Pengembangan instrumen penilaian pembelajaran membaca kelas VII SMP / Nila Maulana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan instrumen penilaian pembelajaran membaca kelas VII SMP / Nila Maulana

Maulana, Nila (2012) Pengembangan instrumen penilaian pembelajaran membaca kelas VII SMP / Nila Maulana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci instrumen penilaian pembelajaran membaca. Untuk mengetahui kemampuan membaca siswa dengan baik satu-satunya langkah yang diambil oleh guru ialah dengan mengadakan penilaian. Agar tujuan penilaian tercapai guru harus menggunakan berbagai metode dan teknik penilaian yang beragam sesuai dengan tujuan pembelajaran. Oleh karena itu diperlukan sebuah instrumen penilaian yang dapat mengukur kompetensi membaca siswa. Instrumen harus mampu mengukur kemampuan yang berhasil dicapai siswa sebagaimana dinyatakan dalam setiap indikator. Mengingat pentingnya instrumen penilaian pembelajaran membaca instrumen penilaian perlu dikembangkan. Terdapat beberapa alasan yang mendasari pentingnya pengembangan instrumen penilaian pembelajaran membaca yakni pertimbangan masih adanya kekurangan terhadap instrumen penilaian yang sudah ada dan tuntutan agar guru dapat menilai pembelajaran membaca siswa secara tepat. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengembangkan instrumen penilaian pembelajaran membaca memindai kamus yang valid reliabel dan praktis (2) mengembangkan instrumen penilaian pembelajaran membaca cepat 200 kata permenit yang valid reliabel dan praktis (3) mengembangkan instrumen penilaian pembelajaran membaca teks perangkat upacara yang valid reliabel dan praktis (4) mengembangkan instrumen penilaian pembelajaran menceritakan kembali cerita anak yang valid reliabel dan praktis (5) mengembangkan isntrumen penilaian pembelajaran mengomentari buku cerita anak yang valid reliabel dan praktis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan. Rancangan penelitian ini diadaptasi dari model desain pengembangan Borg and Gall. Berdasarkan model tersebut dalam penelitian ini terdapat empat tahap prosedur penelitian yakni (1) tahap pra pengembangan (2) tahap pengembangan (3) tahap uji coba produk dan (4) tahap revisi. Pelaksanaan pengembangan dilakukan berdasarkan temuan analisis kebutuhan yang dilakukan pada tahap pra pengembangan. Selanjutnya produk hasil pengembangan diujicobakan untuk mengetahui kelayakan produk yaitu melalui (1) ahli evaluasi pembelajaran (2) guru bahasa Indonesia dan (3) siswa kelas VII. Data dalam penelitian ini dibedakan menjadi 2 yakni data pra pengembangan dan data uji coba produk. Data pra pengembangan berupa data verbal. Data verbal dibedakan menjadi data tulis dan data lisan. Data verbal tulis berupa hasil analisis terhadap instrumen penilaian pembelajaran membaca telaah kurikulum yang berkaitan dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar telaah teori dan telaah penelitian terdahulu. Data verbal lisan berupa hasil wawancara dengan guru. Data hasil uji coba produk ialah data verbal tulis dan data numerik yang berupa skor nilai. Data verbal tulis berupa catatan komentar saran dan kritik dari ahli dan guru yang ditulis langsung pada rubrik penilaian. Data skor nilai berasal dari rubrik penilaian tentang penilaian produk untuk menjelaskan kelayakan produk. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen panduan wawancara dan rubrik penilaian. Analisis data hasil uji coba dianalisis dengan cara (1) mengumpulkan data verbal tertulis yang diperoleh dari rubrik penilaian (2) mentranskrip data verbal lisan (3) menghimpun menyeleksi dan mengklasifikasi data verbal tulis dan verbal lisan berdasarkan kelompok uji dan (4) menganalisis data serta merumuskan simpulan analisis sebagai dasar untuk melakukan tindak lanjut terhadap produk yang dikembangkan apakah harus direvisi atau diimplementasikan. Perbaikan dilakukan berdasarkan saran dan masukan dari ahli guru dan siswa yang disampaikan secara lisan dan tulisan. Hasil uji instrumen penilaian pembelajaran membaca kamus adalah sebagai berikut. (a) Hasil uji coba kepada ahli diperoleh hasil uji validitas sebesar 100% (I) reliabilitas sebesar 100% (I) dan kepraktisan sebesar 100% (I). (b) Hasil uji coba kepada praktisi diperoleh hasil uji kepraktisan sebesar 83 3% (I). (c) Hasil uji coba siswa diperoleh hasil uji kepraktisan sebesar 80% yang berarti produk layak diimplementasikan. Hasil uji instrumen penilaian pembelajaran membaca cepat adalah sebagai berikut. (a) Hasil uji coba ahli diperoleh hasil uji validitas sebesar 100% (I) reliabilitas sebesar 100% (I) dan kepraktisan sebesar 100% (I). (b) Hasil uji coba praktisi diperoleh hasil uji kepraktisan sebesar 100% (I). (c) Hasil uji coba siswa diperoleh hasil uji kepraktisan sebesar 80 7% (I). Hasil uji instrumen penilaian pembelajaran membaca teks upacara adalah sebagai berikut. (a) Hasil uji coba ahli diperoleh hasil uji validitas sebesar 75% (I) reliabilitas sebesar 100% (I) dan kepraktisan sebesar 75% (I). (b) Hasil uji coba praktisi diperoleh hasil uji kepraktisan sebesar 91 6% (I). (c) Hasil uji coba siswa diperoleh hasil uji kepraktisan sebesar 83 6% (I). Hasil uji instrumen penilaian pembelajaran menceritakan kembali buku cerita anak adalah sebagai berikut. (a) Hasil uji coba ahli diperoleh hasil uji validitas sebesar 100% (R) reliabilitas sebesar 75% (I) dan kepraktisan sebesar 75% (I). (b) Hasil uji coba kepada praktisi diperoleh hasil uji kepraktisan sebesar 91 6% (I). Hasil uji coba kepada siswa diperoleh hasil uji kepraktisan sebesar 83 3% (I). Hasil uji instrumen penilaian pembelajaran mengomentari buku cerita anak adalah sebagai berikut. (a) Hasil uji coba ahli diperoleh hasil uji validitas sebesar 75% (I) reliabilitas sebesar 100% (I) dan kepraktisan sebesar 91 6% (I). (b) Hasil uji coba praktisi diperoleh hasil uji kepraktisan sebesar 85 1% (I). (c) Hasil uji coba siswa diperoleh hasil uji kepraktisan sebesar 85 1% (I). Simpulan penelitian pengembangan ini adalah hasil uji instrumen penilaian pembelajaran membaca menunjukkan bahwa produk tergolong layak dan dapat diimplementasikan. Sebagai langkah pemanfaatan produk hasil pengembangan guru disarankan menggunakan instrumen penilaian ini dengan dilakukan penyesuaian sebagai alat untuk mengukur kemampuan siswa dalam membaca. Bagi peneliti lain prosedur penelitian pengembangan produk ini dapat menjadi pedoman untuk melakukan penelitian serupa. Selanjutnya produk pengembangan dapat disebarluaskan dalam forum MGMP.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143000

Actions (login required)

View Item View Item