Karakteristik puisi karya kelas VIII SMP Negeri 8 Malang / Elfitria Kusumawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Karakteristik puisi karya kelas VIII SMP Negeri 8 Malang / Elfitria Kusumawati

Kusumawati, Elfitria (2012) Karakteristik puisi karya kelas VIII SMP Negeri 8 Malang / Elfitria Kusumawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci karakteristik puisi karya siswa SMP Puisi merupakan salah satu bentuk kesusastraan yang mengungkapkan pikiran dan perasaan penyair secara imajinatif dan disusun dengan mengosentrasikan kemampuan bahasa yakni dengan mengosentrasikan unsur fisik dan unsur batinnya. Selain itu puisi adalah karya sastra yang memiliki estetika kebahasaan yang padat dan dapat menjadi alat mengekspresikan suatu kepribadian. Oleh karena itu puisi yang dihasilkan setiap orang memiliki bahasa yang khas yaitu bahasa yang memuat tanda-tanda atau semiotik dalam unsurunsur pembentuknya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karaktersistik bunyi diksi tema dan amanat pada puisi karya siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif. Data yang dipaparkan berupa 20 puisi sebagai sampel dari 157 puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Malang. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa tabel analisis data. Analisis data dilakukan dengan analisis struktural dan semiotik. Selanjutnya untuk menjaga keabsahan data dilakukan kecermatan ketekunan keajegan membaca dan pemeriksaan melalui diskusi dengan dosen dan teman sejawat. Berdasarkan analisis data tersebut diperoleh empat simpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama karakteristik bunyi pada puisi karya siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Malang adalah perpaduan asonansi[a] [u] konsonansi [n] rima vokal berupa enklitika [-ku] [-mu] [-nya] rima konsonan [-an] dan mesodiposis pronomina [kau] Kedua karakteristik diksi pada puisi karya siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Malang terdiri atas lambang dan simbol. Lambang yang digunakan siswa diklasifikasikan menjadi 2 yaitu kata tugas dan kata dasar. Kata tugas berupa konjungsi sedangkan kata dasar terdiri atas kata benda kata kerja dan kata sifat. Simbol yang digunakan siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Malang yaitu blank simbol natural simbol dan privat simbol.Dari ketiga simbol tersebut yang paling dominan adalah blank simbol sedangkan yang paling sedikit digunakan adalah privat simbol Ketiga karakteristik tema pada puisi karya siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Malang terdiri atas cinta kasih sayang orang tua kritik sosial persahabatan alam patriotisme dan tokoh idola. Tema yang dominan dalam puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Malang adalah tema kasih sayang antarlawan jenis atau cinta dan kasih sayang orang tua Keempat karakteristik amanat pada puisi karya siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Malang selaras dengan tema yang dominan. Oleh karena itu amanat yang dominan pada puisi karya siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Malang mengajak pembaca untuk menyadari dan menghormati indahnya kasih sayang yang diberikan oleh seorang kekasih dan orang tua. Berdasarkan simpulan di atas disampaikan saran (1) kepada guru bahasa Indonesia Berdasarkan kesimpulan di atas diketahui bahwa puisi karya siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Malang kurang variatif dalam penggunaan manipulasi bunyi konsonansi rima konsonan rima vokal kata sifat dan privat simbol. Oleh karena itu guru harus menggunakan model atau contoh materi dan metode pembelajaran yang juga variatif khususnya dalam aspek yang kurang sehingga proses belajar sungguh-sungguh menjadi sarana bagi siswa untuk menggali daya imajinasi dan krativitasnya. Dengan demikian tema dan amanat pada puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Malang juga variatif (2) kepada peneliti lain Berdasarkan kesimpulan yang telah dipaparkan diketahui bahwa perlu adanya penelitian lanjutan yang mampu mengarahkan siswa untuk mengolah emosi ke dalam bentuk bahasa puisi yang indah. Selain itu karena penelitian karakteristik puisi masih dilakukan di tingkat SD dan SMP maka perlu dilakukan penelitian di tingkat SMA. Dengan demikian kelengkapan penelitian di semua tingkat pendidikan dapat memperkaya literatur bagi pembelajaran puisi siswa. Namun peneliti harus mengetahui contoh atau model materi dan metode yang digunakan guru dalam pembelajaran sastra khususnya dalam menulis puisi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143024

Actions (login required)

View Item View Item