Peningkatan kemampuan memahami wacana berbahasa jawa kelas VII SMP Negeri 2 Pulung Kabupaten Ponorogo tahun 2011/2012 dengan metode investigasi kelompok / Hanif Hubbuddin Al-Islami - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan memahami wacana berbahasa jawa kelas VII SMP Negeri 2 Pulung Kabupaten Ponorogo tahun 2011/2012 dengan metode investigasi kelompok / Hanif Hubbuddin Al-Islami

Al-Islami, Hanif Hubbuddin (2012) Peningkatan kemampuan memahami wacana berbahasa jawa kelas VII SMP Negeri 2 Pulung Kabupaten Ponorogo tahun 2011/2012 dengan metode investigasi kelompok / Hanif Hubbuddin Al-Islami. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci metode investigasi kelompok kemampuan membaca. Membaca merupakan bagian keterampilan berbahasa yang memiliki peranan penting dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu kegiatan membaca perlu dibiasakan sejak dini. Keterampilan membaca melibatkan aspek-aspek berpikir seperti mengingat memahami membandingkan menemukan serta menganalisis untuk memahami pesan yang disampaikan oleh penulis melalui bahasa tulis. Kemampuan membaca yang baik dan benar sangat penting peranannya dalam mempelajari berbagai hal. Melalui aktivitas membaca yang baik dan benar seseorang mampu mengambil intisari bahan bacaan. Semakin banyak intisari yang bisa dipahami dari bahan bacaannya maka semakin banyak pula pengetahuan yang diperoleh. Dalam kegiatan membaca kita harus paham apa yang dibaca. Kenyataan di lapangan menunjukkan masih banyak siswa yang masih kesulitan dalam proses pembelajarannya. Salah satunya siswa mengalami kesulitan memahami bacaan baik dari isi maupun makna. Selain itu siswa juga mengalami kesulitan dalam menceritakan kembali bacaan yang dibaca dalam bentuk tulisan. Salah satu metode untuk mengajarkan keterampilan memahami bacaan adalah investigasi kelompok. Metode investigasi kelompok merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif. Metode ini melatih siswa untuk berfikir kritis dan bekerja sama dalam menyelesaikan suatu masalah. Selain itu metode ini menuntut siswa untuk memiliki kemampuan yang baik dalam berkomunikasi dan dalam keterampilan proses berkelompok. metode pembelajaran investigasi kelompok mengambil model yang berlaku di dalam masyarakat terutama mengenai anggota masyarakat melakukan mekanisme sosial melalui serangkaian kesepakatan sosial. Melalui kesepakatan-kesepakatan inilah siswa mempelajari pengetahuan dan mereka melibatkan diri dalam pemecahan masalah. Tujuan penelitian ini adalah (1) memahami konteks bacaan yang kemudian dituangkan dalam aspek menjawab soal dan menceritakan kembali cerita yang telah dibaca secara tulis dan (2) mengetahui perubahan perilaku yang ditunjukkan siswa kelas VIIC SMP Negeri 2 Kecamatan Pulung Tahun Ajaran 2011/2012 setelah proses belajar mengajar dengan menggunakan metode investigasi kelompok. Dalam penelitian ini terdapat dua siklus. Tiap siklus terdiri atas tahap perencanaan tindakan observasi dan refleksi. Alat pengambilan data yang digunakan berupa tes observasi dan wawancara. Analisis data yang dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Dengan menganalisis hasil jawaban siswa dan hasil menceritakan kembali secara tulis peneliti dapat mengetahui keberhasilan tindakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Mar 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143033

Actions (login required)

View Item View Item