Tindak tutur direktif dalam wacana kelas (kajian mikroetnografi terhadap bahasa guru) / Dian Etikasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Tindak tutur direktif dalam wacana kelas (kajian mikroetnografi terhadap bahasa guru) / Dian Etikasari

Etikasari, Dian (2012) Tindak tutur direktif dalam wacana kelas (kajian mikroetnografi terhadap bahasa guru) / Dian Etikasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci tindak tutur direktif wacana kelas bahasa guru Bahasa merupakan alat komunikasi bagi manusia dalam kehidupannya. Keberadaan bahasa diharapkan dapat membantu manusia untuk memperlancar segala jenis kegiatannya. Semua profesi dan aktivitas dilakukan oleh manusia tidak akan terlepas dari penggunaan bahasa. Salah satunya adalah guru yang menggunakan bahasa dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Oleh karena itu penggunaan bahasa merupakan realitas interaksi komunikasi yang berlangsung dalam kegiatan belajar mengajar. Guru dalam kegiatan berkomunikasi tersebut harus mampu berkomunikasi dengan baik untuk menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna bagi siswa sehingga menjadi siswa yang aktif. Dalam mewujudkan keaktifan siswa dalam pembelajaran guru harus mampu mengelola kelas dengan baik disertai dengan tindak berbahasa yang mampu menumbuhkan keterampilan dan semangat siswa dalam pembelajaran. Satu diantara wujud tindak bahasa yang tidak kalah penting adalah tindak tutur direktif . Tindak tutur direktif merupakan salah satu usaha untuk memancing respon siswa agar siswa lebih aktif dalam pembelajaran di kelas yang nantinya akan bermanfaat bagi siswa. Dalam penelitian ini terkait dengan tindak tutur direktif dalam wacana kelas permasalah yang dibahas dalam penelitian ini meliputi tiga hal yaitu (1) bagaimana bentuk tindak tutur direktif guru dalam wacana kelas (2) bagaimana fungsi tindak tutur direktif dalam wacana kelas terkait proses pembelajaran dan (3) bagaimana konteks tindak tutur direktif dalam wacana kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian mikroetnografi yang berorentasi pada teori pragmatik. Penelitian ini digunakan untuk memotret penggunaan bahasa guru dalam wacana kelas selama proses pembelajaran. Data penelitian ini berupa tuturan guru yang diindikasikan sebagai tindak tutur direktif dalam wacana kelas. Data tersebut diperoleh dari tuturan guru kelas II SDN Sumbersari 3 Malang. Dalam penelitian ini peneliti bertindak sebagai instrumen kunci. Oleh karena itu kehadiran peneliti wajid ada selama proses penelitian (pengumpulan data). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan camera digital untuk merekam tuturan guru dan alat tulis untuk mencatat konteks peristiwa tutur. Pada pengumpulan dat peneliti menggunakan metode simak dengan teknik simak bebas libat cakap yaitu peneliti tidak terlibat dalam interakasi komunikasi antara guru dan siswa peneliti hanya menjadi pengamat penuh dalam penggunaan bahasa guru dalam pembelajaran di kelas. Dari hasil penelitian tindak tutur direktif guru dalam wacana kelas dapat disimpulkan sebagai berikut. Pertama bentuk tindak tutur direktif dalam wacana kelas meliputi (1) bentuk tindak tutur direktif suruhan (2) bentuk tindak tutur direktif memerintah (3) bentuk tindak tutur direktif meminta (4) bentuk tindak tutur direktif ajakan (5) bentuk tindak tutur direktif desakan (6) tindak tutur direktif larangan (7) bentuk tindak tutur direktif menyarankan dan (8) bentuk tindak tutur direktif bujukan. Kedua penggunaan fungsi tindak tutur direktif dalam wacana kelas meliputi (1) fungsi tindak tutur direktif suruhan dalam proses pembelajaran (2) fungsi tindak tutur direktif memerintah dalam proses pembelajaran (3) fungsi tindak tutur direktif meminta dalam proses pembelajaran (4) fungsi tindak tutur direktif ajakan dalam proses pembelajaran (5) fungsi tindak tutur direktif desakan dalam proses pembelajaran (6) fungsi tindak tutur direktif larangan dalam proses pembelajaran (7) fungsi tindak tutur direktif menyarankan dalam proses pembelajaran dan (8) fungsi tindak tutur direktif bujukan dalam proses pembelajaran. Ketiga Konteks tindak tutur direktif dalam wacana kelas ditemukan pada kegiatan pendahuluan inti dan akhir pada pembelajaran meliputi (1) kegiatan pendahaluan terdiri dari (a) tindak tutur direktif dalam wacana kelas pada konteks menyiapkan kondisi kelas (b) tindak tutur direktif ajakan dalam wacana kelas pada konteks apersepsi (c) tindak tutur direkti bujukan dalam wacana kelas pada konteks menyampaikan salam dan memberikan perhatian (2) pada konteks kegiatan inti terdiri dari (a) tindak tutur direktif suruhan dalam wacana kelas pada konteks mengevaluasi hasil tugas (b) tindak tutur direktif suruhan dalam wacana kelas pada konteks menjelaskan konsep materi (c) tindak tutur direktif memerintah dalam wacana kelas pada konteks menjelaskan contoh (d) tindak tutur direktif meminta dalam wacana kelas pada konteks memberikan perhatian dan motivasi (e) tindak tutur direktif ajakan dalam wacana kelas pada konteks mengevaluasi hasil latihan (f) tindak tutur direktif desakan dalam wacana kelas pada konteks menjelaskan contoh (g) tindak tutur direktif desakan dalam wacana kelas pada konteks menjelaskan konsep materi (h) tindak tutur direktif larangan dalam wacana kelas pada konteks kedisiplinan (i) tindak tutur direktif bujukan dalam wacana kelas pada konteks menjelaskan contoh selanjutnya (3) pada kegiatan akhir ditemukan tuturan direktif yaitu tindak tutur direktif desakan dalam wacana kelas pada konteks mengevaluasi tugas siswa. Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan oleh guru SD dalam memilih dan menggunakan tindak tutur direktif dalam bentuk fungsi dan konteks dalam pembelajaran serta guru membiasakan menggunakan bahasa yang baku dalam proses pembelajaran. Dengan demikian komunikasi antara guru dan siswa sebagai salah satu bentuk membangun komunikasi yang sehat sehingga siswa memeroleh pembelajaran yang bermakna. Selain itu kepala sekolah dan guru mampu bekerja sama untuk merencanakan pembelajaran yang lebih baik disertai dengan kemampuan berbahasa yang baik sehingga mampu memotivisi siswa dalam pembelajarannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143011

Actions (login required)

View Item View Item