Pembelajaran membaca pemahaman teks berbahasa jawa siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Paciran Kabupaten Lamongan Tahun Pelajaran 2010/2011 / Laila Tri Lestari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran membaca pemahaman teks berbahasa jawa siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Paciran Kabupaten Lamongan Tahun Pelajaran 2010/2011 / Laila Tri Lestari

Lestari, Laila Tri (2012) Pembelajaran membaca pemahaman teks berbahasa jawa siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Paciran Kabupaten Lamongan Tahun Pelajaran 2010/2011 / Laila Tri Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pembelajaran membaca pemahaman teks berbahasa Jawa. Kualitas pembelajaran mata pelajaran Bahasa Daerah tergolong kurang maksimal. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor misalnya banyak sekolah yang mengabaikan bahasa daerah khususnya bahasa Jawa karena merupakan bahasa sehari-hari atau bahasa ibu yang dianggap mudah untuk dipelajari. Dari penelitian yang dilakukan oleh Widyanti (2004) yaitu Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Jawa di SMPN 6 Malang yang membahas tentang proses pembelajaran muatan lokal bahasa Jawa mulai dari tahap persiapan pelaksanaan dan evaluasi dari berbagai aspek dapat diketahui pembelajaran mata pelajaran Bahasa Daerah kurang maksimal. Secara umum penelitian ini bertujuan mengkaji pelaksanaan pembelajaran membaca pemahaman teks berbahasa Jawa siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Paciran Kabupaten Lamongan. Secara khusus penelitian ini bertujuan mendeskripsikan perencanaan pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran membaca pemahaman teks berbahasa Jawa yang disusun dan dilakukan oleh guru. Penelitian ini tergolong penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran membaca kelas VIII SMP Negeri 2 Paciran dengan subjek penelitian guru bidang studi Bahasa Daerah dan siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Paciran. Pengumpulan data dilakukan oleh peneliti dibantu dengan catatan lapangan yang diperoleh melalui kegiatan observasi wawancara studi dokumentasi dan angket yang kemudian dianalisis melalui reduksi data penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran diperoleh tiga simpulan sebagai berikut. Pertama masalah perencanaan yang disusun oleh guru kurang lengkap. Terdapat beberapa komponen yang tidak dicantumkan dalam pembelajaran seperti tidak mencantumkan media pembelajaran membaca pemahaman materi yang disusun tidak lengkap serta tidak dilengkapi setiap langkah-langkah pembelajaran dengan metode dan alokasi waktu. Ketidaklengkapan penyusunan alat evaluasi kurang memenuhi kriteria penilaian membaca yang baik langkah-langkah pembelajaran yang disusun kurang jelas. Kedua masalah pelaksanaan pembelajaran membaca pemahaman secara umum pembelajaran yang dilakukan oleh guru telah mengarah pada pembelajaran membaca tetapi secara khusus langkah pembelajaran membaca pemahaman yang dimulai pada tahap prabaca saat baca dan pascabaca masih belum dilakukan secara maksimal. Hal ini disebabkan guru kurang memiliki kekreatifan untuk menggunakan strategi membaca pemahaman. Lemahnya guru dalam membelajarkan membaca pemahaman disebabkan oleh beberapa faktor meliputi (1) faktor latar belakang pendidikan guru dan (2) sikap guru dalam membelajarkan membaca pemahaman. Ketiga masalah evaluasi dalam pembelajaran membaca pemahaman guru sudah mampu mengukur kemampuan membaca pemahaman siswa secara tepat. Hal ini disebabkan sudah sesuai dengan tujuan yang dicapai tetapi pada tahap tindak proses evaluasi guru tidak memberi tugas terstruktur untuk dikerjakan di rumah sebagai bentuk aplikasi dari materi yang diterimanya. Alat evaluasi yang disusun guru sudah mencapai tujuan yang dicapai. Tindak lanjut yang dilakukan guru secara intensif dan berkesinambungan wujudnya dengan mengadakan remidi bagi siswa yang belum tuntas pada pertemuan berikutnya. Berkaitan dengan hasil penelitian di atas disarankan kepada guru (1) mempelajari dengan teliti cara menyusun RPP membaca pemahaman yang lengkap dan tepat berdasarkan teori yang berlaku (2) mengikuti workshop lokakarya diklat atau seminar tentang pengembangan RPP (3) memperdalam ilmu atau teori tentang membaca khususnya membaca pemahaman teks berbahasa Jawa (4) menggunakan metode atau strategi yang mampu menumbuhkan keaktifan siswa di kelas misalnya dengan metode inkuiri atau kooperatif dan (5) melatih siswa membaca dalam hati dengan menggunakan teknik yang bervariasi misalnya teknik skimming point dan SQ3R. Penelitian ini bisa dimanfaatkan sebagai referensi penelitian selanjutnya misalnya penelitian pengembangan bahan ajar membaca dan penelitian tindakan kelas untuk menciptakan strategi-strategi membaca pemahaman teks berbahasa Jawa yang baru. Dengan harapan melalui penelitian tersebut mampu meningkatkan kualitas membaca pemahaman siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Feb 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143042

Actions (login required)

View Item View Item