Peningkatan kemampuan menulis cerpen melalui media rekaman lagu pada siswa kelas X-4 SMAN 2 Batu / Berta Sofyan L.D. - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan menulis cerpen melalui media rekaman lagu pada siswa kelas X-4 SMAN 2 Batu / Berta Sofyan L.D.

Sofyan L.D., Berta (2012) Peningkatan kemampuan menulis cerpen melalui media rekaman lagu pada siswa kelas X-4 SMAN 2 Batu / Berta Sofyan L.D. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci kemampuan menulis cerpen media rekaman lagu Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan SMA disebutkan bahwa kemampuan menulis cerpen harus dikuasai oleh siswa. Tujuannya adalah agar siswa dapat mengenal memahami dan dapat menulis cerpen. Dari hasil studi pendahuluan diketahui bahwa kemampuan menulis cerpen siswa kelas X-4 SMAN 2 Batu masih rendah. Hal ini dikarenakan siswa kesulitan dalam menulis kerangka cerpen mengembangkan ide cerita menentukan unsur-unsur intrinsik cerpen menciptakan dan menyelesaikan konflik pada bagian alur cerita. Selain itu keaktifan siswa dalam pembelajaran menulis cerpen yang masih kurang dan motivasi siswa dalam kegiatan pembelajaran menulis cerpen yang masih rendah. Berdasarkan kondisi tersebut kemampuan menulis cerpen siswa perlu segera ditingkatkan. Untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis cerpen diperlukan sebuah media pembelajaran yang tepat agar keaktifan dan motivasi siswa dalam kegiatan pembelajaran meningkat. Oleh karena itu penelitian ini menggunakan media rekaman lagu. Dengan media ini siswa diharapkan belajar membuat kerangka cerpen berdasarkan lagu yang dipilih mengembangkan kerangka cerpen menjadi cerpen yang utuh dan padu mengembangkan peristiwa melalui narasi deskripsi monolog dan dialog. Dengan media rekaman lagu ini siswa lebih mudah menulis cerpen karena pembelajarannya tidak langsung pada kegiatan menulis cerpen secara langsung tetapi dilakukan melalui tiga tahap yaitu tahap pramenulis tahap menulis dan tahap pascamenulis. Berdasarkan paparan tersebut masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peningkatan proses dan hasil pembelajaran menulis cerpen melalui media rekaman lagu pada siswa kelas X-4 SMA pada tahap pramenulis tahap menulis dan tahap pascamenulis. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan penelitian tindakan kelas. Rancangan penelitian disusun dalam satuan siklus yang meliputi perencanaan (penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran) pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Penetapan subjek terteliti didasari hasil analisis studi pendahuluan dan pratindakan yang dilakukan oleh peneliti. Subjek umum yang diberi tindakan adalah seluruh siswa kelas X-4 sedangkan subjek khususnya adalah 18 siswa yang memperoleh skor penilaian proses dan hasil di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan oleh sekolah yang bersangkutan. Penelitian dilaksanakan mulai tanggal 12 Mei 2011 sampai dengan 3 Juni 2011 dalam dua siklus (siklus I dan siklus II). Data penelitian meliputi data verbal berwujud tuturan lisan peningkatan proses menulis cerpen maupun hasil tertulis ii peningkatan kemampuan menulis cerpen dan data nonverbal berupa rekaman tindakan siswa dalam foto dan tindakan yang ditranskripsikan dan dimasukkan dalam pedoman observasi dan catatan lapangan. Data diperoleh melalui instrumen utama yaitu peneliti yang didukung dengan instrumen penunjang berupa pedoman observasi pedoman wawancara dokumentasi dan catatan lapangan untuk mengetahui proses dan hasil menulis cerpen siswa. Berdasarkan hasil analisis data peningkatan proses kemampuan menulis cerpen dengan menggunakan media rekaman lagu meliputi tahap pramenulis tahap menulis dan tahap pascamenulis. Tahap pramenulis dilakukan dengan kegiatan siswa mendengarkan lagu memilih lagu mendiskusikan lagu dan membuat kerangka cerpen sesuai dengan rekaman lagu yang dipilih. Penggunaan rekaman lagu berfungsi sebagai stimulus bagi siswa dalam berimajinasi untuk mengembangkan rekaman lagu dalam sebuah kerangka cerpen. Terbukti siswa dapat menentukan tema judul tokoh latar dan alur yang bervariasi dalam kerangka. Tahap menulis dilakukan dengan kegiatan siswa mengembangkan unsur intrinsik cerpen yaitu tokoh latar alur dan sudut pandang. Penggunaan rekaman lagu sebagai stimulus siswa dalam mengembangkan kerangka cerpen menjadi cerpen yang utuh dan padu dengan bukti adanya satu kesatuan cerita dalam cerpen siswa. Tahap pascamenulis dilakukan dengan kegiatan siswa menyunting dan memublikasi cerpen. Hasil peningkatan kemampuan menulis cerpen dengan menggunakan media rekaman lagu meliputi sub kemampuan menulis kerangka cerpen kemampuan menulis draf cerpen dan kemampuan menyunting cerpen. Kemampuan menulis kerangka cerpen meningkat sebesar 50% dari 33 3% (siklus I) menjadi 83 3% (siklus II) dengan indikator mampu mengembangkan tema dan judul cerpen baru selain judul lagu yang dipakai dalam pembelajaran tokoh baik karakter fisik maupun watak alur mulai dari pengenalan pemunculan konflik klimaks dan penyelesaian. Kemampuan menulis draf cerpen meningkat sebesar 50% dari 44 4% (siklus I) menjadi 94 4% (siklus II) dengan indikator mampu mengembangkan kerangka cerpen menjadi cerpen utuh dan padu mengembang- kan peristiwa dengan narasi deskripsi dialog dan monolog. Kemampuan menyunting cerpen menggunakan media rekaman lagu mengalami peningkatan sebesar 44 4% dari 44 4% (siklus I) menjadi 88.8% (siklus II) dengan indikator siswa mampu menumbuhkan rasa percaya dirinya untuk memublikasikan cerpen yang telah ditulis dengan membacakannya di depan kelas mampu membangun interaksi sosial antar siswa dan sebagai stimulus siswa untuk menunjukkan prestasi. Sehubungan dengan hasil penelitian ini disarankan kepada guru mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia dalam memperbaiki pembelajaran menulis khususnya menulis cerpen dengan penggunaan rekaman lagu sebagai media pembelajaran. Penelitian ini juga diharapkan dapat dijadikan bahan acuan peneliti berikutnya pada pembelajaran menulis puisi menulis drama dan keterampilan berbahasa yang lain dengan media rekaman lagu

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Feb 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143056

Actions (login required)

View Item View Item