Peningkatan kemampuan menulis naskah drama dengan menggunakakan metode belajar kelompok kreatif pada siswa SMP kelas VIII / Sigit Setyo Wicaksono - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan menulis naskah drama dengan menggunakakan metode belajar kelompok kreatif pada siswa SMP kelas VIII / Sigit Setyo Wicaksono

Wicaksono, Sigit Setyo (2012) Peningkatan kemampuan menulis naskah drama dengan menggunakakan metode belajar kelompok kreatif pada siswa SMP kelas VIII / Sigit Setyo Wicaksono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci peningkatan kemampuan menulis metode belajar kelompok kreatif menulis naskah drama. Keterampilan berbahasa memiliki empat komponen yaitu (1) keterampilan menyimak (2) keterampilan berbicara (3) keterampilan membaca dan (4) keterampilan menulis. Menulis merupakan salah satu keterampilan yang harus diajarkan dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Kegiatan pembelajaran menulis dapat berhasil jika dilakukan dengan melatih kemampuan siswa untuk membuat tulisan kegiatan ini dapat dilaksanakan pada pembelajaran menulis naskah drama. Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dijelaskan oleh pemerintah tujuan pembelajaran menulis naskah drama adalah dapat membangkitkan semangat menulis mengembangkan pengetahuan keterampilan berbahasa mengembangkan gagasan dan ide-ide untuk menghasilkan karya sastra yaitu naskah drama. Untuk meningkatkan kemampuan siswa menulis naskah drama dibutuhkan metode pembelajaran yang harus mendukung kegiatan pembelajaran. Dalam penelitian ini metode pembelajaran yang digunakan adalah metode belajar kelompok kreatif dengan metode ini siswa menulis naskah drama melalui tiga tahapan yang terdapat pada metode pembelajaran ini yaitu menentukan merancang dan mengembangkan dengan tahapan yang dimiliki metode ini siswa akan lebih mudah menulis naskah drama selain itu menulis naskah drama pada kegiatan ini dilaksanakan dua kali pertemuan kegiatan pertama tahap perencanaan yaitu menyusun kerangka naskah dan kegiatan kedua tahap menulis naskah drama. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan penelitian tindakan kelas. rancangan disusun dalam satuan siklus meliputi tahap perencanaan (menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran) pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus penetapan subjek penelitian didasarkan pada hasil analisis studi pendahuluan yang dilakukan peneliti dengan hasil 18 siswa dengan nilai 70 sedangkan 18 siswa lainnya belum mencapai ketuntasan belajar dengan nilai

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143021

Actions (login required)

View Item View Item