Peningkatan kemampuan menulis cerpen berdasarkan pengalaman diri sendiri melalui strategi mind mapping siswa kelas X-6 SMA Negeri 1 Talun / Ika Novianti Pararuk - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan menulis cerpen berdasarkan pengalaman diri sendiri melalui strategi mind mapping siswa kelas X-6 SMA Negeri 1 Talun / Ika Novianti Pararuk

Pararuk, Ika Novianti (2012) Peningkatan kemampuan menulis cerpen berdasarkan pengalaman diri sendiri melalui strategi mind mapping siswa kelas X-6 SMA Negeri 1 Talun / Ika Novianti Pararuk. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci menulis cerpen pengalaman diri sendiri strategi mind mapping. Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas X terdapat kompetensi dasar (KD) tentang kemampuan menulis cerpen berdasarkan pengalaman diri sendiri. Melalui KD ini dimaksudkan siswa dapat menulis cerpen dengan ide dasar pengalaman diri sendiri. Untuk meningkatkan kemampuan menulis cerpen berdasarkan pengalaman diri sendiri diperlukan strategi pembelajaran yang tepat. Salah satu strategi pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan menulis cerpen berdasarkan pengalaman diri sendiri adalah strategi mind mapping. Dengan strategi mind mapping ini siswa dibimbing untuk mengkreasikan pengalaman yang pernah dialami sebagai sumber penulisan cerpen. Dalam penelitian ini siswa diminta untuk membuat suatu peta pikiran yang berwarna dan bergambar untuk memudahkan siswa dalam mengingat pengalaman yang pernah mereka alami dan memudahkan siswa dalam mengembangkannya menjadi sebuah cerpen. Secara umum penelitian ini berupaya menjawab masalah tentang proses dan hasil peningkatan kemampuan menulis cerpen berdasarkan pengalaman diri sendiri dengan strategi mind mapping pada siswa kelas X-6 SMA Negeri 1 Talun. Strategi mind mapping diharapkan dapat meningkatkan kemampuan menulis cerpen siswa berdasarkan pengalaman diri sendiri. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas. Sesuai dengan rancangan itu penelitian disusun dalam siklus yang meliputi perencanaan (penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) pelaksanaan pengamatan hasil tindakan dan refleksi. Penetapan subjek penelitian didasarkan pada hasil analisis studi pendahuluan. Subjek yang diberi tindakan adalah seluruh siswa kelas X-6 SMA Negeri 1 Talun yang berjumlah 30 orang. Dalam penelitian ini peneliti sebagai intrumen kunci yang didukung oleh instrumen penunjang berupa pedoman wawancara catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan siswa dalam menulis cerpen berdasarkan pengalaman diri sendiri dengan menggunakan strategi mind mapping mengalami peningkatan. Siswa lebih terlihat antusias dan bersemangat dalam menulis cerpen karena penggunaan strategi mind mapping dapat meningkatan daya imajinasi dan kreativitas siswa. Berdasarkan hasil analisis kemampuan siswa dalam memilih pengalaman diri sendiri mengalami peningkatan siswa dapat mengembangkan tokoh latar ii dan alur dengan baik. Siswa juga terlihat antusias dalam proses pembelajaran hal ini terlihat dari keaktifan siswa dalam bertanya dan menjawab pertanyaan. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini diantaranya adalah kemampuan menulis cerpen siswa kelas X-6 SMA Negeri 1 Talun bisa ditingkatkan dengan penerapan strategi mind mapping sehingga KKM bisa tercapai. Mengingat manfaat yang dapat diperoleh siswa maka disarankan bagi guru untuk menerapkan strategi mind mapping untuk meningkatkan kemampuan menulis cerpen berdasarkan pengalaman diri sendiri berusaha memotifasi siswa dan meningkatkan minat siswa pada kompetensi dasar yang diteliti serta mengembangkan media maupun strategi pembelajaran menulis cerpen. Bagi peneliti yang akan datang diharapkan untuk meneliti tentang peningkatan keterampilan lain dengan strategi mind mapping.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Feb 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143045

Actions (login required)

View Item View Item