Peningkatan kemampuan menulis laporan siswa kelas VIIIA SMPN 1 Sumberpucung Malang tahun ajaran 2011/2012 dengan strategi pembelajaran kreatif produktif / Anindita Sastavianti - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan menulis laporan siswa kelas VIIIA SMPN 1 Sumberpucung Malang tahun ajaran 2011/2012 dengan strategi pembelajaran kreatif produktif / Anindita Sastavianti

Sastavianti, Anindita (2012) Peningkatan kemampuan menulis laporan siswa kelas VIIIA SMPN 1 Sumberpucung Malang tahun ajaran 2011/2012 dengan strategi pembelajaran kreatif produktif / Anindita Sastavianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci peningkatan kemampuan menulis laporan strategi pembelajaran kreatif produktif Pembelajaran menulis laporan merupakan salah satu pembelajaran yang harus dicapai pada jenjang SMP. Berdasarkan hasil studi pendahuluan pada SMPN 1 Sumberpucung yaitu dengan pengamatan pembelajaran serta hasil tulisan laporan siswa. Kemampuan siswa dalam menulis laporan masih rendah serta belum mencapai standar ketuntasan minimal yang ditetapkan. Masih terdapat siswa yang memperoleh nilai dibawah standar yaitu 75. Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan menulis laporan aspek isi dan bahasa siswa kelas VIIIA SMPN 1 Sumberpucung. Melalui strategi pembelajaran kreatif produktif penggunaan strategi ini diharapkan mampu meningkatkan kemampuan siswa khususnya pada penulisan laporan jenis laporan keadaan. Strategi ini terdiri dari orientasi eksplorasi interpretasi re-kreasi dan evaluasi. Manfaat penelitian ini adalah membantu siswa dalam mengatasi kesulitan dalam menulis laporan dengan bahasa yang baik dan benar. Desain penelitian yang digunakan merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tiga kali pertemuan pengambilan data yang digunakan berupa data hasil tulisan siswa dan data proses. Berdasarkan pengamatan proses yang telah dilakukan pada siklus I dan siklus II kemampuan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran menulis laporan dengan strategi pembelajaran kreatif produktif meningkat. Berdasarkan analisis data penelitian kemampuan menulis laproan dari siklus I ke siklus II menunjukkan peningkatan kemampuan menulis siswa pada aspek isi yang meliputi subaspek kesesuaian kelengkapan kepaduan dan keruntutan. Rata-rata nilai subaspek kesesuaian dari siklus I ke siklus II meningkat dari 78% menjadi 80% subaspek kelengkapan meningkat dari 70% menjadi 75% subaspek kepaduan meningkat dari 73% dan meningkat pada siklus II sebesar 78%. Pada subaspek keruntutan siklus I rata-rata skor kemampuan siswa sebesar 70% dan pada siklus II meningkat sebesar 75%. Kemampuan menulis laporan siswa pada aspek kebahasaan dapat ditingkatkan dengan menggunakan strategi pembelajaran kreatif produktif. Hal ini dapat dibuktikan dengan kemampuan menulis laporan siswa pada aspek kebahasaan yang meliputi subaspek ejaan tanda baca pilihan kata/diksi keefektifan kalimat dan paragraf dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan yaitu subaspek ejaan dari siklus I ke siklus II meningkat dari 65 % menjadi 70% subaspek tanda baca meningkat sebesar 60% menjadi 70% subaspek pilihan kata meningkat dari 70% menjadi 73% subaspek keefektifan kalimat meningkat dari 73% menjadi 80% dan subaspek paragraf meningkat dari 63% menjadi 70%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/142998

Actions (login required)

View Item View Item