Fifiyanti, Galuh (2012) Pengaruh penggunaan media komik buta terhadap kemampuan menulis cerita pendek siswa kelas X SMA Negeri 4 Sidoarjo / Galuh Fifiyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci pembelajaran menulis cerita pendek media komik buta. Menulis cerita pendek merupakan kegiatan ekspresi sastra yang perlu diajarkan kepada siswa. Selain bermanfaat sebagai kegiatan untuk melatih siswa dalam menuangkan gagasan dan mengembangkan imajinasi menulis cerita pendek juga dapat mengembangkan kreativitas siswa ke dalam sebuah tulisan. Dalam pembelajaran menulis cerita pendek siswa cenderung kesulitan untuk menentukan tema dan mengembangkan isi cerita. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah media yang mampu mengoptimalkan kemampuan bercerita siswa. Salah satu media yang dapat digunakan adalah Komik Buta. Media komik buta dapat merangsang kreatifitas siswa dalam menentukan tema dan mengembangkan isi cerita. Komik buta yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis komik indie buatan orang Indonesia. Isi cerita dalam komik tersebut dipilih yang bertemakan kehidupan remaja dan di- buta 8223 -kan (kotak dialog dan penanda peristiwa kosong) agar siswa tertantang dan lebih kreatif mengembangkan isi cerita. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan media komik buta terhadap kemampuan menulis cerita pendek siswa kelas X SMAN 4 Sidoarjo Tahun Ajaran 2011/2012 ditinjau dari judul isi alur dan latar cerita. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan penggunaan pretes dan postes. Seluruh siswa kelas X SMAN 4 Sidoarjo berlaku sebagai populasi. Sementara sampel yang digunakan adalah kelas X-6 sebagai kelompok eksperimen dan kelas X-3 sebagai kelas kontrol. Pengambilan kedua kelas sebagai sampel tersebut menggunakan teknik random sampling. Setelah dilakukan tes menulis cerita pendek data sampel diolah menggunakan analisis statistik uji-t pada program komputer SPSS (Statistical Package for the Scientist)16.0 for Windows dengan taraf signifikansi 0 05. Uji-t bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan antara kelas eksperimen yang diberikan perlakuan berupa media komik buta dan kelas kontrol yang tidak diberikan perlakuan dalam pembelajaran menulis cerita pendek. Hasil penelitian ini dijabarkan sebagai berikut. Pertama kemampuan menulis cerita pendek siswa dari segi judul cerita memiliki thitung lebih besar daripada t tabel (3 919 2 001). Kedua kemampuan menulis cerita pendek siswa dari segi isi cerita memiliki thitung lebih besar daripada t tabel (3 051 2 001). Ketiga kemampuan menulis cerita pendek siswa dari segi alur cerita memiliki thitung lebih besar daripada t tabel (4 097 2 001). Keempat kemampuan menulis cerita pendek siswa dari segi latar cerita memiliki thitung lebih besar daripada t tabel (4 352 2 001). iii Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut. Pertama ada pengaruh yang signifikan penggunaan media komik buta terhadap kemampuan menulis cerita pendek siswa kelas X SMAN 4 Sidoarjo dari aspek judul cerita. Kedua ada pengaruh yang signifikan penggunaan media komik buta terhadap kemampuan menulis cerita pendek siswa kelas X SMAN 4 Sidoarjo dari aspek isi cerita. Ketiga ada pengaruh yang signifikan penggunaan media komik buta terhadap kemampuan menulis cerita pendek siswa kelas X SMAN 4 Sidoarjo dari aspek alur cerita. Keempat ada pengaruh yang signifikan penggunaan media komik buta terhadap kemampuan menulis cerita pendek siswa kelas X SMAN 4 Sidoarjo dari aspek latar cerita.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 Feb 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/143047 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |