Damayanti, Resi Dian (2012) Peningkatan kemampuan menulis kreatif naskah drama dengan strategi pemodelan berdasarkan novel "Cinta Dalam Gelas" karya Andrea Hirata siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Pandaan / Resi Dian Damayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci menulis naskah drama adaptasi novel Cinta dalam Gelas strategi pemodelan. Dalam pembelajaran berbahasa siswa diharapkan terampil dalam berkomunikasi. Keterampilan ini diperkaya dengan bersastra yang berfungsi sebagai penghalus budi peningkatan rasa kemanusiaan dan kepedulian sosial penumbuhan apresiasi budaya dan penyaluran gagasan imajinasi dan ekspresi secara kreatif dan konstruktif baik secara lisan maupun tulis. Pembelajaran bahasa Indonesia diarahkan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik untuk berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dengan baik dan benar baik secara lisan dan tertulis serta menumbuhkan apresiasi terhadap hasil karya kesastraan manusia Indonesia (KTSP 2006 260). Pembelajaran drama merupakan salah satu pembelajaran sastra. Pembelajaran drama tercantum dalam standar kompetensi matapelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia KTSP 2006. Pembelajaran drama yang salah satunya adalah pada kompetensi menulis pada kelas XI semester 2 yakni menarasikan pengalaman manusia dalam bentuk adegan dan latar pada naskah drama. Selain itu dalam KTSP 2006 juga terdapat pembelajaran tentang novel pada kompetensi membaca yakni mengungkapkan hal-hal yang menarik dan dapat diteladani dari tokoh. Selanjutnya siswa dapat menemukan hal-hal menarik yang berupa pengalaman manusia dalam bentuk adegan dan latar dalam naskah drama. Media novel sangat bermanfaat digunakan untuk siswa belajar menulis naskah drama. Karena media novel memiliki kemiripan dengan naskah drama dari aspek unsur pembangun. Media novel memiliki tema alur tokoh latar yang sama halnya dengan naskah drama. Dalam media novel juga terdapat beberapa dialog yang berfungsi sebagai penegas alur cerita. Melalui media novel siswa dapat mengidentifikasi unsur-unsur tersebut sehingga siswa tidak perlu lagi mengembangkan bagian-bagian lain agar dapat menulis sebuah naskah drama. Siswa hanya perlu menuangkan cerita yang telah diidentifikasi unsur pembangun novel kemudian siswa diarahakan untuk menulis dialog dalam bentuk naskah drama. Persamaan antara novel dengan naskah drama ialah terdapat tokoh tema alur dan konflik sehingga memudahkan siswa dalam belajar menulis naskah drama. Karena di sekolah minat siswa untuk pembelajaran drama dapat dikatakan masih rendah khususnya pada kompetensi menulis naskah drama. Hal tersebut dikarenakan selama ini pembelajaran yang dilaksanakan di kelas lebih banyak ii dibekali dengan pengetahuan konsep teoretis drama. meskipun sudah ada perencanaan mengajar yang disusun oleh guru namun perencanaan mengajar tersebut masih dianggap kurang memadai bila digunakan di sekolah seperti kondisi yang diharapkan dalam pembelajaran yang efektif dan efisien. Dengan kata lain pembelajaran yang disusun haruslah memperhatikan kondisi dan kebutuhan siswa. Peneliti menggunakan media novel yang berjudul Cinta dalam Gelas karya Andrea Hirata untuk mengajarkan siswa dalam pembelajaran menulis naskah drama. Novel Cinta dalam Gelas dipilih karena latar tempat yang digunakan tidak banyak misalnya latar tempat yag menonjol hanya di sebuah warung kopi. Gaya bahasa dalam novel tersebut ringan dan mudah dipahami. Oleh karena itu media dan langkah-langkah pembelajaran tersebut dapat diaplikasikan dalam bentuk rencana pembelajaran. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas. Sesuai dengan rancangan itu penelitian disusun dalam siklus yang meliputi perencanaan (penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) pelaksanaan pengamatan hasil tindakan dan refleksi. Penetapan subjek penelitian didasarkan pada hasil analisis studi pendahuluan. Subjek yang diberi tindakan adalah seluruh siswa kelas XI-Bahasa SMA Negeri 1 Pandaan yang berjumlah 29 siswa. Dalam penelitian ini peneliti sebagai intrumen kunci yang didukung oleh instrumen penunjang berupa pedoman wawancara catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan siswa dalam menulis naskah drama adaptasi novel Cinta dalam Gelas dengan strategi pemodelan mengalami peningkatan. Siswa lebih terlihat antusias dan bersemangat dalam menulis naskah drama karena penggunaan media novel dan strategi pemodelan dapat meningkatan daya imajinasi dan kreativitas siswa. Berdasarkan hasil analisis kemampuan siswa dalam memilih pengalaman diri sendiri mengalami peningkatan siswa dapat mengembangkan tokoh latar dan alur dengan baik. Siswa juga terlihat antusias dalam proses pembelajaran hal ini terlihat dari keaktifan siswa dalam bertanya dan menjawab pertanyaan. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah kemampuan menulis naskah drama adaptasi novel Cinta dalam Gelas kelas XI-Bahasa SMA Negeri 1 Pandaan sehingga SKM bisa tercapai. Mengingat manfaat yang dapat diperoleh siswa maka disarankan bagi guru untuk menerapkan strategi pemodelan dan menggunakan media novel untuk meningkatkan kemampuan menulis naskah drama berusaha memotivasi siswa dan meningkatkan minat siswa pada kompetensi dasar yang diteliti serta mengembangkan media maupun strategi pembelajaran menulis naskah drama. Bagi peneliti yang akan datang diharapkan untuk meneliti tentang peningkatan keterampilan lain dengan strategi pemodela
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Mar 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/143037 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |