Kemampuan menulis naskah drama siswa kelas VIII SMPN 1 Ujungpangkah Kabupaten Gresik tahun pelajaran 2011/2012 / Mustofa - Repositori Universitas Negeri Malang

Kemampuan menulis naskah drama siswa kelas VIII SMPN 1 Ujungpangkah Kabupaten Gresik tahun pelajaran 2011/2012 / Mustofa

Mustofa (2012) Kemampuan menulis naskah drama siswa kelas VIII SMPN 1 Ujungpangkah Kabupaten Gresik tahun pelajaran 2011/2012 / Mustofa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci kemampuan menulis naskah drama. Pentingnya kajian sastra (drama) dalam dunia pendidikan yaitu dapat menunjang keterampilan berbahasa meningkatkan pengetahuan mengembangkan cipta karsa dan rasa mengembangkan pembentukan watak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan menulis naskah drama siswa kelas VIII SMPN 1 Ujungpangkah informasi relevan yang dapat digunakan adalah hasil penelitian tentang kemampuan menulis naskah drama siswa kelas VIII SMPN 1 Ujungpangkah. Masalah penelitian ini adalah bagaimana kemampuan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ujungpangkah dalam menulis naskah drama dari aspek tema dialog alur dan latar. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini berupa naskah drama. Data dalam penelitian ini berupa nilai tentang kemampuan menulis naskah drama dari aspek (1) tema (2) dialog (3) alur dan (4) latar. Adapun populasi dalam penelitian ini berjumlah 105 siswa yang terbagi menjadi 4 kelas. Kelas yang dijadikan sampel penelitian adalah VIIIA yang memiliki jumlah siswa sebanyak 26 siswa. Pada saat diadakan tes menulis naskah drama 4 siswa tidak bisa mengikuti dengan keterangan sakit jadi jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 22 atau 21% dari jumlah populasi. Instrumen penelitian berupa pedoman penyekoran naskah drama. Analisis data dilakukan dalam tiga langkah yaitu (1) persiapan (2) tabulasi dan (3) penerapan data. Hasil analisis dan pembahasan kemampuan menulis naskah drama siswa kelas VIII SMPN 1 Ujungpangkah kabupaten Gresik dari aspek tema menunjukkan bahwa kemampuan menulis naskah drama siswa dari aspek tema sebesar 68% atau sebanyak 15 siswa belum mencapai 8805 75 (SKM) dan sebesar 32% atau sebesar 7 siswa mampu mencapai 8805 75 (SKM). Tema dalam naskah drama siswa dikembangkan sesuai dengan apa yang dialami didengar dan dilihat sehingga banyak tema dalam naskah drama tersebut tidak mengandung nilai kehidupan dan semangat yang kuat. Hasil analisis dan pembahasan kemampuan menulis naskah drama siswa kelas VIII SMPN 1 Ujungpangkah kabupaten Gresik dari aspek dialog menunjukkan bahwa kemampuan menulis naskah drama siswa dari aspek dialog sebesar 91% atau sebanyak 20 siswa telah mampu mencapai 8805 75 (SKM) dan sebesar 9% atau sebanyak 2 siswa belum mampu mencapai 8805 75 (SKM). Siswa tidak ada kesulitan membuat dialog dalam naskah dramanya karena sesungguhnya siswa hanya memaparkan kembali dialog-dialog yang diucapkan sehari-hari. Hasil analisis dan pembahasan kemampuan menulis naskah drama siswa kelas VIII SMPN 1 Ujungpangkah kabupaten Gresik dari aspek alur menunjukkan bahwa kemampuan menulis naskah drama siswa dari aspek alur sebesar 87% atau sebanyak 19 siswa belum mampu mencapai 8805 75 (SKM) dan sebesar 13% atau sebanyak 3 siswa telah mampu mencapai 8805 75 (SKM). Siswa tidak ada kesulitan ii dalam menciptakan alur cerita yang logis karena sesungguhnya alur yang dibuat merupakan urutan kejadian yang dilihat atau dijalani dalam kehidupan. Karena merupakan pengalaman penulis banyak siswa yang alur ceritanya belum mampu memberi kejutan dan rasa penasaran. Hasil analisis dan pembahasan kemampuan menulis naskah drama siswa kelas VIII SMPN 1 Ujungpangkah kabupaten Gresik dari aspek latar menunjukkan bahwa kemampuan menulis naskah drama siswa dari aspek latar sebesar 68% atau sebanyak 15 siswa belum mampu mencapai 8805 75 (SKM) dan sebesar 22% atau sebanyak 7 siswa mampu mencapai 8805 75 (SKM). Secara umum siswa mampu menghadirkan latar tempat dan latar waktu tetapi penggambaran latar tidak detail. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari keempat aspek yang diteliti hanya satu aspek yakni aspek dialog yang mampu mencapai 8805 75 (SKM). Secara umum siswa hanya menceritakan kembali kehidupannya bersama kelompok objek di sekitarnya. Oleh karena itu disarankan kepada kepala sekolah untuk menerapkan penelitian tindakan kelas agar dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan dapat mengetahui kelemahan pembelajaran. Saran untuk guru sebaiknya guru banyak referensi tentang topik yang akan diajarkan sehingga siswa memiliki banyak cara untuk memberikan hasil yang terbaik. Kemudian saran untuk peneliti lain temuan penelitian ini dapat dijadikan sebagai rujukan dalam melakukan penelitian sejenis. Peneliti bisa mengkaji kemampuan yang sama dengan kopetensi dasar yang berbeda atau meningkatkan kemampuan di tempat penelitian yang sama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143014

Actions (login required)

View Item View Item