Perancangan ulang desain kemasan produk Sari Apel Brosem Kota Batu / Miftahul Adi Suminto - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan ulang desain kemasan produk Sari Apel Brosem Kota Batu / Miftahul Adi Suminto

Suminto, Miftahul Adi (2015) Perancangan ulang desain kemasan produk Sari Apel Brosem Kota Batu / Miftahul Adi Suminto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Suminto Miftahul Adi. 2014. Redesain Kemasan Produk Minuman Sari Apel Brosem Untuk Koperasi Serba Usaha Bromo Semeru Kota Batu. Skripsi. Program Studi Desain Komunikasi Visual Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Pujiyanto M.Sn. (2) Moh. Sigit S.Sn. Kata Kunci Perancangan Redesain Kemasan Produk Brand Promosi Minuman sari buah apel saat ini sedang tren. Apel sangat identik dengan Kota Batu yang ada di Jawa Timur karena hasil perkebunan juga yang melimpah membuat banyak produsen lokal daerah yang membentuk sebuah usaha kecil mandiri (UKM) dengan mengolah buah apel menjadi berbagai jenis panganan. Brosem pada awalnya sebuah usaha kecil mandiri yang memproduksi minuman sari apel dalam kemasan secara home industry berdiri sejak tahun 2004 yang merupakan produsen sari apel. Desain kemasan sari apel Brosem belum dicitrakan secara kompetitif hal ini merupakan hambatan dalam mengenalkan produk sari apel Brosem . Untuk itu perlu adanya redesain kemasan sari apel Brosem agar kepercayaan masyarakat terhadap merek Brosem dapat lebih dikenal dan bersaing dalam pasar global. Redesain kemasan sari apel Brosem menggunakan model perancangan non hipotesis. Sistematika perancangan yang digunakan menggunakan prosedur dari Sadjimen Edi Sanyoto yang telah dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan lapangan. Dengan teknik observasi wawancara dokumentasi dan teknik analisis SWOT data dikumpulkan untuk diidentifikasi. Konsep perancangan menggunakan gaya desain modern minimalis dengan teknik vector based pewarnaan flat design untuk desain kemasan primer label kemasan sekunder dan tersier. Konsep desain modern eksklusif terletak pada karakter kemasan primer serta label nilai fungsional pada kemasan sekunder dan nilai manfaat pada kemasan tersier diharapkan mampu merepresentasikan citra positif terhadap isi produk sari apel Brosem . Selain itu perancangan media pendukung kemasan baru berupa media lini atas (above the line) dan media lini bawah (below the line) membawa implikasi positif terhadap aspek merek dan produk. Hasil dari dari perancangan ini adalah terciptanya desain kemasan yang representatif serta unik pada produk sari apel Brosem dan media promosi pendukungnya. Diharapkan target audiens dapat lebih berpresepsi positif dan tertarik pada produk sari apel Brosem .

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jan 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14303

Actions (login required)

View Item View Item