Novitasari, Dhewanti Agnis (2012) Penggunakan multiteks untuk meningkatkan kemampuan menulis teks berita pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Takeran, Magetan tahun pelajaran 2010/2011 / Dhewanti Agnis Novitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci multiteks peningkatan kemampuan menulis teks berita Berdasarkan pengamatan pendahuluan yang telah dilakukan di SMP Negeri 1 Takeran menunjukkan bahwa siswa tidak mampu menulis teks berita dengan baik dan benar dengan penggunaan metode pengamatan langsung dan melihat siaran berita dari media elektronik. Siswa tidak mampu dalam (1) menentukan judul berita (2) membedakan antara teras berita dengan tubuh berita dan (3) banyak kesalahan penulisan ejaan dan tanda baca. Penelitian ini difokuskan pada peningkatan proses pembelajaran dan hasil menulis teks berita dengan menggunakan multiteks pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Takeran Magetan. Peningkatan proses pembelajaran menulis teks berita difokuskan pada tahap pramenulis menulis dan pascamenulis. Peningkatan hasil menulis teks berita difokuskan pada sub kemampuan menulis kerangka teks berita buram berita dan teks akhir berita. Melalui penelitian ini dihasilkan kesimpulan sebagai berikut. Peningkatan proses pembelajaran menulis teks berita dengan menggunakan multiteks meliputi tahap pramenulis menulis dan pascamenulis. Pada tahap pramenulis siklus II ini siswa mampu melakukan kegiatan membaca multiteks dan menganalisis multiteks. Berdasarkan hasil analisis multiteks tersebut siswa mampu menulis kerangka teks berita tanpa bantuan dari guru. Pada tahap menulis siswa mampu menulis buram berita berdasarkan kerangka teks berita yang telah ditulis pada tahap pramenulis. Pada tahap pascamenulis siswa mampu melakukan kegiatan reviu buram berita yang ditulis oleh teman sebangku dan mampu melakukan kegiatan revisi buram berita sesuai hasil reviu buram berita. Peningkatan hasil menulis teks berita dengan menggunakan multiteks meliputi sub kemampuan menulis kerangka teks berita menulis buram berita dan menulis teks akhir berita. Kemampuan menulis kerangka teks berita mengalami peningkatan sebesar 38 5% dari 5 siswa (siklus I) menjadi 10 siswa (siklus II) dengan indikator siswa tersebut mampu menentukan judul berita unsur berita dan peristiwa penting pada kerangka teks berita. Kemampuan menulis buram berita mengalami peningkatan sebesar 30 8% dari 4 siswa (siklus I) menjadi 8 siswa (siklus II) dengan indikator siswa tersebut mampu menulis buram berita sesuai dengan judul berita dan mampu mengembangkan unsur berita pada teras berita dan tubuh berita sesuai dengan kerangka teks berita. Kemampuan menulis teks akhir berita mengalami peningkatan sebesar 30 8% dari 7 siswa (siklus I) menjadi 11 siswa (siklus II) dengan indikator siswa tersebut mampu menulis judul berita yang menarik menggunakan bahasa yang singkat padat dan menggambarkan isi berita dan sesuai ejaan dan tanda baca yang benar. ii Berdasarkan hasil penelitian di atas menunjukkan bahwa penggunaan multiteks mampu meningkatkan kemampuan menulis teks berita pada siswa kelas VIII. Peneliti menyarakan bahwa media multiteks dapat dijadikan sebagai bahan acuan bagi guru mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia untuk memperbaiki pembelajaran menulis teks berita dengan penggunaan multiteks sebagai media pembelajaran. Media multiteks juga dapat dijadikan bahan acuan bagi peneliti berikutnya pada pembelajaran menulis teks non kreatif dan kemampuan berbahasa yang lain dengan media multiteks.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Mar 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/143036 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |