Rini, Ahsin Nosafia (2012) Materi pembelajaran ketermpilan membaca dalam buku sekolah elektronik bahasa indonesia untuk siswa SMP kelas VIII / Ahsin Nosafia Rini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci keterampilan membaca Buku Sekolah Elektronik materi penggunaan bahasa Penelitian mengenai materi pembelajaran keterampilan membaca dalam Buku Sekolah Elektronik (BSE) bahasa Indonesia untuk SMP kelas VIII ini bertujuan mendeskripsikan isi materi tersebut dari segi kesesuaian dengan KD dalam kurikulum serta keakuratan. Selain itu penelitian ini juga bertujuan mendeskripsikan penggunaan bahasa dalam materi pembelajaran keterampilan membaca dari segi kekomunikatifan dan pemakaian bahasa yang memenuhi syarat keruntutan dan keterpaduan alur berpikir. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian deskriptif. Data dalam penelitian ini meliputi skor isi materi keterampilan membaca dalam BSE bahasa Indonesia untuk SMP kelas VIII dan skor penggunaan bahasa dalam materi keterampilan membaca BSE bahasa Indonesia tersebut. Sumber data penelitian ini ialah materi pembelajaran keterampilan membaca yang diambil dari BSE bahasa Indonesia untuk SMP kelas VIII terbitan Depdiknas dan diunduh melalui situs Depdiknas http //bse.depdiknas.go.id/. Instrumen penelitian yang digunakan berupa panduan penskoran sebagai landasan penentuan skor isi materi keterampilan membaca dalam BSE Bahasa Indonesia untuk SMP kelas VIII serta penggunaan bahasa dalam materi keterampilan membaca BSE bahasa Indonesia tersebut. Pengumpulan data dilakukan dengan memberi skor terhadap isi materi dan penggunaan bahasa sesuai dengan pedoman penskoran. Analisis data dilakukan dengan menghitung skor kumulatif hasil penskoran data yang telah dikelompokkan berdasarkan kompetensi dasar dan butir instrumen. Hasil penghitungan skor secara keseluruhan pada masing-masing aspek ialah sebagai berikut. Dari segi keluasan materi materi yang dikategorikan luas berjumlah 40.00% materi yang kurang luas berjumlah 50.00% sedangkan materi yang sempit berjumlah 10.00%. Secara umum keluasan isi materi keterampilan membaca dalam BSE bahasa Indonesia untuk SMP kelas VIII dapat dikategorikan cukup baik (76.67%). Dari segi kedalaman materi penjelasan uraian materi yang telah memadai berjumlah 20.00% penjelasan yang kurang memadai berjumlah 70.00% sedangkan penjelasan yang tidak memadai berjumlah 10.00%. Secara umum kedalaman materi keterampilan membaca dalam BSE bahasa Indonesia untuk SMP kelas VIII dapat dikategorikan cukup baik (70.00%). Dari segi akurasi prosedur uraian prosedur yang dikategorikan akurat sebanyak 60.00% sedangkan yang dikategorikan tidak akurat berjumlah 40.00%. Secara umum akurasi prosedur isi materi keterampilan membaca dalam BSE bahasa Indonesia untuk SMP kelas VIII dapat dikategorikan cukup baik (80.00%). Dari segi akurasi contoh/ilustrasi uraian contoh/ilustrasi yang akurat berjumlah (90.00%) sedangkan yang tidak akurat berjumlah (10.00 %). Secara umum akurasi contoh/ilustrasi materi keterampilan membaca dalam BSE bahasa Indonesia untuk SMP kelas VIII dapat dikategorikan cukup baik (90.00 %). Dari segi keterbacaan pesan penggunaan bahasa yang memenuhi kriteria keterbacaan pesan sebanyak 80.00% sedangkan yang tidak memenuhi kriteria sebanyak 20.00%. Secara umum keterbacaan pesan dalam materi keterampilan membaca BSE bahasa Indonesia untuk SMP kelas VIII dapat dikategorikan baik (90.00%). Dari segi ketepatan kaidah bahasa penggunaan bahasa yang memenuhi kriteria ketepatan kaidah bahasa berjumlah 70.00% sedangkan penggunaan bahasa yang belum memenuhi kriteria berjumlah 30.00%. Secara umum ketepatan kaidah bahasa dalam materi keterampilan membaca BSE bahasa Indonesia untuk SMP kelas VIII dapat dikategorikan baik (85.00%). Dari segi keruntutan dan keterpaduan antarparagraf penggunaan bahasa yang memenuhi kriteria keruntutan dan keterpaduan antarparagraf sebanyak 85.00% sedangkan penggunaan bahasa yang belum memenuhi kriteria berjumlah 15.00%. Secara umum keruntutan dan keterpaduan antarparagraf dalam materi keterampilan membaca BSE bahasa Indonesia untuk SMP kelas VIII dapat dikategorikan baik (93.33%). Dari segi keruntutan dan keterpaduan antarkalimat penggunaan bahasa dalam materi keterampilan membaca BSE bahasa Indonesia untuk SMP kelas VIII seluruhnya telah memenuhi kriteria keruntutan dan keterpaduan antarkalimat sehingga dapat dikategorikan baik (100%). Berdasarkan penelitian ini saran yang disampaikan penulis di antaranya adalah sebagai berikut. (1) Guru mata pelajaran bahasa Indonesia dapat menggunakan BSE bahasa Indonesia untuk SMP kelas VIII sebagai sarana pembelajaran khususnya dalam pembelajaran membaca. (2) Penulis perlu meningkatkan kualitas buku teksnya agar diperoleh hasil yang lebih baik jika digunakan dalam pembelajaran. (3) Peneliti selanjutnya perlu mengadakan penelitian dengan fokus yang berbeda misalnya mengenai keterampilan berbahasa lainnya (menyimak berbicara dan menulis) bersastra atau jenjang yang lain.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Feb 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/143053 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |