Peningkatan keterampilan menulis cerpen melalui metode latihan terbimbing dengan media teks lagu siswa kelas X-9 SMA Negeri 1 Sooko Kabupaten Mojokerto / Riandari Wahyu Imana - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan menulis cerpen melalui metode latihan terbimbing dengan media teks lagu siswa kelas X-9 SMA Negeri 1 Sooko Kabupaten Mojokerto / Riandari Wahyu Imana

Imana, Riandari Wahyu (2012) Peningkatan keterampilan menulis cerpen melalui metode latihan terbimbing dengan media teks lagu siswa kelas X-9 SMA Negeri 1 Sooko Kabupaten Mojokerto / Riandari Wahyu Imana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci keterampilan menulis cerpen metode latihan terbimbing media teks lagu. Tidak sedikit siswa yang mengalami hambatan dalam mengembangkan keterampilannya menulis cerpen. Hal ini juga dialami siswa kelas X-9 SMA Negeri 1 Sooko Kabupaten Mojokerto hambatan-hambatan tersebut yaitu daya imajinasi siswa masih kurang diksi yang digunakan dalam menulis cerpen kurang bervariasi kesulitan menentukan tema dan kurang dapat mengembangkan ide. Dalam hal ini siswa dituntut untuk mampu menulis cerpen yang baik namun kemampuan menulis cerpen siswa kelas X-9 SMA Negeri 1 Sooko masih rendah. Rendahnya kemampuan menulis tersebut disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternal. Oleh karena itu untuk meningkatkan keterampilan menulis cerpen pada siswa kelas X-9 SMA Negeri 1 Sooko digunakan metode latihan terbimbing dengan media teks lagu. Berdasarkan uraian di atas Tujuan penelitian mengetahui peningkatan (1) keterampilan menulis cerpen melalui metode latihan terbimbing dengan media teks lagu pada siswa kelas X-9 SMA Negeri 1 Sooko Kabupaten Mojokerto dan (2) proses menulis cerpen melalui metode latihan terbimbing dengan media teks lagu pada siswa kelas X-9 SMA Negeri 1 Sooko Kabupaten Mojokerto. Metode kualitatif dengan instrumen pedoman observasi wawancara dan dokumentasi foto. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus terdiri atas empat tahap yaitu (1) perencanaan (2) tindakan (3) pengamatan dan (4) refleksi. Data penelitian yang diambil adalah kemampuan menulis cerpen siswa diambil melalui tes dan nontes. Tes yang digunakan berupa tes menulis cerpen dan rubric penilaian cerpen. Alat pengambilan data nontes yang digunakan berupa pedoman observasi wawancara jurnal angket dan dokumentasi foto. Selanjutnya data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan analisis data penelitian disimpulkan bahwa melalui metode latihan terbimbing dengan media teks lagu kemampuan menulis cerpen siswa kelas X-7 SMA Negeri 1 Pemalang meningkat sebesar 20 44% setelah mengikuti pembelajaran menulis cerpen melalui metode latihan terbimbing dengan media teks lagu. Hasil rata-rata tes menulis cerpen pratindakan sebesar 61 30 dan pada siklus I diperoleh hasil rata-rata sebesar 68 62 kemudian pada siklus II diperoleh hasil rata-rata sebesar 77 05 atau meningkat sebesar 12 29% dari siklus I. Perilaku siswa kelas X-7 SMA Negeri 1 Pemalang setelah mengikuti pembelajaran menulis cerpen melalui metode latihan terbimbing dengan media teks lagu pun mengalami perubahan ke arah positif. Perubahan tersebut ditunjukkan dengan perilaku siswa yang lebih serius dan bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran menulis cerpen. Selanjutnya dari hasil penelitian tersebut penulis memberikan saran (1) guru bahasa dan sastra Indonesia dapat menggunakan metode latihan terbimbing dengan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Mar 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143029

Actions (login required)

View Item View Item