Kemampuan membaca kritis siswa kelas XI SMA Negeri 1 Wongsorejo-Banyuwangi / Dimas Yatmitraningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Kemampuan membaca kritis siswa kelas XI SMA Negeri 1 Wongsorejo-Banyuwangi / Dimas Yatmitraningsih

Yatmitraningsih, Dimas (2012) Kemampuan membaca kritis siswa kelas XI SMA Negeri 1 Wongsorejo-Banyuwangi / Dimas Yatmitraningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci kemampuan membaca membaca kritis siswa SMA. Membaca berperan penting dalam kehidupan sehari-hari. Dengan membaca seseorang dapat mengetahui sesuatu secara tidak langsung memperoleh ilmu pengetahuan dan bahkan melalui membaca sesorang dapat bertambah luas wawasan yang dimilikinya. Membaca adalah suatu proses mengolah bacaan yang berupa simbol-simbol tertulis dengan tujuan pembaca mampu memahami makna secara tersirat maupun tersurat yang disampaikan oleh penulis/pengarang. Pada penelitian ini peneliti memfokuskan kajian pada kemampuan membaca kritis. Kurangnya minat baca siswa menjadi salah satu faktor diangkatnya penelitian ini. Siswa masih tidak mempunyai kemauan membaca buku-buku ilmiah artikel dan karya sastra. Mereka lebih banyak mengandalkan internet dengan sistem copy-paste sehingga tidak ada pemahaman yang intensif dalam kegiatan membaca. Kurangnya minat membaca ini membuat mereka kurang memahami secara maksimal teks-teks bacaan yang dibaca. Agar siswa mampu memahami secara keseluruhan dalam sebuah wacana siswa harus mampu mengritisi bacaan tersebut. Selain hal tersebut masih banyak siswa yang hanya sekedar membaca tanpa proses pemahaman secara intensif dengan mengritisi sebuah bacaan. Oleh karena itu informasi yang dideskripsikan penelitian ini dapat dijadikan referensi bagi guru untuk meningkatkan kemampuan membaca kritis siswa. Beberapa soal UAN bahasa Indonesia tingkat SMA berupa bacaan (artikel atau cuplikan artikel) sehingga sebelum UAN berlangsung siswa hendaknya telah mampu mengritisi sebuah bacaan. Untuk mengetahui sejauh mana kemampuan membaca kritis siswa SMA kelas XI maka peneliti mengambil judul penelitian Kemampuan Membaca Kritis Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Wongsorejo-Banyuwangi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Data yang dikumpulkan dinyatakan dalam bentuk angka-angka. Berdasarkan analisis data penelitian tentang kemampuan membaca kritis secara umum ditemukan bahwa siswa SMAN I Wongsorejo khususnya kelas XI IPA 3 belum mampu mengaplikasikan kemampuan membaca kritis secara maksimal. Hal ini dibuktikan dengan 100% siswa tidak dapat mencapai kriteria ketuntasan minimal dalam uji kemampuan membaca kritis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jan 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143060

Actions (login required)

View Item View Item