Pratiwi, Cerianing Putri (2012) Penggunaan strategi bermain jawaban untuk meningkatkan kemampuan menyimak berita siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bendo Magetan / Cerianing Putri Pratiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci menyimak berita strategi bermain jawaban. Keterampilan menyimak berita merupakan salah satu kompetensi yang diajarkan pada tingkat SMP. Melalui pembelajaran tersebut diharapkan siswa mampu menyimak berita dengan baik. Akan tetapi pada kenyataannya keterampilan menyimak berita merupakan keterampilan yang belum dikuasai dengan baik oleh siswa. Masih banyak kendala yang terjadi pada pembelajaran menyimak berita. Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan di SMP Negeri 1 Bendo Magetan diketahui bahwa kemampuan menyimak berita pada sekolah tersebut masih rendah. Hal terbut disebabkan strategi yang digunakan pada pembelajaran masih kurang menarik. Dari masalah tersebut maka diperlukan sebuah strategi yang mampu mengatasi lemahnya kemampuan menyimak berita. Melalui penelitian tindakan kelas ini siswa dikenalkan dengan pembelajaran menyimak berita dengan menggunakan strategi bermain jawaban. Pembelajaran menyimak berita dengan menggunakan strategi bermain jawaban terdiri atas (1) menemukan pokok-pokok berita (2) menarik garis keterkaitan antar pokok berita (3) menemukan pokok terpenting berita (4) membuat kesimpulan. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mendekripsikan (1) peningkatan kemampuan menentukan pokok-pokok berita dalam pembelajaran menyimak berita dengan menggunakan strategi bermain jawaban pada siswa kelas VIII SMPN 1 Bendo Magetan (2) peningkatan kemampuan menarik garis keterkaitan antar pokok berita pada pembelajaran menyimak berita dengan menggunakan strategi bermain jawaban pada siswa kelas VIII SMPN 1 Bendo Magetan (3) peningkatan kemampuan menemukan pokok terpenting berita pada pembelajaran menyimak berita dengan menggunakan strategi bermain jawaban pada siswa kelas VIII SMPN 1 Bendo Magetan (4) peningkatan kemampuan membuat kesimpulan berita pada pembelajaran menyimak berita dengan menggunakan strategi bermain jawaban pada siswa kelas VIII SMPN 1 Bendo Magetan. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa pedoman observasi pedoman wawancara tugas dan pedoman dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Bendo Magetan. Data dalam penelitian ini berupa data verbal dan data non verbal. Data verbal berupa hasil rekaman iii kegiatan guru dan siswa saat pembelajaran berlangsung. Data non verbal berupa skore hasil evaluasi kemampuan menyimak berita siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Bendo Magetan. Hasil penelitian diperoleh bahwa proses dan hasil siklus I belum maksimal. Masih ada beberapa kelompok yang mendapatkan nilai rendah terutama pada tahap menarik garis keterkaitan. Masih ada 10 siswa yang belum tuntas sedangkan siswa yang tuntas hanya 21 siswa. Melihat hasil siklus I yang kurang maksimal maka pada tindakan siklus II dilakukan perbaikan. Setelah dilakukan perbaikan diketahui bahwa proses dan hasil siklus II mengalami peningkatan. Pada siklus II diketahui bahwa semua siswa memperoleh nilai tuntas. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menyimak berita dengan menggunakan strategi Bermain Jawaban mampu meningkatkan kemampuan menyimak berita siswa kelas VIII SMP Negeri Bendo Magetan. Strategi tersebut memudahkan siswa saat pembelajaran sehingga strategi ini mampu meningkatkan kemampuan menyimak siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Jan 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/143066 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |