Pengembangan media stimulasi berbasis kebutuhan dalam pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar / Riska Amalia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media stimulasi berbasis kebutuhan dalam pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar / Riska Amalia

Amalia, Rizka (2012) Pengembangan media stimulasi berbasis kebutuhan dalam pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar / Riska Amalia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Media stimulasi binder media audio kartu perintah bergambar cerita anak. Pembelajaran keterampilan berbahasa pada mata pelajaran bahasa Indonesia di sekolah bertujuan untuk menumbuhkan dan mengembangkan keterampilan berbahasa siswa. Terampil berbahasa berarti terampil menyimak berbicara membaca dan menulis dalam Bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengembangkan media stimulasi berbasis kebutuhan untuk siswa sekolah dasar khususnya kelas V mendeskripsikan wujud dan hasil pengembangan memaparkan kemenarikan hasil pengembangan dan memaparkan efektivitas penggunaan media stimulasi hasil pengembangan. Dalam hal ini wujud media yang dirancang oleh peneliti adalah binder berisi kumpulan cerita anak kartu perintah bergambar dan VCD rekaman cerita. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan dan bersifat deskriptif kualitatif. Penelitian ini mendeskripsikan pembelajaran berbicara membaca dan menyimak kemudian mengembangkannya dalam bentuk media stimulasi pembelajaran bahasa Indonesia untuk siswa SD/MI kelas V. Materi dalam media stimulasi berupa cerita anak yang diambil dari berbagai sumber dan telah melalui tahap penyuntingan. Model pengembangan bahan ajar ini dirumuskan dengan tahapan analisis pendahuluan analisis kurikulum penyusunan RPP penyusunan dan perancangan media stimulasi uji coba revisi dan dihasilkan produk akhir. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara observasi dan penyebaran angket. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa pedoman wawancara dan angket. Data verbal berupa catatan komentar saran dan kritik langsung dituliskan pada angket maupun media stimulasi. Untuk mengetahui kesahihan/validitas data dilakukan uji coba produk kepada dua pakar dua guru dan siswa. Berdasarkan analisis data diambil kesimpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama isi materi dalam media stimulasi seyogyanya melalui tahap penyuntingan terlebih dahulu oleh peneliti karena meskipun telah diterbitkan atau diambil dari sumber terpercaya masih ada kemungkinan terjadi kesalahan baik dari segi ejaan maupun isi. Kedua penyajian media stimulasi meliputi binder kartu perintah bergambar dan VCD audio menarik untuk diaplikasikan dalam pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar kelas V. ii Ketiga aspek kelayakan bahasa yang digunakan dalam media stimulasi ini mudah dipahami oleh siswa kelas V SD/MI karena bahasa yang digunakan dalam media stimulasi ini sederhana dan telah disesuaikan dengan tingkat pengetahuan siswa dalam memahami bahasa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Feb 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143052

Actions (login required)

View Item View Item