Dewi, Irene Ratna Kusuma (2012) Penggunaan metode Double Two stay-Two Stray (DTS-TS) untuk meningkatkan kemampuan mengomentari persoalan faktual siswa kelas V SDN Turi 2 Blitar / Irene Ratna Kusuma Dewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci metode double two stay-two stray mengomentari persoalan faktual. Menurut Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah Dasar/ KTSP SD (2007 14) salah satu kompetensi dasar yang harus dicapai siswa kelas V adalah mengomentari persoalan faktual disertai alasan yang mendukung dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa. Siswa diharapkan mampu memberikan komentar atas persoalan faktual yang diberikan oleh guru. Kenyataan di lapangan dari hasil studi pendahuluan menunjukkan masih terdapat kekurangan dalam proses belajar-mengajar dalam kompetensi dasar mengomentari persoalan faktual. Hal ini tampak dari hasil pengujian kompetensi mengomentari persoalan faktual yang dilakukan siswa kelas VB SDN Turi 2 Blitar. Salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan mengomentari persoalan faktual adalah metode Double Two Stay-Two Stray (DTS-TS). Dalam metode Double Two Stay-Two Stray ini siswa dikondisikan aktif mengomentari permasalahan yang akan dilaporkan karena setiap siswa memiliki peran dan tanggung jawab untuk mempelajari bahan tersebut bersama kelompok ketika menjadi tamu maupun tuan rumah . Dengan demikian pengetahuan dan wawasan siswa berkembang pembelajaran mengomentari persoalan faktual siswa lebih menarik dan siswa lebih menguasai topik diskusi itu sehingga kemampuan berbicara siswa yakni dalam mengomentari persoalan faktual pada siswa kelas VB SD Negeri Turi 2 Blitar dapat ditingkatkan. Secara umum penelitian ini berupaya menjawab masalah tentang kemampuan siswa mengomentari persoalan faktual dari proses belajar siswa dan hasil komentar siswa. Sesuai dengan masalah tersebut penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan mengomentari persoalan faktual dengan menggunakan metode Double Two Stay-Two Stray. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Sesuai dengan rancangan itu penelitian disusun dalam tahapan kegiatan yang meliputi perencanaan pelaksanaan dan kegiatan refleksi pada masing-masing siklus. Penetapan subjek penelitian didasarkan pada hasil analisis studi pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VB SD Negeri Turi 2 Blitar. Data penelitian berupa data verbal yang berwujud tuturan lisan dan data nonverbal yang berupa rekaman tindakan siswa dalam foto dan tindakan yang ditranskripkan dalam paparan data dan hasil temuan penelitian. Dalam penelitian ini peneliti sebagai pihak yang melakukan tindakan serta pengamat orang yang melakukan pengamatan terhadap subjek penelitian. Peneliti mengamati mencatat dan mengumpulkan data yang direkam selama proses penelitian.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Mar 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/143030 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |