Kemampuan menulis esai siswa kelas XI bahasa SMA Negeri 2 kota Batu tahun ajaran 2011/2012 dengan menggunakan media karikatur / Nur Vitarini Maghfiroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Kemampuan menulis esai siswa kelas XI bahasa SMA Negeri 2 kota Batu tahun ajaran 2011/2012 dengan menggunakan media karikatur / Nur Vitarini Maghfiroh

Maghfiroh, Nur Vitarini (2012) Kemampuan menulis esai siswa kelas XI bahasa SMA Negeri 2 kota Batu tahun ajaran 2011/2012 dengan menggunakan media karikatur / Nur Vitarini Maghfiroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci kemampuan menulis esai media karikatur Media pembelajaran yang bermacam-macam mengharuskan guru untuk selektif dalam memilih media pembelajaran yang hendak digunakan dalam pembelajaran menulis. Media harus efektif jika digunakan dalam pembelajaran. Pemilihan media pembelajaran juga harus disesuaikan dengan materi yang akan diajarkan guru kepada siswa karena setiap materi dan media pembelajaran mempunyai karakteristik yang berbeda sehingga dibutuhkan sinergi keduanya untuk mencapai tujuan pembelajaran dengan baik. Salah satu media yang dapat digunakan dalam pembelajaran menulis esai adalah karikatur. Karikatur merupakan salah satu bentuk karya komunikasi visual yang efektif dalam penyampaian pesan maupun kritik sosial. Dalam sebuah karikatur yang baik terlihat adanya perpaduan antara unsur-unsur kecerdasan ketajaman dan ketepatan berpikir secara kritis serta ekspresif dalam bentuk gambar kartun dalam menanggapi fenomena permasalahan yang muncul dalam kehidupan masyarakat luas sehingga dapat dijadikan sebagai media yang relevan dan efektif untuk pembelajaran menulis esai. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis esai siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 02 Batu dengan menggunakan media karikatur. Adapun secara khusus tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan kemampuan menulis esai siswa kelas Bahasa SMA Negeri 02 Batu dari aspek isi dengan menggunakan media karikatur (2) mendeskripsikan kemampuan menulis esai siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 02 Batu dari aspek bahasa dengan menggunakan media karikatur dan (3) mendeskripsikan kemampuan menulis esai siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 02 Batu dari aspek ejaan dengan menggunakan media karikatur. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian deskriptif kuantitatif ini bertujuan untuk mengukur kemampuan siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 02 Batu dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Sesuai dengan pendekatan yang digunakan penelitian ini berusaha mendeskripsikan secara sistematis faktual dan akurat mengenai kemampuan siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 02 Batu dalam menulis esai dengan menggunakan media karikatur. Untuk pengumpulan data peneliti membagi data menjadi dua kelompok yaitu data utama dan data pendukung. Data utama didapat dari hasil pendekatan kuantitatif penyekoran hasil tes menulis siswa. Adapun data pendukung berupa hasil pengisian angket oleh siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan kemampuan menulis esai siswa kelas XI SMA Negeri 02 Batu dengan menggunakan media karikatur telah mencapai standar ketuntasan. Hal ini diketahui dari paparan data yang menunjukkan bahwa 80% (16 siswa) berkualifikasi baik dan telah memenuhi standar ketuntasan dengan nilai 70. Adapun 20% (4 siswa) lainnya belum memenuhi standar ketuntasan yakni mendapat nilai 70 dengan rincian 5% (1 siswa) berkualifikasi cukup dan 15% (3 siswa) berkualifikasi kurang. Dari kesimpulan hasil penelitian dapat dikemukakan beberapa saran yaitu (1) guru hendaknya memberikan bimbingan kepada siswa secara optimal untuk mengasah kemampuan siswa dalam menulis esai. Di samping itu guru diharapkan mampu mengoptimalkan media karikatur untuk pembelajaran materi lain dalam pelajaran Bahasa Indonesia (2) siswa disarankan agar lebih sering berlatih menulis dengan mengikuti kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler di bidang kepenulisan dan (3) untuk peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan penelitian sejenis dengan mengembangkan penelitian yang sudah ada untuk menambah kajian dan penemuan yang lebih akurat tentang menulis esai dengan menggunakan media karikatur.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Mar 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143032

Actions (login required)

View Item View Item