Putri, Yesi Devisa (2012) Telaah strategi, metode, dan teknik pembelajaran membaca dan menulis bahasa Indonesia dalam penelitian mahasiswa Universitas Negeri Malang tahun 1990-2010 / Yesi Devisa Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Pembelajaran Membaca Pembelajaran Menulis Pembelajaran membaca dan pembelajaran menulis seringkali dikesampingkan masyarakat dengan alasan semua orang mampu melakukannya. Justru karena dikesampingkan kualitas membaca masyarakat Indonesia menjadi sangat rendah. Dengan alasan yang sama guru menjadi lalai dalam pembelajaran membaca dan menulis di kelas. Pembelajaran menjadi monoton dan sangat membosankan bagi siswa karena guru enggan menggunakan variasi-variasi dalam proses pembelajaran di kelas. Akibatnya siswa semakin jauh dari aktivitas membaca dan menulis padahal telah muncul bermacam bentuk strategi metode dan teknik pembelajaran membaca dan menulis yang bisa diterapkan guru dalam kelas. Menyikapi fenomena tersebut penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengidentifikasi dan mengumpulkan berbagai strategi metode dan teknik pembelajaran membaca dan menulis bahasa Indonesia mengidentifikasi berbagai permasalahan pembelajaran membaca dan menulis bahasa Indonesia serta solusinya yang terhimpun dalam berbagai hasil laporan penelitian tindakan kelas pembelajaran membaca dan menulis mahasiswa Universitas Negeri Malang tahun 1990 2010. Rancangan penelitian ini menggunakan analisis isi kualitatif. Sumber data penelitian adalah seluruh hasil laporan penelitian tindakan kelas pembelajaran membaca dan menulis mahasiswa S1 Universitas Negeri Malang tahun 1990 2010. Data penelitian berupa semua strategi metode dan teknik pembelajaran membaca dan menulis bahasa Indonesia permasalan dalam proses pembelajaran membaca dan menulis bahasa Indonesia di kelas serta solusinya. Keseluruhan data penelitian ini diambil dari perpustakaan Universitas Negeri Malang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik catatan lapangan. Proses analisis data diawali dari kegiatan menentukan unit analisis isi pengkodean analisis data dan penyimpulan. Berdasarkan hasil analisis data tersebut ditemukan tiga simpulan. Simpulan yang pertama adalah telah ditemukan strategi metode dan teknik dalam pembelajaran membaca dan menulis bahasa Indonesia jenjang SD SMP dan SMA. Pada keterampilan membaca jenjang SD ditemukan dua bentuk aplikasi pembelajaran yakni (1) Strategi SAS dan Bunyi dan (2) Metode MUELLER. Pada keterampilan membaca jenjang SMP ditemukan empat bentuk aplikasi pembelajaran yakni (1) Strategi SQ3R (2) Metode SPT (3) Metode Gerak Mata dan (4) metode DR-TA. Pada keterampilan membaca jenjang SMA tidak ditemukan bentuk strategi metode maupun teknik. Pada keterampilan menulis jenjang SD ditemukan lima strategi dua belas metode dan empat teknik. Lima strategi pada keterampilan menulis jenjang SD adalah (1) strategi Modeling (2) strategi TOK (3) Strategi PIGKI (4) Strategi Peta Pikiran dan (5) Strategi 3M (Meniru-Mengolah-Mengembangkan). Dua belas metode yang ditemukan pada keterampilan menulis jenjang SD yaitu (1) Metode Tebak Misteri (2) Metode Belanja Gambar Berangkai (3) Metode Windows (4) Metode RKPL (5) Metode Karya Wisata (6) Metode Jigsaw (7) Metode Flasf Card (8) Model Paikem (9) Model CTL (10) Model STAD (11) Model Think Pair Share dan (12) Metode Pemberian Tugas. Empat teknik pada keterampilan menulis jenjang SD yaitu (1) Teknik