Pengembangan bahan ajar menulis cerpen dengan memanfaatkan ungkapan proses kreatif sastrawan / Arina Rohmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar menulis cerpen dengan memanfaatkan ungkapan proses kreatif sastrawan / Arina Rohmawati

Rohmawati, Arina (2012) Pengembangan bahan ajar menulis cerpen dengan memanfaatkan ungkapan proses kreatif sastrawan / Arina Rohmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pengembangan bahan ajar menulis cerpen proses kreatif Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) untuk jenjang SMA terdapat kompetensi menulis cerpen berdasarkan pengalaman pribadi. Kompetensi tersebut harus dikuasai siswa kelas X pada semester 2. Diperlukan bahan ajar yang mendukung untuk mencapai kompetensi tersebut. Oleh karena itu dilakukan penelitian dan pengembangan bahan ajar menulis cerpen untuk membantu siswa mencapai kompetensi dasar yang dimaksud. Secara umum penelitian ini dilakukan untuk menghasilkan produk berupa bahan ajar menulis cerpen dengan memanfaatkan ungkapan proses kreatif sastrawan. Ungkapan proses kreatif sastrawan adalah pengakuan-pengakuan sastrawan mengenai tahap yang dilaluinya dalam menciptakan karya sastra dimulai dengan mencari ide mengembangkan ide menjadi cerpen hingga memperbaiki karyanya. Ungkapan proses kreatif sastrawan Indonesia dapat diambil manfaatnya untuk pembelajaran sastra di sekolah. Manfaat tersebut berupa langkah-langkah atau teknik menulis cerpen. Langkah-langkah atau teknik menulis cerpen dari ungkapan proses kreatif sastrawan tersebut selanjutnya dipilah-pilah berdasarkan kegiatan sebelum menulis kegiatan saat menulis dan kegiatan setelah menulis. Langkah-langkah tersebut kemudian diterapkan pada bahan ajar. Tujuan penelitian ini adalah (1) menjelaskan wujud produk bahan ajar menulis cerpen berdasarkan ungkapan proses kreatif sastrawan (2) mengetahui kemenarikan hasil pengembangan bahan ajar menulis cerpen untuk SMA kelas X Semester 2 dan (3) mengetahui kelayakan hasil pengembangan bahan ajar menulis cerpen untuk SMA kelas X Semester 2. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan. Rancangan penelitian ini diadaptasi dari model desain penelitian Borg and Gall. Berdasarkan model tersebut terdapat empat tahap prosedur penelitian yakni (1) tahap prapengembangan (2) tahap pengembangan produk (3) tahap uji coba dan (4) tahap revisi akhir. Uji produk bahan ajar dilakukan kepada (1) ahli penulisan kreatif cerpen (2) ahli bahan ajar (3) guru Bahasa Indonesia dan (4) siswa. Uji produk bahan ajar menghasilkan data yang diperoleh dari angket. Data penelitian ini berupa data verbal dan nonverbal. Data nonverbal berupa skor penilaian sedangkan data verbal berupa komentar dan saran perbaikan dari ahli praktisi dan siswa. Data dianalisis dengan (1) mendeskripsikan kemenarikan produk bahan ajar melalui penghitungan presentase kelayakan bahan ajar dan (2) mendeskripsikan kelayakan produk bahan ajar melalui penghitungan presentase kelayakan bahan ajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143005

Actions (login required)

View Item View Item