Nilai kejujuran dalam cerpen 2000-an sebagai alternatif bahan ajar sastra berbasis pendidikan karakter untuk siswa smp / Irdia Ukhwatul Islamiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Nilai kejujuran dalam cerpen 2000-an sebagai alternatif bahan ajar sastra berbasis pendidikan karakter untuk siswa smp / Irdia Ukhwatul Islamiyah

Islamiyah, Irdia Ukhwatul (2012) Nilai kejujuran dalam cerpen 2000-an sebagai alternatif bahan ajar sastra berbasis pendidikan karakter untuk siswa smp / Irdia Ukhwatul Islamiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci cerpen 2000-an nilai kejujuran bahan ajar sastra pendidikan karakter dan siswa SMP Cerpen merupakan bahan ajar yang sering digunakan dalam proses belajar mengajar di sekolah. Cerpen sebagai bahan ajar sastra hampir selalu muncul dalam pembelajaran sastra setiap jenjang di SMP. Pada tingkat SMP peserta didik diajarkan untuk menemukan nilai yang terkandung di dalam cerpen. Peserta didik tingkat SMP memasuki masa remaja yang labil. Jadi peserta didik memerlukan pembelajaran nilai moral yang dapat memberikan pondasi kebaikan. Nilai kejujuran adalah pondasi yang baik dalam pembelajaran nilai moral yang sesuai dengan pendidikan karakter yang sedang digencarkan oleh tenaga pendidik. Namun tidak semua cerpen 2000-an mempunyai nilai kejujuran yang terkandung di dalamnya. Dan tidak semua cerpen bernilai kejujuran di tahun 2000-an dapat dijadikan alternatif bahan ajar sastra berbasis pendidikan karakter. Secara umum penelitian ini berfokus pada jenis cerpen bernilai kejujuran dalam kurun waktu tahun 2000 hingga saat ini yang mampu dijadikan alternatif bahan ajar berbasis pendidikan karakter dan konsep nilai kejujurannya. Fokus secara rinci dalam penelitian ini meliputi (1) bentuk dan fungsi nilai kejujuran dalam cerpen 2000-an (2) penggambaran nilai kejujuran dalam cerpen 2000-an (3) cerpen 2000-an bernilai kejujuran yang dapat dimanfaatkan sebagai alternatif bahan ajar sastra berbasis pendidikan karakter. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Semua data yang terkumpul mempunyai kemungkinanan untuk menjadi kunci terhadap sesuatu yang sudah diteliti. Peneliti terjun secara langsung untuk meneliti cerpen-cerpen bernilai kejujuran di tahun 2000 hingga sekarang. Data dalam penelitian ini berupa kutipan-kutipan yang ada dalam cerpen. Kutipan tersebut berupa penggambaran nilai kejujuran. Instrumen yang digunakan adalah Human Instrument yaitu peneliti itu sendiri. Instrumen tambahan yang digunakan dalam penelitian ini beupa tabel indikator yang dapat membantu menganalisis data. Hasil penelitian ini mengenai konsep kejujuran dalam cerpen 2000-an dan pemanfaatannya sebagai alternatif bahan ajar sastra berbasis pendidikan karakter. Dari penelitian ini ditemukan bahwa ada beberapa bentuk nilai kejujuran dalam cerpen 2000-an yaitu (1) menyatakan cinta (2) mengungkapkan fakta (3) bersikap jujur (4) menyatakan saying (5) amanat. Selain bentuk nilai kejujuran ada tiga penggambaran nilai kejujuran dalam cerpen 2000-an yaitu (1) penggambaran nilai kejujuran melalui dialog (2) penggambaran nilai kejujuran melalui tokoh (3) penggambaran nilai kejujuran melalui deskripsi pengarang. Beberapa hal tersebut dapat membantu pembaca untuk mengidentifikasi nilai kejujuran dalam cerpen 2000-an. Pemanfaatan nilai kejujuran dalam cerpen 2000-an sebagai alternatif bahan ajar berbasis pendidikan karakter belum dapat diperoleh setelah hasil analisis nilai kejujuran selesai dilakukan. Analisis yang kedua adalah analisis bahasa yang digunakan susunan tampilan cerpen stimulan atau pengaruh yang diperoleh pembaca ketika selesai membaca dan kandungan amanat dalam cerpen. Setelah melakukan analisis di atas akan ditemukan cerpen-cerpen yang dapat dijadikan alternatif bahan ajar sastra berbasis pendidikan karakter bagi siswa SMP. Saran bagi guru adalah dengan adanya penelitian ini guru akan mendapatkan alternatif cerpen sebagai materi ajar untuk siswanya. Saran bagi siswa SMP yaitu dengan adanya penelitian siswa SMP dapat secara langsung memanfaatkan cerpen bernilai kejujura. Siswa dapat secara langsung mempelajari nilai yang sesuai dengan KD yang ingin diajarkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143008

Actions (login required)

View Item View Item