Pengembangan media interaktif permainan kartu berjenjang untuk pembelajaran membaca aksara Jawa siswa kelas VIII SMP / Desi Vuryanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media interaktif permainan kartu berjenjang untuk pembelajaran membaca aksara Jawa siswa kelas VIII SMP / Desi Vuryanti

Vuryanti, Desi (2012) Pengembangan media interaktif permainan kartu berjenjang untuk pembelajaran membaca aksara Jawa siswa kelas VIII SMP / Desi Vuryanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci media interaktif permainan kartu berjenjang pembelajaran membaca membaca aksara Jawa siswa SMP Bahasa Jawa sebagai salah satu mata pelajaran muatan lokal di dalamnya mencakup lima kompetensi dasar yaitu mendengarkan berbicara membaca menulis dan sastra. Dalam membaca aksara jawa siswa harus mampu menguasai dua keterampilan yaitu membaca bacaan berbahasa Jawa berhuruf latin dan membaca bacaan berbahasa Jawa berhuruf Jawa. Agar dapat terampil membaca bacaan berhuruf Jawa siswa harus memahami dan mengenal aksara Jawa. Pembelajaran membaca aksara Jawa disekolah saat ini masih kurang maksimal. Keterbatasan waktu dan media menjadi salah satu hambatan yang dihadapi oleh guru. Berkaitan dengan hal tersebut maka disajikan sebuah media interaktif dalam bentuk permainan kartu berjenjang untuk pembelajaran membaca aksara Jawa. Tujuan penelitian ini secara umum adalah mengembangkan media interaktif berupa permainan kartu berjenjang untuk pembelajaran membaca aksara Jawa. Adapun tujuan kususnya adalah (1) menghasilakan media interaktif permainan kartu berjenjang untuk pembelajaran membaca aksara Jawa siswa kelas VIII SMP (2) mendeskripsikan kelayakan media interaktif permainan kartu berjenjang yang memenuhi kriteria sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran bahasa Jawa untuk meningkatkan kemampuan membaca aksara Jawa siswa kelas VIII SMP. Penelitian ini menggunaka jenis penelitian pengembangan. Rancangan penelitian mengadaptasi dari model desain pembelajaran Brog and Gall (1983). Berdasarkan model tersebut dalam penelitian ini terdapat tujuh tahap prosedur penelitian yakni (1) penelitian dan pengumpulan informasi awal (2) perencanaan (3) pengembangan draf produk (4) uji coba perorangan/ahli (5) revisi produk yang telah diuji coba kepada ahli (6) uji coba terbatas/siswa (7) revisi produk akhir. Hasil penelitian ini berupa produk CD interaktif permainan kartu berjenjang untuk pembelajaran membaca aksara Jawa dan diuji cobakan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Malang. Validasi media diperolaeh dari hasil uji coba dengan ahli pembelajaran dan praktisi/guru bahasa Jawa serta ahli media. Hasil uji coba dengan ahli pembelajaran bahasa Jawa menunjukkan rata-rata kelayakan sebesar 85 42% ahli media 80 21% ahli praktisi/guru bahasa Jawa 79 16% dan siswa kelompok terbatas sebesar 86 1%. Keempat hasil uji tersebut menunjukkan bahwa media tergolong layak dan siap diimplementasikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143017

Actions (login required)

View Item View Item