Pengaruh model membaca SSR (sustained silent reading) terhadap kualitas menulis karangan argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Mejayan / Lia Dekryt Vergiana Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model membaca SSR (sustained silent reading) terhadap kualitas menulis karangan argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Mejayan / Lia Dekryt Vergiana Putri

Putri, Lia Dekryt Vergiana (2012) Pengaruh model membaca SSR (sustained silent reading) terhadap kualitas menulis karangan argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Mejayan / Lia Dekryt Vergiana Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci SSR (Sustained Silent Reading) Kualitas Menulis Karangan Argumentasi. Menulis merupakan kegiatan yang sangat penting. Kegiatan menulis dilakukan manusia untuk menuangkan ide dan gagasan ke dalam tulisan. Keterampilan menulis telah diajarkan mulai jenjang SD/MI sampai jenjang SMA/MA. Pada jenjang SMA/MA kompetensi dasar menulis khususnya menulis karangan argumentasi diajarkan pada siswa SMA kelas X semester 1. Keterampilan menulis erat kaitannya dengan membaca. Pengetahuan yang didapat dari kegiatan membaca dituangkan kembali ke dalam bentuk tulisan agar bisa memberikan pengetahuannya kepada orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian model membaca diam berkelanjutan SSR (Sustained Silent Reading) terhadap kualitas menulis karangan argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Mejayan. Kualitas karangan argumentasi yang dihasilkan oleh siswa meliputi kualitas isi ketepatan penggunaan tata bahasa dan ketepatan penggunaan ejaan dan tanda baca. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa regular kelas X SMA Negeri 1 Mejayan 2011/2012. Sedangkan sampel menggunakan teknik random sampling. Langkah-langkah desain eksperimen semu sebagai berikut. Pertama mengidentifikasi karakterisitik populasi lalu didapat delapan kelas yang memiliki karakteristik sama yaitu sama-sama kelas regular. Dari kedelapan kelas diambil satu kelas yang akan dijadikan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kedua pemberian pretes untuk mengetahui kemampuan awal siswa dalam menulis karangan. Ketiga pemberian perlakuan perlakuan berupa pemberian model membaca dia SSR (Sustained Silent Reading). Data dalam penelitian ini terdiri atas enam data yaitu (1) skor pretes dan postes kualitas isi karangan argumentasi (2) skor pretes postes ketepatan penggunaan tata bahasa dan (3) skor pretes postes ketepatan penggunaan ejaan dan tanda baca. Data hasil penelitian kemudian diolah dengan menggunakan uji-Wilcoxon. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai pretes postes aspek kualitas isi karangan argumentasi mengalami peningkatan karena adanya pemberian model membaca SSR (Sustained Silent Reading). Hal ini ditunjukkan dengan perolehan Mean postes 22.75 lebih besar dibandingkan dengan Mean pretes sebesar 20.25 uji hipotesis menunjukkan signifikansi 0 0075 lebih kecil dari 945 0.05 atau 0.0075 0.5 serta Pearson Correlation menunjukkan angka 0.0370 dan tergolong cukup

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Feb 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143040

Actions (login required)

View Item View Item