nilai di atas SKM yaitu75 dan sisanya 3 siswa (23 5%) mendapat nilai di bawah 75. Kerangka karangan yang dibuat siswa sudah lengkap logis dan sistematis. Kemampuan pembahasaan kerangka karangan siswa kelas XII Bahasa SMA Negeri 1 Bantur kurang. Hal tersebut didasarkan pada nilai yang didapatkan siswa. 41% siswa medapat nilai baik dan 59% mendapat nilai cukup. Kesalahan yang dibuat siswa dalam membuat pengalimatan kerangka karya ilmiah adalah penggunaan kata tidak baku penggunaan huruf besar penggunaan kata depan dan imbuhan dan pemborosan kata.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Jan 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143067

Actions (login required)

View Item View Item