Lutfiah, Khoiru Farihatin (2015) Perancangan buku cerita interaktif untuk menumbuhkan semangat entrepreneurship pada anak usia 7-12 tahun / Khoiru Farihatin Lutfiah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Lutfiah Khoiru Farihatin. 2014. Perancangan Buku Cerita Interaktif untuk Menumbuhkan Semangat Entrepreneurship pada Anak Usia 7-12 tahun. Skripsi. Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Hj. Ida Siti Herawati M.Pd. (II) Rudi Irawanto S.Pd M.Sn. . Kata Kunci Perancangan buku cerita interaktif Entrepreneur Anak usia 7-12 tahun. Selama ini pendidikan entrepreneurship bagi anak usia 7-12th belum diberikan di sektor pendidikan formal. Membentuk serta meningkatkan jiwa entrepreneurship pada anak dapat dilakukan melalui keluarga dengan menggunakan media yang efektif dan komunikatif. Salah satu media yang dapat menjawab permasalahan tersebut adalah buku ceritera interaktif. Perancangan ini bertujuan untuk membuat media komunikasi visual yang dapat menumbuhkan semangat entrepreneurship pada anak usia 7-12 tahun melalui penyajian produk yang menarik sesuai dengan karateristik target audien. Perancangan ini menggunakan metode prosedural yang diambil dari buku diktat Desain Komunikasi Visual Victorian Curriculum and Assessment Authority yaitu dimulai dari analisa latar belakang masalah merumuskan tujuan perancangan setelah itu dilakukan menganalisa target pengguna meliputi faktor demografis psikologis geografis dan behavioristik merumuskan beberapa gagasan desain dan mengambil ide yang paling sesuai dan merumuskannya kedalam strategi perancangan yang meliputi strategi isi strategi visual dan strategi pemasaran. evaluasi dan revisi diperlukan sebelum produk dipamerkan dan diterbitkan. Produksi dimulai dari pembuatan cerita yang dikembangkan ke dalam storyline untuk mempermudah proses eksekusi. Pembuatan ilustrasi dilakukan melalui proses manual untuk sketsa dan komputerisasi untuk pewarnaan dengan menggunkan Software Adobe Photoshop. Setelah itu dicetak di kertas art paper 120 gram untuk isi dan 260 gram untuk cover dan dijilid menggunakan jilid kawat/ stapler. Perancangan menghasilkan buku cerita bergambar interaktif yang terdiri dari 35 halaman berukuran 16 X 20 cm. Picture book ini berisikan tentang mengajarkan anak melihat kewirausahaan dari 3 sudut pandang yakni dasar-dasar wirausaha sikap wirausaha dan pendidikan wirausaha. Dalam buku cerita ini ditambahkan beberapa interaktif yang diisi oleh target audien dan diharapkan memperjelas penyampaian isi buku cerita. Diharapkan buku cerita bergambar interaktif ini merupakan salah satu media yang dianggap efektif karena di dalamnya terdapat unsur teks dan ilustrasi yang bekerja sama untuk menghasilkan cerita yang komunikatif dan mampu menarik minat anak untuk mempelajari dan mengimplementasikan teori-teori entrepreneur dan diharapkan melalui buku ini akan melahirkan kidpreneur-kidpreneur baru di Indonesia.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 07 Jan 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/14301 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |