Kemampuan menulis narasi bahasa Jawa berdasarkan pengalaman pribadi siswa kelas VII SMP Negeri 21 Malang tahun ajaran 2011/2012 / Fendi Saputra - Repositori Universitas Negeri Malang

Kemampuan menulis narasi bahasa Jawa berdasarkan pengalaman pribadi siswa kelas VII SMP Negeri 21 Malang tahun ajaran 2011/2012 / Fendi Saputra

Saputra, Fendi (2012) Kemampuan menulis narasi bahasa Jawa berdasarkan pengalaman pribadi siswa kelas VII SMP Negeri 21 Malang tahun ajaran 2011/2012 / Fendi Saputra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci kemampuan karangan narasi dan pengalaman pribadi. Bahasa merupakan alat komunikasi utama yang digunakan olah manusia untuk berinteraksi antarindividu. Penggunaan bahasa sebagai alat komunikasi sudah dilakukan oleh manusia sejak dalam masa pertumbuhan dan masa kanakkanak. Begitu pula yang terjadi dalam bahasa Jawa. Bahasa Jawa merupakan mata pelajaran yang mengembangkan keterampilan berkomunikasi lisan dan tulisan untuk memahami dan mengungkapkan informasi pikiran perasaan serta mengembangkan ilmu pengetahuan umum pengetahuan sosial dan budaya. Dalam pembelajaran Bahasa Jawa di SMP salah satu kemampuan menulis yang harus dipelajari adalah menulis cerita berdasarkan pengalaman pribadi. Pengalaman pribadi bisa dijadikan inspirasi untuk menulis. Secara umum penelitian ini untuk mengetahui kemampuan menulis cerita siswa kelas VII SMP Negeri 21 Malang. Secara khusus bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 21 Malang dalam mengembangkan isi cerita cerita (2) mendeskripsikan kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 21 Malang dalam memilih bahasa dan (3) mendeskripsikan kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 21 Malang dalam menggunakan ejaan. Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Sumber data dari penelitian ini adalah hasil karya karangan narasi siswa kelas VII SMP Negeri 21 Malang. Data yang diperoleh dari penelitian ini adalah data skor hasil menulis karangan narasi siswa. Instrumen yang digunakan dalam proses penelitian ini adalah lembar tugas menulis narasi berdasarkan pengalaman pribadi untuk mengukur kemampuan menulis narasi bahasa Jawa berdasarkan pengalaman pribadi siswa kelas VII SMP Negeri 21 Malang. Metode pemberian skor didasarkan atas hasil menganalisis cerita siswa berdasarkan aspek-aspek yang ada. Dengan demikian skor akhir kemampuan menulis karangan narasi siswa dijadikan nilai. Skor tersebut diolah menggunakan aplikasi SPSS 16.0 for windows. Siswa kelas VII SMP Negeri 21 Malang mampu menulis narasi bahasa Jawa berdasarkan pengalaman pibadi dengan menarik sehingga dapat menimbulkan ketertarikan untuk membaca cerita tersebut dan isi cerita sesuai dengan pengalaman pribadi masing-masing siswa. Hal ini dapat dibuktikan dalam penelitian yang menggambarkan 63 6% atau 28 siswa yang mencapai standar kemampuan minimal (SKM) nilai 70. Adapun rincian adalah sebagai berikut (a) siswa yang memperoleh nilai 85 - 100 dengan kualifikasi sangat baik adalah sebesar 6 8% atau 3 siswa (b) siswa yang memperoleh nilai 70 - 84 dengan kualifikasi baik adalah 56 8% atau 25 siswa (c) siswa yang memperoleh nilai 60 - 69 dengan kualifikasi cukup adalah sebesar 20 5% atau 9 siswa (d) siswa yang memperoleh nilai 40 - 59 dengan kualifikasi kurang adalah 15 9% atau 7 siswa ii

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Mar 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143038

Actions (login required)

View Item View Item