Nilai-Nilai akhlak mulia dalam kumpulan cerpen orang-orang tercinta dan setegar kupu-kupu dan saran implementasinya untuk pendidikan bekarakter siswa Smp kelas VII melalui pembelajaran apresiasi sastra / Yulia Andi Pratiwi - Repositori Universitas Negeri Malang

Nilai-Nilai akhlak mulia dalam kumpulan cerpen orang-orang tercinta dan setegar kupu-kupu dan saran implementasinya untuk pendidikan bekarakter siswa Smp kelas VII melalui pembelajaran apresiasi sastra / Yulia Andi Pratiwi

Pratiwi, Yulia Andi (2012) Nilai-Nilai akhlak mulia dalam kumpulan cerpen orang-orang tercinta dan setegar kupu-kupu dan saran implementasinya untuk pendidikan bekarakter siswa Smp kelas VII melalui pembelajaran apresiasi sastra / Yulia Andi Pratiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Nilai Akhlak Mulia Pendidikan Karakter Apresiasi Sastra. Pendidikan nasional bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa berakhlak mulia sehat berilmu cakap kreatif mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Hal itu berkaitan dengan pembentukan karakter peserta didik sehingga mampu bersaing beretika bermoral sopan santun dan berinteraksi dengan masyarakat. Pembelajaran apresiasi sastra khususnya cerita fiksi (cerpen) dapat dijadikan sebagai media untuk menanamkan pendidikan karakter. Di samping itu saran implementasi kumpulan cerpen untuk pendidikan karakter siswa melalui pembelajaran apresiasi sastra penting untuk diberikan kepada guru/pendidik. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan nilai akhlak mulia kepada Tuhan yang terkandung dalam kumpulan cerpen Orang-Orang Tercinta dan Setegar Kupu-Kupu Tak Bersayap (2) mendeskripsikan nilai akhlak mulia kepada keluarga yang terkandung dalam kumpulan cerpen Orang-Orang Tercinta dan Setegar Kupu-Kupu Tak Bersayap (3) mendeskripsikan nilai akhlak mulia kepada masyarakat yang terkandung dalam kumpulan cerpen Orang-Orang Tercinta dan Setegar Kupu-Kupu Tak Bersayap (4) mendeskripsikan saran implementasi kumpulan cerpen Orang-Orang Tercinta dan Setegar Kupu-Kupu Tak Bersayap untuk pendidikan karakter melalui pembelajaran apresiasi sastra. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian ini berupa kutipan narasi dan dialog antartokoh yang mencerminkan nilai-nilai akhlak mulia kepada Tuhan keluarga dan masyarakat yang terdapat dalam kumpulan cerpen OOT dan SKTB. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan teknik membaca sumber data teks cerita pendek mengidentifikasi dan mengkode data sesuai dengan aspek kajian peneliti dan mengklasifikasikan data. Dalam menganalisis data peneliti menyeleksi menyajikan dan menyimpulkan data. Temuan penelitian tentang nilai akhlak mulia kepada Tuhan keluarga dan masyarakat serta saran implementasi kumpulan cerpen OOT dan SKTB untuk pendidikan karakter siswa melalui pembelajaran apresiasi sastra sebagai berikut. Pertama nilai akhlak mulia kepada Tuhan (NAMKT) yang terkandung dalam kumpulan cerpen OOT dan SKTB terdiri atas tiga macam yakni nilai keimanan nilai ketakwaan dan nilai kesyukuran. Kedua nilai akhlak mulia kepada keluarga (NAMKK) yang terkandung dalam kumpulan cerpen OOT dan SKTB terdiri atas dua macam yakni nilai akhlak mulia kepada orang tua dan nilai akhlak mulia kepada saudara. Ketiga nilai akhlak mulia kepada masyarakat (NAMKM) yang terkandung dalam kumpulan cerpen OOT dan SKTB yakni nilai akhlak mulia kepada teman dan orang lain. Keempat saran implementasi kumpulan cerpen OOT dan SKTB untuk pendidikan karakter siswa melalui pembelajaran apresiasi sastra terdiri atas tiga macam yakni kultural-edukatif emotif dan realita sosial. Kultural-edukatif yakni menumbuhkan kebiasaan yang baik menumbuhkan rasa kepedulian menumbuhkan rasa tanggung-jawab dan menumbuhkan rasa saling menghormati. Emotif yakni menumbuhkan rasa simpati dan menumbuhkan rasa empati. Realita sosial yakni penggambaran nyata yang dialami anak dalam kehidupannya tidak bersifat fiktif atau khayal. Dari temuan penelitian tentang akhlak mulia kepada Tuhan keluarga dan masyarakat serta saran implementasi kumpulan cerpen OOT dan SKTB untuk pendidikan karakter melalui pembelajaran apresiasi sastra disimpulkan bahwa (1) akhlak mulia kepada Tuhan (NAMKT) yang terkandung dalam kumpulan cerpen OOT dan SKTB meliputi tiga jenis yakni nilai keimanan nilai ketakwaan dan nilai kesyukuran. Nilai keimanan yakni mempercayai bahwa Tuhan itu ada. Nilai ketakwaan yakni melakukan kewajiban beribadah membiasakan berdoa kepada Tuhan sebelum dan sesudah melakukan pekerjaan. Nilai kesyukuran yakni membiasakan memuji kebesaran Tuhan (2) nilai akhlak mulia kepada keluarga (NAMKK) yang terkandung dalam kumpulan cerpen OOT dan SKTB terdiri atas dua macam yakni nilai akhlak mulia kepada orang tua dan nilai akhlak mulia kepada saudara. Nilai akhlak mulia kepada orang tua yakni membaktikan diri kepada kedua orang tua dengan membantu dan selalu mendoakan menjalankan amanah orang tua dengan ikhlas dan bertanggung jawab. Nilai akhlak mulia kepada saudara yakni menyayangi saudara yang lebih muda dan menghormati yang lebih tua (3) nilai akhlak mulia kepada masyarakat (NAMKM) yang terkandung dalam kumpulan cerpen OOT dan SKTB terdiri atas nilai akhlak mulia kepada teman dan orang lain. Nilai akhlak mulia kepada teman yakni menyayangi teman menjalin dan memelihara persahabatan. Nilai akhlak mulia kepada teman atau orang lain yakni menolong teman atau orang lain yang sedang mengalami kesusahan (4) saran implementasi kumpulan cerpen OOT dan SKTB untuk pendidikan karakter siswa melalui pembelajaran apresiasi satra hendaknya terdiri atas tiga kriteria yakni kultural-edukatif emotif dan realita sosial. Berdasarkan simpulan penelitian disampaikan saran antara lain (1) guru hendaknya menggunakan cerpen bermuatan nilai akhlak mulia kepada Tuhan keluarga dan masyarakat sebagai bahan apresiasi cerita fiksi (2) siswa hendaknya dapat mengambil hikmah dari cerpen yang bermuatan nilai akhlak mulia kepada Tuhan keluarga dan masyarakat dan (3) peneliti lain hendaknya menggunakan cerpen bermuatan nilai akhlak mulia untuk kumpulan cerpen yang lebih luas sehingga dapat diperoleh data cerpen yang bermuatan nilai akhlak mulia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143027

Actions (login required)

View Item View Item