Pemanfaatan metode permainan estafet baris untuk meningkatkan kemampuan membaca puisi siswa SMP kelas VII / Dina Ayu Dewi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan metode permainan estafet baris untuk meningkatkan kemampuan membaca puisi siswa SMP kelas VII / Dina Ayu Dewi

Dewi, Dina Ayu (2012) Pemanfaatan metode permainan estafet baris untuk meningkatkan kemampuan membaca puisi siswa SMP kelas VII / Dina Ayu Dewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Metode Permainan Estafet Baris Kemampuan Membaca Puisi Kemampuan membaca merupakan salah satu kemampuan yang ada di dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Dalam kehidupan sehari-hari kemampuan membaca itu penting dan harus dimiliki oleh setiap orang karena membaca dapat memberikan pengetahuan dan wawasan baru kepada para pembacanya. Pada siswa kelas VII kompetensi membaca yang harus dicapai oleh siswa bermacam-macam salah satunya adalah kompetensi membaca puisi. Penelitian ini dilaksanakan karena sebagian besar siswa kelas VII-C merasa tidak percaya diri atau malu ketika membacakan puisi di depan kelas. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil tes awal kemampuan membaca puisi siswa yang hanya mencapai 61 09 dan belum mencapai standar ketuntasan minimal yang ditentukan. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan di kelas VII-C SMPN 20 Malang pada tanggal 1 April 2011-20 Mei 2011. Subjek penelitian ini berjumlah 40 siswa dengan rincian 19 siswa lali-laki dan 21 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi wawancara catatan lapangan angket dokumentasi dan tes membaca puisi. Instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi pedoman wawancara lembar catatan lapangan kamera dan rubrik penilaian. Hasil analisis data menemukan bahwa pembelajaran membaca puisi dengan menggunakan Metode Permainan Estafet Baris dapat meningkatkan proses dan hasil kemampuan membaca puisi siswa kelas VII-C SMPN 20 Malang. Peningkatan proses kemampuan membaca puisi terdiri dari 3 tahap yaitu tahap praperformansi performansi dan pascaperformansi. Berdasarkan hasil analisis data peningkatan proses kemampuan membaca puisi yang tuntas dengan kualifikasi sangat baik belum ada. Pada kualifikasi baik sebesar 40 % (siklus 1) meningkat menjadi 75% (siklus II). Pada kualifikasi cukup sebesar 52 5% (siklus 1) meningkat menjadi 17 5% (siklus II). Pada kualifikasi kurang sebesar 7 5% menurun pada siklus II yaitu tidak satu pun dari siswa yang mendapatkan kualifikasi kurang sedangkan siswa yang tuntas dengan kualifikasi sangat baik sebesar 7 5% (siklus II). Peningkatan hasil kemampuan membaca puisi mencakup ketuntasan belajar siswa. Siswa yang tuntas dalam pembelajaran membaca puisi sebesar 47 5% (siklus I) meningkat menjadi 87 5% (siklus II) . Dari peningkatan proses dan hasil belajar setiap siswa dapat disimpulkan bahwa penggunaan Metode Permainan Estafet Baris cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca puisi siswa kelas VII-C SMPN 20 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Mar 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143034

Actions (login required)

View Item View Item