Kemampuan menulis kreatif naskah drama siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Blitar tahun ajaran 2010-2011 / Yuliana Tri - Repositori Universitas Negeri Malang

Kemampuan menulis kreatif naskah drama siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Blitar tahun ajaran 2010-2011 / Yuliana Tri

Yuliana, Tri (2012) Kemampuan menulis kreatif naskah drama siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Blitar tahun ajaran 2010-2011 / Yuliana Tri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci kemampuan menulis kreatif naskah drama Kemampuan menulis merupakan salah satu dari empat aspek kemampuan berbahasa yang dikembangkan dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMP. Salah satu kompetensi yang dikembangkan dalam pembelajaran menulis yakni pembelajaran menulis kreatif naskah drama. Pada siswa kelas VIII SMP diharapkan mampu menulis naskah drama dengan memperhatikan keaslian ide dan kesesuaian dengan kaidah penulisan. Dengan menulis kreatif naskah drama siswa dapat mengungkapkan pikiran dan perasaannya. Kemampuan siswa dalam menulis naskah drama dapat diukur dengan memberikan tugas menulis naskah drama. Oleh karena itu penelitian bertujuan untuk (1) menentukan dan mengembangkan tema naskah drama (2) mengembangkan alur naskah drama (3) mengembangkan watak tokoh naskah drama (4) menggunakan latar naskah drama dan (5) mengembangkan dialog naskah drama. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan deskriptif kuantitatif. Subjek umum penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Blitar sedangkan subjek khusus penelitian adalah 76 siswa. Variabel penelitian ini adalah kemampuan menulis sehingga siswa diharapkan mampu menulis kreatif naskah drama. Data yang diperoleh dalam penelitian berupa skor kemampuan menulis naskah drama siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Blitar. Analisis data dilakukan dalam empat langkah yaitu (1) tahap perencanaan (2) pengumpulan data (3) analisis data dan (4) penggolongan kemampuan berdasarkan kualifikasi. Berdasarkan analisis data siswa sampel yang berjumlah 76 siswa dinyatakan (1) mampu menentukan dan mengembangkan tema dengan memperoleh nilai 8805 70 sebanyak 48 siswa (63%) (2) mampu mengembangkan alur dengan memperoleh nilai 8805 70 sebanyak 48 siswa (63%) (3) mampu mengembangkan watak tokoh dengan memperoleh nilai 8805 70 sebanyak 40 siswa (52%) (4) mampu menggunakan latar dengan memperoleh nilai 8805 70 sebanyak 41 siswa (54% ) dan (5) mampu mengembangkan dialog dengan memperoleh nilai 8805 70 sebanyak 53 siswa (69%). Sedangkan siswa yang belum mampu menentukan dan mengembangkan tema dengan memperoleh 70 sebanyak 28 siswa (37%) (2) belum mampu mengembangkan alur dengan memperoleh 70 sebanyak 28 siswa (37%) (3) belum mampu mengembangkan watak tokoh dengan memperoleh 70 sebanyak 36 siswa (48%) (4) belum mampu menggunakan latar dengan memperoleh 70 sebanyak 37% (28 siswa) dan (5) belum mampu mengembangkan dialog dengan memperoleh 70 sebanyak 23 siswa (31%). Berdasarkan penelitian ini dapat disarankan kepada kepala sekolah sebagai pengambil kebijakan di lingkungan sekolah untuk memberikan dukungan kepada guru untuk melakukan penelitian dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra Indonesia. Guru mata pelajaran Bahasa Indonesia disarankan untuk memberikan motivasi kepada siswa agar lebih memiliki kepercayaan diri dan selalu memantau perkembangan keterampilan menulis naskah drama siswa sehingga bisa mengetahui seberapa jauh kemampuan yang dimiliki oleh masing-masing siswa. Siswa supaya mempertahankan dan meningkatkan kemampuan dalam menulis kreatif naskah drama. Peneliti berikutnya disarankan untuk mengadakan penelitian terhadap kegiatan pembelajaran menulis kreatif naskah drama dengan metode penelitian atau dengan rumusan masalah yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Mar 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143031

Actions (login required)

View Item View Item