Rangsang Benda (2) Teknik M2L (3) Teknik Koreksi Teman Sebaya dan (4)Teknik Rekonstruksi. Pada keterampilan menulis jenjang SMP ditemukan sembilan strategi tujuh metode dan lima teknik. Sembilan strategi dalam pembelajaran menulis jenjang SMP yaitu (1) Strategi Hunter (2) Strategi OTTL (Observasi Tanya Tulis dan Laporan) (3) Strategi MIND MAPPING (4) Strategi Pair Check (5) Strategi Windows (6) Strategi Baca Gunting Tempel (7) Strategi Konversi Cerpen (8) Strategi Imagine dan (9) Strategi Contoh Noncontoh. Tujuh metode dalam pembelajaran menulis jenjang SMP yaitu (1) Metode STAD (2) Metode TSTS (Two Stay Two Stray) (3) Metode Percobaan (4) Metode Investigasi Kelompok (5) Metode Mind Mapping (6) Metode Experiental Learning dan (7) Metode Pika Raka. Lima teknik dalam pembelajaran menulis jenjang SMP yaitu (1) Teknik Merespon Puisi Model (2) Teknik Temporari Rangsang lagu (3) Teknik Modeling dengan Fokus Transfer Model (4) Teknik Kartu Ilustrasi dan (5) Teknik ASDAMBA. Pada keterampilan menulis jenjang SMA ditemukan lima strategi dan lima metode. Lima strategi dalam pembelajaran menulis SMA yakni (1) Strategi Mind Mapping (2) Strategi Enam-M (3) Strategi Bongkar Pasang (4) Strategi TABIB dan (5) Strategi 3M . Empat metode dalam pembelajaran menulis SMA yakni (1) Metode AJJI (2) Metode Experiental Learning (3) metode Mind Mapping dan (4) metode Peer Assesment. Sebagian besar ragam bentuk strategi metode dan teknik yang ditemukan dilatar belakangi oleh teori pembelajaran kognitivistik (75%) dan humanistik (23%). Hanya ada sedikit ragam bentuk strategi metode dan teknik yang menggunakan teori dasar behavioristik yakni hanya sebesar 2%. Simpulan yang kedua adalah ditemukannya berbagai bentuk permasalahan yang melatarbelakangi pengunaan strategi metode dan teknik dalam pembelajaran membaca menulis di jenjang SD SMP dan SMA. Pada pelajaran membaca jenjang SD ditemui permasalahan yang mucul antara lain seperti banyaknya siswa yang kurang lancar membaca pada paragraf panjang dan kurang percaya diri ketika membaca lantang. Permasalahan dalam pelajaran membaca jenjang SMP adalah siswa kurang bisa fokus pada tulisan yang dibaca. Sedangkan perma-salahan dalam pelajaran membaca jenjang SMA tidak ditemukan dalam data penelitian. Pada pelajaran menulis jenjang SD ditemukan permasalahan seperti siswa sulit menentukan ide tulisan siswa sulit mengemukakan ide dalam bentuk tulisan serta sulit diajak menulis. Pada pembelajaran menulis jenjang SMP ditemui permasalahan seperti siswa cenderung menjiplak sulit diajak menulis materi pembelajaran menulis terkesan mengulang-ulang pembelajaran lalu serta hasil tulisan kurang padat dan beralur. Permasalahan pembelajaran menulis jenjang SMA yang ditemukan adalah kurangnya minat siswa pada pembelajaran menulis dan siswa belum mampu memilih judul yang selaras dengan isi. Simpulan yang ketiga adalah bahwa strategi metode dan teknik pembelajaran membaca dan menulis yang ditemukan telah berhasil mengatasi beragamnya permasalahan yang muncul dalam pembelajaran membaca dan menulis di kelas. Meskipun demikian untuk mendapatkan tingkat keberhasilan pembelajaran yang lebih baik masih perlu adanya penyesuaian dalam penggunaan ragam bentuk pembelajaran terhadap keadaan siswa guru dan lingkungan sekolah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Jun 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/143019 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |