Miawati, Selvi (2012) Peningkatan kemampuan menulis naskah drama dengan strategi sinektik (model Gordon plus) pada siswa kelas XI IS 2 SMA Negeri 8 Malang / Selvi Miawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Menulis Naskah Drama Perilaku Manusia Strategi Sinektik (Model Gordon Plus) Pembelajaran menulis naskah drama dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan 2006 kelas XI SMA semester 2 mencakup dua Kompetensi Dasar pada aspek menulis. Salah satu Kompetensi Dasar tersebut adalah mendeskripsikan perilaku manusia melalui dialog naskah drama. Hal yang perlu diperhatikan dalam kompetensi dasar menulis naskah drama ini bertujuan untuk menunjang pembentukan pribadi peserta didik di samping untuk meningkatkan kreativitas peserta didik dalam keterampilan berbahasa. Untuk itu diperlukan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan proses maupun hasil pembelajaran. Salah satu strategi pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan menulis naskah drama adalah strategi sinektik (Model Gordon Plus) Strategi sinektik dipilih karena dalam strategi ini terdapat kesesuaian langkah untuk merangsang peserta didik memaksimalkan kreativitas dalam berproses kreatif. Kesesuaian langkah yang dimaksud yaitu membuat sesuatu yang baru berdasarkan contoh yang sudah ada. Sesuatu yang sudah ada tersebut dapat berupa naskah drama naskah yang dipentaskan bahkan cerita kehidupan sehari-hari yang ingin dijadikan naskah drama sesuai sudut pandang peserta didik. Peserta didik dapat mengaplikasikan teori yang telah disampaikan guru. Selain untuk menguji kreativitas mereka peserta didik dihadapkan pada beberapa permasalahan keadaan lingkungan disertai dengan alternatif pemecahannya. Dari alternatif tersebut peserta didik dapat memberikan alternatif lain mempermudah dalam memecahkan masalah karena merupakan replika kehidupan nyata. Secara umum penelitian yang dirancang dengan berbasis PTK ini berupaya menjawab masalah tentang proses dan hasil peningkatan kemampuan menulis naskah drama dengan strategi sinektik pada siswa kelas XI IS 2 SMA Negeri 8 Malang. Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa strategi sinektik dapat meningkatkan proses dan hasil menulis naskah drama pada siswa kelas XI IS 2 SMA Negeri 8 Malang. Proses peningkatan kemamapuan menulis naskah drama dengan strategi sinektik dilakukan melalui tiga aspek. Pertama aspek mengidentifikasi struktur naskah drama berdasarkan tayangan video dengan kegiatan (1) membangkitkan motivasi dan perhatian (2) menyampaikan tujuan dan materi (3) mengarahkan perhatian pada materi yang relevan (4) mengamati tayangan video (5) melakukan analogi langsung. Kedua aspek menyusun struktur naskah drama dengan membuat analogi berdasarkan struktur naskah drama yang terdapat dalam video dengan kegiatan (1) membangkitkan motivasi (2) memberikan materi (3) mengembangkan struktur naskah drama sesuai sudut pandang siswa. Ketiga menulis naskah drama berdasarkan struktur naskah drama dengan kegiatan (1) membangkitkan motivasi (2) memberikan materi (3) menulis naskah drama (4) memberikan kritik mambangun. Peningkatan hasil kemampuan menulis naskah drama dengan strategi sinektik pada studi pendahuluan (kondisi awal) sebesar 16 22% meningkat pada siklus I yaitu 40 45% dan pada siklus II meningkat menjadi 91 89%. Peningkatan kemampuan siswa pada siklus I meningkat setelah diberikan tindakan melalui tiga aspek yaitu aspek mengidentifikasi struktur naskah drama menyusun garis besar berdasarkan struktur naskah drama dan menulis naskah drama berdasarkan garis besar cerita dengan memperhatikan struktur naskah drama pada siklus I dan siklus II. Penggunaan ketiga aspek tersebut efektif sehingga dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis naskah drama dengan strategi sinektik pada siswa kelas XI IS 2 SMA Negeri 8 Malang. Peningkatan dari kondisi awal ke siklus I sebesar 24 32% dan peningkatan siklus I ke siklus II sebesar 51 35%. Berdasarkan hasil belajar siswa dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi sinektik terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis naskah drama pada siswa kelas XI IS 2 SMA Negeri 8 Malang. Untuk lebih meningkatkan kemampuan tersebut diharapkan agar guru Bahasa Indonesia menciptakan sebuah skenario pembelajaran yang menyenangkan akan tetapi tetap menuntut keaktifan kekreatifan dan kekritisan siswa untuk menuangkan ide-ide kreatif. Bagi peneliti lain yang melakukan penelitian sejenis diharapkan agar memperhatikan penggunaan waktu selama pembelajaran berlangsung
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Jun 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/143007 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |