Primanda, Vidya Ayu (2012) Penerapan metode Ekstempore untuk meningkatkan kemampuan berpidato siswa Kelas IX-A SMP Negeri 3 Tulungagung tahun pelajara 2010/2011 / Vidya Ayu Primanda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Berpidato merupakan kegiatan mengungkapkan pikiran secara lisan dihadapan orang banyak. Pidato dapat dilakukan oleh siapa saja. Oleh karena itu orang yang akan berpidato harus dapat menyesuaikan isi pidato dengan peristiwa dan berperan sebagai apa orang tersebut berpidato. Selama ini cara-cara pembelajaran yang diajarkan di sekolah Menengah Pertama umumnya masih menggunkan metode teks atau naskah. Siswa hanya membaca naskah pidato. Cara cara berpidato seperti ini akan menghambat kreatifitas siswa untuk mengembangkan idea tau pikirannya. Dalam pidato terpancang pada teks atau naskah yang dipenggangnya selain itu siswa akan cenderung menghafalkan naskah tersebut. Keadaan seperti ini dialamai para siswa kelas IX SMPN 3 Tulungagung dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada aspek kemampuan berbicara yaitu berpidato. Siswa hanya membaca naskah pidato tersebut sehingga tanpa naskah siswa akan merasa kesulitan dan tidak lancar dalam berpidato. Berkaitan dengan permasalahan tersebut di atas guru berusaha menerpakan metode ekstempore dalam pembelajaran berpidato. Pada metode ekstempore ini dalam berpidato pembicara membawa catatan- catatan penting yang sekaligus menjadi urutan dalam uruiannya. Dengan menerapkan metode ini diharapan siswa akan dapat mengungkapkan idea tau pikirannya dalam berpidato tanpa terpancang naskah sehingga kemampuan berpidato meningakat. Berbicara merupakan salah satu aspek keterampilan bahasa. Keterampilan berbicara merupakan keterampilan produktif karena dalam perwujudannya keterampilan berbicara menghasilkan berbagai gagasan yang dapat digunakan untuk kegiatan berbahasa ( berkomunikasi ) yakni dalam bentuk lisan dan keterampilan menulis sebagai keterampilan produktif dalam bentuk tulis. Dua keterampilan lain ( menyimak dan membaca ) merupakan keterampilan reseptif atau keterampilan yang tertuju pada pemahaman. Siswa membutuhkan keterampilan dalam interaksi sosialnya. Siswa akan dapat mengungkapkan pikiran dan perasaannya secara efektif jika ia terampil berbicara. Dalam kaitan kreatifitas keterampilan berbicara merupakan salah satu keterampilan berbicara merupakan salah satu keterampilan yang perlu mendapat perhatian karena gagasan-gagasan kreatif dapat dihasilkan melalui keterampilan. Kemampuan berbicara siswa juga dipengarui oleh kemampuan komunikatif. Kemampuan komunikatif adalah pengetahuan mengenai bentuk-bentuk bahasa dan makna-makna bahasa terasebut dan kemapuan untuk menggunakannya pada saat kapan dan kepada siapa. Kemampuan komunikasi adalah kemampuan bertutur dan menggunakan bahasa sesuai dengan fungsi situasi serta norma-norma berbahasa dalam masyarakat yang sebenarnya. Kompetensi komunikatif juga berhubungan dengan kemampuan sosial dan menginterprestasikan bentuk-bentuk linguistik. Para siswa tentu sudah memiliki pengetahuan sebagai modal dasar dalam bertutur karena ia berada dalam satu lingkungan sosial yang menuntutnya untuk paham kode-kode bahasa yang digunakan masyarakat. Dalam kaitanya dengan keterampilan berbicara berikut ada ilustrasi. Ketika kita mendengar kata berbicara pikiran kita tertuju pada kegiatan berpidato . Padahal berpidato hanya merupakan salah satu bagian dari keterampilan berbicara. Tampaknya dalam mengahapi era globalisasi saat ini keterampilan berbicara tersebut untuk berbagai bidang kehidupan misalnya berwawancara berdiskusi bermain peran bernegeoisasi berpendapat dan bertanya sehingga pembelajaran bahasa yang dilaksanakan dapat memenuhi tuntutan zaman terutama dalam hal pembelajaran berbicara.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Jan 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/143063 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |