Peningkatan kemampuan mengarang narasi siswa kelas IV SDN Oro Oro Malang dengan strategi Playing At Text / Endriana Rahma Widarti. - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan mengarang narasi siswa kelas IV SDN Oro Oro Malang dengan strategi Playing At Text / Endriana Rahma Widarti.

Widarti, Endriana Rahma (2012) Peningkatan kemampuan mengarang narasi siswa kelas IV SDN Oro Oro Malang dengan strategi Playing At Text / Endriana Rahma Widarti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Kemampuan mengarang mengarang narasi strategi playing at text Kemampuan mengarang narasi merupakan salah satu aspek keterampilan berbahasa yang diajarkan mata pelajaran bahasa Indonesia di SD. Mengarang narasi merupakan salah satu kompetensi dasar yang diajarkan di kelas IV SD. Kompetensi dasar ini bertujuan untuk mengungkapkan ide gagasan dan perasaan siswa dalam bentuk tulisan narasi. Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam mengarang. Kesulitan tersebut antara lain siswa tidak aktif bertanya siswa kurang dalam hal membaca sehingga tulisan siswa banyak mengulang kata siswa belum mampu mengarang dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan kemampuan mengarang narasi siswa kelas IV SDN Oro-Oro Dowo Malang dengan strategi Playing At Text pada isi karangan dan (2) meningkatkan kemampuan mengarang narasi siswa kelas IV SDN Oro-Oro Dowo Malang dengan strategi Playing At Text pada bahasa karangan. Penggunaan strategi ini diharapkan dapat menambah minat dan semangat siswa dalam pembelajaran mengarang narasi sehingga kegiatan belajar mengajar dapat dilaksanakan dengan baik. Penelitian ini dilakukan dengan rancangan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Penelitian tindakan kelas merupakan suatu bentuk kajian yang bersifat reflektif oleh pelaku tindakan yang dilakukan untuk meningkatkan keterampilan dari tindakan-tindakan mereka dalam melaksanakan tugas memperdalam pemahaman terhadap tindakan yang dilakukan serta memperbaiki kondisi pembelajaran tersebut. Penelitian ini dilaksanakan oleh peneliti dan guru dilakukan sebanyak dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Hasil penilaian proses dan penilaian produk menunjukkan bahwa siswa sudah dapat mengarang narasi dengan baik. Penilaian proses bersumber dari setiap aktivitas yang dilakukan siswa selama kegiatan mengarang narasi berlangsung meliputi keaktifan siswa dalam bertanya keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan partisipasi siswa dalam kegiatan mengarang dan perilaku siswa di kelas selama proses pembelajaran. Penilaian produk bersumber dari karangan yang ditulis siswa meliputi aspek isi dan penggunaan bahasa. Kemampuan mengarang narasi pada aspek isi terdiri atas kesesuaian isi cerita dengan isi cerita cerita sebelumnya keruntutan isi tertata dengan alur yang baik kepaduan isi dirangkai dengan penanda bahasa yang jelas setting mendukung isi tokoh dan penokohan mendukung isi dan kemenarikan judul. Kemampuan mengarang narasi pada aspek penggunaan bahasa terdiri atas ejaan tanda baca pilihan kata dan keefektifan kalimat. Kemampuan mengarang narasi pada aspek isi dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 13% sedangkan kemampuan ii mengarang narasi pada aspek penggunaan bahasa mengalami peningkatan sebesar 21%. Sehubungan dengan hasil penelitian ini disarankan pada guru untuk menggunakan strategi Playing At Text untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mengarang narasi. Bagi peneliti selanjutnya yang ingin menggunakan dan mengembangkan strategi Playing At Text diharapkan dapat mengembangkan strategi pembelajaran pada kompetensi dasar sastra yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jan 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143061

Actions (login required)

View Item View Item