Pengembangan bahan ajar menulis surat dinas untuk Siswa SMP kelas VIII / Ririn Anggara Setiawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar menulis surat dinas untuk Siswa SMP kelas VIII / Ririn Anggara Setiawati

Setiawati , Ririn Anggara (2012) Pengembangan bahan ajar menulis surat dinas untuk Siswa SMP kelas VIII / Ririn Anggara Setiawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci pengembangan bahan ajar menulis surat dinas Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa Banyak orang yang menganggap bahwa kompetensi dasar menulis surat dinas merupakan salah satu materi yang mudah untuk dipelajari. Dari anggapan tersebut kegiatan pembelajaran menulis surat dinas menjadi tidak maksimal dan cenderung disepelekan. Oleh karena itu kemampuan siswa dalam menulis surat dinas masih kurang. Guru dituntut mampu menyediakan bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan siswa agar proses pembelajaran menulis surat dinas dapat berlangsung dengan baik sehingga dapat mencapai tujuan. Pemilihan bahan ajar menulis surat dinas sesuai dengan siswa SMP karena bahan ajar menyajikan materi dan contoh secara nyata dan lengkap sesuai dengan kebutuhan siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengembangkan bahan ajar menulis surat dinas untuk siswa SMP. Adapun tujuan khusus penelitian ini adalah (1) mengembangkan bahan ajar sesuai dengan deskripsi isi bahan ajar menulis surat dinas untuk siswa SMP kelas VIII (2) mengembangkan bahan ajar sesuai dengan sistematika penyajian bahan ajar menulis surat dinas untuk siswa SMP kelas VIII (3) mengembangkan bahan ajar sesuai dengan penggunaan bahasa bahan ajar menulis surat dinas untuk siswa SMP kelas VIII dan (4) mengembangkan bahan ajar sesuai dengan tampilan dan tata letak bahan ajar menulis surat dinas untuk siswa SMP kelas VIII. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan. Model pengembangan dalam penelitian pengembangan ini diadaptasi dari model pengembangan 4-D. Model pengembangan ini terdiri dari 4 tahap pengembangan yaitu Define Design Develop dan Dessiminate atau diadaptasikan menjadi model 4-P yaitu Pendefinisian Perancangan Pengembangan dan Penyebaran. Model pengembangan ini dipilih karena semua kegiatan dalam penelitian diamati dianalisis dan direvisi setiap saat sehingga dapat menghasilkan produk bahan ajar menulis surat dinas yang layak dan sesuai dengan kebutuhan. Produk hasil pengembangan diujicobakan untuk mengetahui kelayakan produk yakni melalui tiga kelompok uji yang meliputi (1) uji ahli yakni ahli materi menulis surat dinas dan ahli pembelajaran menulis surat dinas (2) uji praktisi yakni guru kelas VIII SMP Negeri 1 Badegan dan (3) uji kelompok kecil siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Badegan yang terdiri dari 15 siswa. Hasil pengembangan dari isi bahan ajar diperoleh dari uji coba dengan dengan ahli materi bermain peran ahli pembelajaran menulis surat dinas praktisi dan siswa. Berdasarkan uji coba dengan ahli materi diperoleh skor 91 6% uji coba dengan ahli pembelajaran menulis diperoleh skor 66 7% uji coba dengan praktisi diperoleh diperoleh skor 91 6% dan uji coba dengan siswa diperoleh skor 91 2%. Berdasarkan analisis data di atas disimpulkan bahwa dari segi isi bahan ajar tergolong layak dan dapat digunakan dengan melakukan revisi kecil.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Feb 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143054

Actions (login required)

View Item View Item