Hafidzurohman, Irfan (2012) Validitas kurikuler soal UAN bahasa Indonesia paket C tahun 2010 / Irfan Hafidzurohman. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci soal UAN validitas kurikuler paket c. Soal UAN adalah sebuah alat evaluasi yang harus mampu mengukur dengan baik hasil belajar siswa. Soal UAN yang baik adalah yang memiliki validitas kurikuler yang tinggi. Validitas kurikuler dapat diketahui dengan cara membandingkan butir dalam soal dengan butir dalam kurikulum. Perbandingan tersebut adalah sejauhmana butir dalam soal mencerminkan kesesuaian dengan butir dalam kurikulum. Rumusan masalah penelitian ini secara umum adalah untuk mendeskripsikan validitas kurikuler Soal UAN Bahasa Indonesia Paket C Tahun 2010. Secara khusus untuk (1) mendeskripsikan kondisi objektif validitas kurikuler Soal UAN Bahasa Indonesia Paket C Tahun 2010 pada aspek keterampilan membaca dan (2) mendeskripsikan kondisi objektif validitas kurikuler Soal UAN Bahasa Indonesia Paket C Tahun 2010 pada aspek keterampilan menulis. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitiannya adalah deskriptif kuantitatif. Data dalam penelitian ini adalah berupa deskripsi objektif mengenai persentase perbandingan proporsi dan persentase kesesuaian Soal UAN Bahasa Indonesia Paket C Tahun 2010 dengan Kurikulum Pendidikan Kesetaraan 2007 Paket C. Sumber data yang digunakan adalah naskah Soal UAN Bahasa Indonesia Paket C Tahun 2010. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah teknik dokumentasi. Hasil penelitian validitas kurikuler Soal UAN Bahasa Indonesia Paket C Tahun 2010 adalah sebagai berikut. Pertama pada aspek keterampilan membaca dari segi perbandingan proporsi butir soal UAN dengan kurikulum butir soal mengandung perbandingan proporsi yang sesuai seluruhnya. Dari segi kesesuaian dengan kurikulum butir soal yang mengandung kesesuaian tinggi (100%) sebanyak 7 butir. Butir soal yang mengandung kesesuaian sedang (60%) sebanyak 10 butir. Butir soal yang mengandung kesesuaian rendah (20%) sebanyak 4 butir. Butir soal yang mengandung kesesuaian sangat rendah (0%) sebanyak 4 butir. Kedua pada aspek keterampilan menulis dari segi perbandingan proporsi butir soal UAN dengan kurikulum butir soal mengandung perbandingan proporsi yang sesuai seluruhnya. Dari segi kesesuaian dengan kurikulum butir soal yang mengandung kesesuaian tinggi (100%) sebanyak 1 butir. Butir soal yang mengandung kesesuaian sedang (60%) sebanyak 7 butir. Butir soal yang mengandung kesesuaian rendah (20%) sebanyak 10 butir. Butir soal yang mengandung kesesuaian sangat rendah (0%) sebanyak 7 butir.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Feb 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/143051 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |