Pengembangan media pembelajaran berbicara dalam pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas VII SMP N 1 Kedungwaru Tulungagung / Pradini Ratih Wardhani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbicara dalam pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas VII SMP N 1 Kedungwaru Tulungagung / Pradini Ratih Wardhani

Wardhani, Pradini Ratih (2012) Pengembangan media pembelajaran berbicara dalam pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas VII SMP N 1 Kedungwaru Tulungagung / Pradini Ratih Wardhani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci pengembangan media pembelajaran berbicara bahasa Indonesia. Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi oleh kenyataan selama ini pembelajaran yang dilakukan oleh guru kurang menarik sehingga kurang diminati oleh para peserta didik. Untuk itu tugas seorang guru untuk terus berupaya menciptakan pembelajaran bahasa Indonesia yang kreatif dan menarik bagi peserta didik. Dalam pembelajaran bahasa Indonesia ketrampilan berbicara tidak bisa diabaikan begitu saja. Kebanyakkan siswa merasa minder dan takut bila disuruh berbicara di depan kelas. Selama ini pembelajaran bahasa Indonesia yang disampaikan oleh guru lebih banyak menerangkan toeri dari pada praktik berbicara di depan kelas sehingga siswa kurang terlatih praktik berbicara. Untuk itu ketrampilan berbicara siswa sangat kurang sehingga menyebabkan siswa merasa kurang percaya diri untuk berbicara di depan kelas atau dimuka umum. Terbukti pada saat kegiatan belajar mengajar (KBM) di kelas siswa menjadi ragu dan kurang percaya diri untuk mengungkapkan ide-idenya karena takut atau malu berbicara di depan kelas. Untuk itu sebagai seorang guru bertugas untuk bisa menggunakan berbagai macam media pembelajaran yang bisa digunakan untuk menunjang pembelajaran di kelas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan. Rancangan penelitian ini diadaptasi dari prosedur penelitian pengembangan Sadiman dan Abidin. Berdasarkan prosedur tersebut terdapat sebelas tahap prosedur penelitian yakni (1) analisisi kebutuhan (2) analisis tujuan (3) perumusan tujuan (4) mengembangkan materi (5) menyusun naskah (6) produksi (7) penyusunan petunjuk pemanfaatan (8) uji coba perseorangan (9) uji coba kelompok (10) uji coba lapangan (11) revisi. Pelaksanaan pengembangan dilakukan berdasarkan temuan analisis kebutuhan media pembelajaran yang dilakukan pada tahap prosedur penelitian dan pengembangan. Produk hasil pengembangan selanjutnya diujicobakan untuk mengetahui kelayakan produk yakni melalui tiga kelompok uji yang meliputi (1) uji ahli media (2) uji materi yakni guru kelas VII SMP dan (3) uji perseorangan uji kelompok kecil dan uji klasikal atau lapangan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kedungwaru yang berjumlah 31 siswa. Data dalam penelitian ini berupa data verbal dan numerik. Data verbal dibedakan menjadi data tertulis. Data tertulis didapat dari saran dan kritik yang didapat dari ahli uji coba. Data numerik yakni berupa data skor yang diperoleh dari hasil angket penilaian ahli dan siswa terhadap produk. Berdasarkan hasil nilai analisis yang dilakukan terhadap ahli materi diperoleh hasil 80%. Berdasarkan kriteria yang ditentukan 80% termasuk kategori valid. Sehingga isi materi yang terdapat dalam media tersebut termasuk dalam kategori layak dan dapat diimplementasikan. Berdasarkan hasil nilai analisis yang dilakukan terhadap ahli materi diperoleh hasil 67 5%. Berdasarkan kriteria yang ditentukan 67 5% termasuk kategori valid.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jan 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143062

Actions (login required)

View Item View Item