Kualitas pelayanan pembelajaran (RPP) bahasa Indonesia ( 2011 / 2012) di SMK Negeri 2 Malang / Maya Adriyani Ernalia - Repositori Universitas Negeri Malang

Kualitas pelayanan pembelajaran (RPP) bahasa Indonesia ( 2011 / 2012) di SMK Negeri 2 Malang / Maya Adriyani Ernalia

Ernalia, Maya Adriyani (2012) Kualitas pelayanan pembelajaran (RPP) bahasa Indonesia ( 2011 / 2012) di SMK Negeri 2 Malang / Maya Adriyani Ernalia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci RPP mata pelajaran bahasa dan sastra Indonesia kualitas. Perencanaan pembelajaran yang mengacu pada KTSP terdapat komponen yang berupa pengembangan silabus rencana pelaksanaan pembelajaran pembelajaran dan penilaian. Penelitian ini difokuskan pada Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Hal ini disebabkan RPP memegang peranan penting dalam mempersiapkan kegiatan belajar yang efektif dan komunikatif. Pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia akan efektif dan komunikatif apabila guru diberi kebebasan dalam menyusun RPP yang nantinya akan berdampak pada penerapanya. Keefektifan tersebut dapat tercapai apabila penyusunan RPP dapat bersifat oprasional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas RPP mata pelajaran bahasa dan sastra Indonesia tahun pelajaran 2011/2012 di SMK Negeri 2 Malang. Penelitian ini membahas tentang kualitas indikator kualitas materi ajar kualitas metode dan kegiatan pembelajaran kualitas media pembelajaran dan kualitas evaluasi hasil belajar dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Jumlah RPP yang terkumpul sebanyak 31 buah yaitu 12 buah untuk RPP kelas X 14 buah untuk RPP kelas XI dan 5 buah untuk RPP kelas XII dianalisis menggunakan instrumen berupa rubrik Penilaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran berdasarkan KTSP. Hasil penelitian ini menunjukkan guru bahasa dan sastra Indonesia di SMK Negeri 2 Malang belum menerapkan KTSP pada penyusunan RPP untuk empat keterampilan berbahasa karena masih banyak aspek-aspek dalam penulisan RPP tidak sesuai dengan kriteria penulisan RPP. Hal ini dapat diketahui dari data yang dianalisis yaitu sebagai berikut (1) dalam perumusan indikator pada RPP sudah mengacu pada silabus namun guru kurang memodivikasi perumusan indikator yang disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik dan sekolah dalam mencapai KD yang akan dicapai (2) semua RPP yang diteliti mencantumkan aspek pengembangan materi pembelajaran tetapi hanya terkesan pencantuman saja karena tidak dilampirkan wujud materi yang akan digunakan (3) perumusan metode dan kegiatan pembelajaran kurang menarik dan tidak sistematis. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan tidak menggunakan metode yang menarik sehingga terkesan monoton dan tidak bervariasi. Perumusan kegiatan pembelajaran pada komponen kegiatan pendahuluan dan kegiatan penutup kurang sesuai dengan penilaian RPP karena terkesan apa adanya dan kurang menuangkan ide-ide kreatif dalam pengembangan kegiatan pembelajaran (4) pencatuman pemilihan media dan sumber belajar pada RPP kurang rinci karena tidak menuliskan secara jelas sumber pembelajaran dan tidak melampirkan ketersediaan wujud meskipun media dan sumber pembelajaran sudah ada disekitar lingkungan belajar dan mudah diterapkan (5) perencanaan evaluasi hasil belajar tidak secara lengkap dan jelas karena pencantuman perencanaan pembelajaran tidak sesuai dengan kriteria penulisan RPP dan terkesan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Feb 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143049

Actions (login required)

View Item View Item