Pengembangan bahan ajar mendengarkan cerita bahasa Jawa berbasis audio untuk siswa IV SD Islam terpadu Ahmad Yani Malang / Heny Kusuma Widyaningrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar mendengarkan cerita bahasa Jawa berbasis audio untuk siswa IV SD Islam terpadu Ahmad Yani Malang / Heny Kusuma Widyaningrum

Widyaningrum, Heny Kusuma (2012) Pengembangan bahan ajar mendengarkan cerita bahasa Jawa berbasis audio untuk siswa IV SD Islam terpadu Ahmad Yani Malang / Heny Kusuma Widyaningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Bahan Ajar Berbasis Audio Keterampilan Mendengarkan Cerita Bahasa Jawa Mendengarkan cerita bahasa Jawa merupakan salah satu kompetensi dasar (KD) yang harus dikuasai oleh siswa kelas IV SD. Melalui kegiatan mendengarkan cerita bahasa Jawa siswa dapat menangkap memahami dan mengingat dengan sebaik-baiknya terhadap sesuatu yang didengar. Pembelajaran mendengarkan cerita kurang diminati oleh siswa. Hal tersebut disebabkan belum tersedianya bahan ajar yang mendukung proses pembelajaran rendahnya minat siswa terhadap untuk belajar mendengarkan cerita bahasa Jawa dan metode yang kurang tepat yang digunakan oleh guru. Maka dari itu bahan ajar dibutuhkan untuk mengatasi hambatan belajar dan mendukung kelancaran pembelajaran mendengarkan cerita bahasa Jawa. Tujuan pengembangan bahan ajar ini adalah menghasilkan produk bahan ajar mendengarkan cerita bahasa Jawa berbasis audio serta untuk mengetahui kelayakan bahan ajar tersebut dalam pembelajaran di kelas. Terdapat tiga kompetensi dasar yang digunakan dalam pengembangan bahan ajar ini yaitu (1) mendengarkan cerita tentang pengalaman menarik (2) mendengarkan cerita dan (3) mendengarkan cerita tentang tokoh pendidikan. Produk akhir pengembangan ini berbentuk compact disk (CD) dengan bantuan fasilitas komputer atau laptop serta fasilitas audio. Hasil uji bahan ajar dengan ahli materi pembelajaran bahasa Jawa menunjukkan rata-rata kelayakan sebesar 83 00% dan ahli media audio sebesar 76%. Kedua ahli tersebut menunjukkan bahwa bahan ajar tersebut dinyatakan sangat valid dan siap diimplementasikan. Hasil uji dengan guru bahasa Jawa menunjukkan rata-rata kelayakan sebesar 82 50% sedangkan dengan kelompok besar menunjukkan 81 50%. Kedua hasil uji coba dengan instrumen angket menunjukkan bahwa bahan ajar tersebut sangat valid. Hasil belajar siswa seluruh siswa setelah menunjukkan penggunaan bahan ajar dengan nilai 79. Hasil nilai tersebut sudah mencapai nilai Stndar Ketuntasan Minimal (SKM) yaitu 65 dan dapat mendukung kelayakan bahan ajar setelah diujikan kepada siswa tanpa perlu direvisi. Dari penjabaran hasil uji coba tersebut dapat disimpulkan bahwa produk bahan ajar tergolong sangat valid dan dapat diimplementasikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143015

Actions (login required)

View Item View Item