Afdila, Faricha Alfin (2012) Pengaruh strategi SQ3R terhadap kemampuan membaca kritis siswa kelas VII SMP Negeri 3 Malang / Faricha Alfin Afdila. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci SQ3R pembelajaran membaca membaca kritis. Membaca merupakan hal penting dalam dunia pendidikan. Kegiatan membaca dilakukan manusia untuk mendapatkan informasi ilmu wawasan baru bahkan hiburan. Terdapat beberapa tingkatan membaca yaitu membaca literal membaca kritis dan membaca kreatif. Pada jenjang pendidikan SMP siswa dituntut mampu membaca kritis. Pentingnya pembelajaran membaca kritis dalam menemukan gagasan utama bacaan meringkas isi bacaan dan menyimpulkan isi bacaan perlu adanya sebuah usaha untuk mencapai tujuan pembelajaran membaca kritis pada siswa kelas VII tingkat SMP. Masalah dalam penelitian ini bagaimana pengaruh Strategi SQ3R terhadap kemampuan membaca kritis siswa kelas VII SMP Negeri 3 Malang dalam menemukan gagasan utama bacaan meringkas isi bacaan dan menyimpulkan isi bacaan. Strategi SQ3R dapat melatih ketelitian siswa dalam menemukan gagasan utama dalam setiap paragraf. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Jenis desain penelitian yang digunakan adalah desain control group pre-test and post-test. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 3 Malang tahun ajaran 2011/2012. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa regular kelas VII SMP N 3 Malang semester genap tahun pelajaran 2011/2012. Sedangkan sampel menggunakan teknik purposive sample. Langkah-langkah desain eksperimen semu sebagai berikut. Pertama mengidentifikasi karakterisitik populasi lalu didapat dua kelas memiliki karakteristik sama yang akan dijadikan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kedua pemberian pretes pada kelas eksperimen dan kelas kontrol untuk mengetahui kemampuan awal siswa dalam membaca kritis. Ketiga pemberian perlakuan berupa penggunaan Strategi SQ3R terhadap kelas eksperimen dan pembelajaran konvensional terhadap kelas kontrol. Keempat pemberian postes kepada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data dalam penelitian ini terdiri atas tiga data yaitu (1) skor pretes dan postes kemampuan menemukan gagasan utama bacaan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol (2) skor pretes dan postes kemampuan meringkas isi bacaan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol (3) skor pretes dan postes kemampuan menyimpulkan isi bacaan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Analisis data dihitung dengan menggunakan uji-t dengan pengujian H1diterima apabila t0 2 042 dan ditolak apabila t0 8804 2 042. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat dipaparkan bahwa nilai uji statistik (thitung) kemampuan menemukan gagasan utama bacaan kelas kontrol dan kelas eksperimen sebesar 2 127 lebih besar dari ttabel yaitu 2 042. Selain itu diperoleh rata-rata skor postes kelas eksperimen (88 39) lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (76 77). Kedua nilai uji statistik (thitung) kemampuan meringkas isi bacaan kontrol dan kelas eksperimen sebesar 3 586 lebih besar dari ttabel yaitu 2 042 sedangkan nilai rata-rata postes siswa kelas eksperimen dalam meringkas isi bacaan (88 06) lebih tinggi dibandingkan skor siswa kelas kontrol (76 13). Ketiga nilai uji statistik (thitung) kemampuan menyimpulkan isi bacaan kelas kontrol dan kelas eksperimen sebesar 2 599 lebih besar dari ttabel yaitu 2 042 sedangkan nilai rata-rata postes siswa kelas eksperimen dalam menyimpulkan isi bacaan (88 39) lebih tinggi dibandingkan skor siswa kelas kontrol (75 32). Jadi kesimpulan penelitian ini terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan membaca kritis siswa dalam menemukan gagasan utama bacaan meringkas isi bacaan dan menyimpulkan isi bacaan diterima. Hal-hal yang disarankan untuk peneliti selanjutnya adalah sebagai masukan dan landasan dalam melakukan penelitian lain yang terkait dengan penelitian ini yaitu penggunaan Strategi SQ3R dan kemampuan membaca kritis. Bagi guru bahasa Indonesia hasil penelitian ini dapat dijadikan masukan untuk menambah pengetahuan dan kreativitas guru dalam menerapkan Strategi SQ3R dalam pembelajaran di sekolah. Selain itu guru dapat mengembangkan strategi membaca ini sesuai dengan kompetensi dan pembelajaran yang akan dicapai.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Jul 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/143003 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |