Potensi novel remaja mutakhir (2000-AN) sebagai alternatif sumber belajar apresiasi prosa berbasis pendidikan karakter / Renny Lutviana - Repositori Universitas Negeri Malang

Potensi novel remaja mutakhir (2000-AN) sebagai alternatif sumber belajar apresiasi prosa berbasis pendidikan karakter / Renny Lutviana

Lutviana, Renny (2012) Potensi novel remaja mutakhir (2000-AN) sebagai alternatif sumber belajar apresiasi prosa berbasis pendidikan karakter / Renny Lutviana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci novel remaja unsur intrinsik unsur ekstrinsik pendidikan karakter pembelajaran apresiasi prosa. Novel remaja adalah karya fiksi berbentuk prosa yang isinya mencermin-kan kehidupan sosial para remaja. Permasalahan yang diangkat dalam novel remaja tidak jauh dari kehidupan remaja pada kenyataannya seperti persahabatan dan percintaan. Novel remaja banyak diminati dan layak untuk dijadikan sumber belajar apresiasi prosa. Pengajaran apresiasi sastra termasuk apresiasi prosa penting dilakukan untuk mengembangkan potensi siswa dan dapat menumbuhkan penghargaan terhadap hasil karya sastra. Pembelajaran apresiasi prosa saat ini dikembangkan menggunakan strategi pembelajaran berbasis pendidikan karakter. Penelitian ini penting dilakukan untuk memudahkan guru memilih novel remaja yang berkualitas yang dapat digunakan sebagai sumber belajar sekaligus sesuai dengan pendidikan karakter. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk (1) mendeskripsikan karakteristik unsur intrinsik novel remaja mutakhir (2000-an) (2) mendeskripsi-kan karakteristik unsur ekstrinsik novel remaja mutakhir (2000-an) dan (3) mengetahui potensi novel remaja mutakhir (2000-an) sebagai alternatif sumber belajar apresiasi prosa berbasis pendidikan karakter. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang menggunakan pendekatan kualitatif. Peneliti berkedudukan sebagai instrumen utama dalam penelitian ini. Sumber data penelitian ini adalah data verbal dan nonverbal dari novel remaja mutakhir (2000-an). Sumber data dipilih dengan cara (1) mencari daftar novel remaja yang terbit pada tahun 2004-2011 (2) mengklasifikasikan novel remaja menurut tahun terbitnya (3) memilih novel best seller (4) memilih novel yang memiliki rating tertinggi (5) memilih novel yang pernah diresensi dan resensi tersebut pernah dipublikasikan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik dokumentasi. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan dengan cara memperpanjang keikutsertaan ketekunan pengamatan dan pengecekan sejawat. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa (1) karakteristik unsur intrinsik novel remaja mutakhir (2000-an) yang berupa (a) tema yang banyak muncul adalah impian dan cinta dapat diraih melalui usaha keras (b) amanat yang banyak muncul adalah berusahalah dengan keras agar impian dan cinta dapat tercapai (c) tokoh utama dalam novel masih remaja dan tokoh bawahannya adalah tokoh yang dekat dengan kehidupan remaja seperti guru teman dan orang tua (d) penokohan digambarkan sesuai dengan usia remaja (e) seting tempat dan seting waktu berkaitan dengan kehidupan sosial remaja seperti rumah dan sekolah (2) karakteristik unsur ekstrinsik novel remaja mutakhir (2000-an) yang berupa (a) biografi pengarang yang dapat membangkitkan motivasi pembaca dan (b) nilai-nilai yang bersifat positif ditemukan dalam semua novel dan (3) novel yang berjudul Cybercrime Fighters adalah novel yang paling berpotensi untuk dimanfaatkan sebagai media pembelajaran berbasis pendidikan karakter karena memiliki nilai pendidikan karakter yang paling banyak daripada novel lainnya kedua adalah novel Jilbab Funky ketiga adalah novel Kintaholic keempat adalah novel Rahasia Bintang kelima adalah novel Fairish keenam adalah novel FBI vs CIA ketujuh adalah novel Dealova dan terakhir adalah novel Unbelievable. Dari kesimpulan hasil penelitian dapat dikemukakan beberapa saran yaitu (1) bagi guru Bahasa Indonesia penelitian ini dapat dijadikan sebagai sumber belajar dalam melaksanakan pembelajaran apresiasi prosa (2) siswa disarankan menggunakan penelitian ini sebagai sarana menambah wawasan dan pengetahuan mengenai novel remaja mutakhir dan (3) bagi peneliti lain disarankan penelitian ini dapat menjadi contoh atau rujukan dalam mengembangkan sumber belajar seputar prosa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143025

Actions (login required)

View Item View Item