Analisis lembar kerja siswa(LKS) Maestro mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD semester II penerbit CV Hasan Pratama / Elen Nurjanah - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis lembar kerja siswa(LKS) Maestro mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD semester II penerbit CV Hasan Pratama / Elen Nurjanah

Nurjanah, Elen (2012) Analisis lembar kerja siswa(LKS) Maestro mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD semester II penerbit CV Hasan Pratama / Elen Nurjanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Lembar Kegiatan Siswa (LKS) isi/materi kevariasian kegiatan penilaian bahasa Lembar Kegiatan Siswa (LKS) merupakan bentuk bahan ajar cetak yang sekarang ini banyak dan hampir digunakan di setiap sekolah. Keuntungan adanya lembar kegiatan adalah (1) bagi guru memudahkan guru dalam melaksanakan pembelajaran (2) bagi siswa akan belajar secara mandiri dan belajar memahami dan menjalankan suatu tugas tertulis. Sehingga salah satu cara yang banyak ditempuh oleh guru-guru dalam mengaktifkan siswa adalah dengan menggunakan LKS. Kesadaran akan banyaknya permintaan terhadap LKS menyebabkan banyak penerbit swasta menyusun dan menerbitkan LKS. LKS yang dipakai di sekolahsekolah sebagian besar belum dianalisis kualitasnya oleh guru mata pelajaran termasuk guru bahasa Indonesia. Tujuan penelitian secara rinci adalah (1) mendeskripsikan isi/materi yang terdapat dalam LKS (2) mendeskripsikan kevariasian kegiatan yang terdapat dalam LKS (3) mendeskripsikan penilaian yang terdapat dalam LKS dan (4) mendeskripsikan penggunaan bahasa dalam LKS. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data penelitian ini antara lain (1) isi/materi (2) kevariasian kegiatan (3) penilaian serta (4) penggunaan bahasa. Sumber data penelitian ini adalah berupa LKS Maestro Kelas V SD mata pelajaran Bahasa Indonesia Penerbit CV Hasan Pratama yang digunakan di SDN Kasembon 1. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri dalam hal ini peneliti adalah alat atau instrumen kunci dalam penelitian. Secara langsung peneliti terlibat dalam kegiatan pengumpulan penyeleksian serta pada pengana-lisisan data penelitian. Selain itu peneliti dibantu dengan instrumen pendukung yakni daftar check list. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah teknik dokumenter. Adapun prosedur pengumpulan datanya adalah (1) peneliti mengumpulkan data yaitu dengan meminjam LKS di SDN yang LKS-nya diteliti (2) setelah itu peneliti mengelompokkan bab dan sub bab dalam buku tersebut berdasarkan keterampilan berbahasanya yaitu membaca menulis menyimak dan berbicara dan (3) langkah selanjutnya adalah mengelompokkan bagian-bagian sub bab. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Pengecekan keabsahan data banyak terjadi pada saat penyeleksian data yang layak dipakai sesuai dengan masalah penelitian. Keabsahan temuan perlu diteliti kredibilitasnya dengan menggunakan teknik presistent dan peerderieting. Ditinjau dari isi/materi (1) materi LKS kurang sesuai dengan kurikulum (2) materi LKS relevan ditinjau dari segi tujuan pendidikan (3) sarana penyajian materi (wacana) benar dilihat dari konteks pembelajaran (4) jenis materi kurang sesuai dengan kompetensi dasar dan (5) materi pokok kurang sesuai dengan tingkat perkembangan kognitif siswa. Ditinjau dari aspek kevariasian kegiatan kegiatan dalam LKS bermacam-macam atau bervariasi. Kegiatan tersebut antara lain membaca cepat menanggapi mengomentari menulis laporan menulis puisi bermain peran menjawab tes dan menceritakan kembali. Sebagian besar penilaian dalam LKS tidak sesuai dengan kompetensi dasar. Banyak pertanyaan yang isinya bukan pada mata pelajaran bahasa Indonesia namun mata pelajaran lain misalnya pertanyaan mengenai perdagangan pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dimasukkan dalam LKS. Sesuai dengan ragam bahasa yang digunakan LKS menggunakan ragam bahasa formal dan bahasa tulis. Terdapat beberapa penulisan ejaan dan penggunaan kalimat yang tidak tepat. Kesimpulan yang dapat ditarik adalah materi perlu diperbaiki kegiatan sudah bervariasi penilaian kurang sesuai dengan kompetensi dasar dan masih banyak kesalahan penggunaan bahasa. Adapun saran yang bisa diberikan untuk para guru dan pengguna buku supaya lebih teliti dalam memilih LKS yang akan dijadikan sebagai pendukung kegiatan belajar mengajar untuk penyusun hendaknya melakukan perbaikan terutama menyangkut penilaian karena banyak pertanyaan yang isinya bukan pada mata pelajaran bahasa Indonesia melainkan mata pelajaran lain. Selain itu penulisan ejaan perlu diperbaiki.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Feb 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143050

Actions (login required)

View Item View Item