Pengembangan bahan ajar menyimak dongeng untuk siswa kelas VII SMP/MTs / Fitri Nur Wijayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar menyimak dongeng untuk siswa kelas VII SMP/MTs / Fitri Nur Wijayanti

Wijayanti, Fitri Nur (2012) Pengembangan bahan ajar menyimak dongeng untuk siswa kelas VII SMP/MTs / Fitri Nur Wijayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci pengembangan bahan ajar menyimak dongeng SMP/MTs. Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa siswa kesulitan dalam menentukan kemenarikan dongeng. Hal tersebut disebabkan oleh sedikitnya teori yang ada sehingga mereka kesulitan dalam menentukan hal seperti apa yang dianggap menarik. Selain itu sedikit pula bahan ajar yang mengkhususkan pada apresiasi sastra untuk anak-anak. Begitu pula dalam hal merelevansikan isi dongeng. Hal-hal apa saja yang dapat direlevansikan juga menjadi masalah bagi mereka. Oleh karena itu diperlukan bahan ajar yang menyajikan teori-teori yang mereka butuhkan. Bahan ajar juga sebaiknya memuat tujuan pembelajaran materi contoh latihan evaluasi refleksi yang dikemas dalam tampilan yang menarik dengan pemilihan warna tata letak dan juga ilustrasi yang sesuai. Siswa yang masih tergolong anak-anak menyukai segala sesuatu yang santai dan menghibur. Salah satunya adalah dengan media menyimak yang berupa film kartun. Anak-anak sangat gemar menonton film kartun di televisi. Kondisi seperti inilah yang perlu disadari. Dengan menggunakan film kartun sebagai bahan simakan dongeng diharapkan siswa akan lebih tertarik sehingga mereka lebih memahami isi dongeng tersebut dengan menyimak narasi dialog dan juga sekaligus melihat adegan-adegan tokoh film kartun tersebut. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan (Research Development) Borg dan Gall. Dari model penelitian yang dilakukan Borg dan Gall (1983 775) tersebut peneliti mengadaptasinya sebagai berikut (1) tahap prapengembangan (persiapan) (2) tahap pengembangan produk (3) tahap uji coba produk dan (4) tahap pascapengembangan. Pelaksanaan pengembangan dilakukan berdasarkan temuan analisis kebutuhan bahan ajar yang dilakukan pada tahap prapengembangan. Produk hasil pengembangan selanjutnya diujicobakan untuk mengetahui kelayakan produk yakni melalui empat kelompok uji yang meliputi (1) uji ahli pembelajaran dongeng (2) uji ahli materi dongeng (3) uji praktisi yakni guru kelas VII SMP (4) uji lapangan (siswa). Penyajian data uji coba diklasifikasikan berdasarkan inti dari tujuan pengembangan yaitu aspek isi penyajian paparan bahasa dan tampilan bahan ajar. Data numerik hasil uji produk dipersentase sesuai dengan pedoman interpretasi kelayakan produk agar dapat diketahui tindak lanjut dari produk yaitu diimplementasikan atau direvisi. Data kuantitatif yakni berupa data skor yang diperoleh dari hasil angket penilaian ahli praktisi dan siswa terhadap produk. Data kualitatif dibedakan menjadi data tertulis dan data lisan. Data tertulis berupa catatan komentar kritik maupun saran-saran yang dituliskan oleh subjek coba pada lembar penilaian ataupun dalam format uji lapangan sedangkan data kualitatif lisan berupa informasi lisan ketika wawancara langsung dengan ketiga kelompok uji. Hasil wawancara selanjutnya ditranskripsikan agar dapat dianalisis. i ii Fokus penilaian oleh siswa berkaitan dengan media menyimak meliputi (1) kejelasan suara video dongeng (2) kejelasan peristiwa-peristiwa yang ada dalam video (3) kemenarikan isi dongeng yang dipilih (4) kejelasan bahasa yang digunakan dalam video. Komponen-komponen tersebut mendapat skor sebesar 87 5% 82 9% 94 3% dan 92%. Dari keempat komponen tersebut tergolong media ini sangat layak dan dapat diimplementasikan. Fokus penilaian oleh siswa berkaitan dengan buku ini meliputi (1) kemudahan dalam memahami materi dongeng (2) kemudahan dalam memahami latihan (3) kemudahan dalam memahami petunjuk pengerjaan (4) kejelasan bahasa yang digunakan (5) kemenarikan sampul (6) kemenarikan gambar dan ilustrasi (7) kemenarikan warna yang dipilih dan (8) kesesuaian ukuran dan warna huruf. Berdasarkan lampiran 11 secara berturut-turut komponen tersebut mendapat skor sebesar 98 7% 86 4% 84% 88 6% 87 5% 96 6% 95 4% 94 3%. Selain data penilaian tersebut juga diperoleh data verbal tertulis pada kolom catatan dan data verbal yang ditranskripsikan dari hasil wawancara bebas dengan kelompok uji. Adapun beberapa saran dan kritik yang disampaikan yaitu (1) bahan ajar langsung pada langkah pembelajaran (2) tidak perlu terlalu banyak teori (3) buang halaman-halaman yang kurang bermanfaat (4) persebaran butir pembelajaran sebaiknya dihilangkan atau diletakkan dibagian akhir buku karena bahan ajar ini digunakan oleh anak bukan oleh guru (5) di bagian depan sebaiknya ditambahkan cerita motivasi atau anekdot agar siswa tertarik (6) bahasa yang digunakan dalam bahan ajar sebaiknya menggunakan bahasa anak anak (pada bagian sapa penulis dan keterangan isi buku) (7) gunakan gambar-gambar yang lucu dalam buku agar siswa lebih tertarik (8) definisi dongeng dan legenda berbeda legenda bukan bagian dari dongeng (9) tanda baca khususnya pemenggalan kata disesuaikan dengan EYD (10) petunjuk pengerjaan lebih diperjelas (11) cover kurang cerah dan perlu ditambahkan hiasan-hiasan agar lebih menarik. Berdasarkan hasil beberapa uji menunjukkan bahwa produk bahan ajar tergolong layak dan dapat diimplementasikan. Dengan demikian hasil penelitian pengembangan bahan ajar ini diharapkan dapat memberikan manfaat dan saran bagi beberapa pihak. Bagi guru diharapkan penelitian pengembangan ini dapat dimanfaatkan untuk menyusun bahan ajar lebih kreatif. Bagi peneliti lain prosedur penelitian pengembangan bahan ajar ini dapat menjadi pedoman untuk melakukan penelitian serupa. Selanjutnya produk pengembangan dapat disebarluaskan dalam forum MGMP dan ditulis dalam jurnal penelitian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143018

Actions (login required)

View Item View Item