Pengembangan media video pembelajaran berbicara bahasa Jawa siswa kelas II di SDN Kesatrian 1 Malang / Windi Tri Sasmia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media video pembelajaran berbicara bahasa Jawa siswa kelas II di SDN Kesatrian 1 Malang / Windi Tri Sasmia

Sasmia, Windi Tri (2012) Pengembangan media video pembelajaran berbicara bahasa Jawa siswa kelas II di SDN Kesatrian 1 Malang / Windi Tri Sasmia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci media video pembelajaran berbicara bahasa Jawa. Pembelajaran bahasa dan sastra Jawa di tingkat Sekolah Dasar merupakan pelajaran muatan lokal yang sudah lama diterapkan khususnya di SDN Kesatrian 1 Malang. Dari hasil penerapan yang dilakukan oleh guru hasilnya kurang optimal dan belum menerapkan pembelajaran yang inovatif padahal pembelajaran bahasa dan sastra Jawa di sekolah formal merupakan salah satu sarana pelestarian bahasa Jawa terhadap generasi muda. Apabila pembelajaran bahasa dan sastra Jawa tidak diimbangi dengan adanya inovasi dalam metode pembelajaran dipastikan setiap pembelajaran berlangsung siswa kurang tertarik dalam mengikutinya. Apabila melihat kondisi pembelajaran bahasa Jawa yang demikian salah satu alternatif untuk mengatasi masalah tersebut yakni melalui pemanfaatan media pembelajaran video di dalam pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengembangkan media video dalam pembelajaran berbicara bahasa Jawa kelas II di SDN Kesatrian 1 Malang. Pelaksanaan penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pengembangan yang merupakan dasar untuk mengembangkan produk yang akan dihasilkan. Model penelitian pengembangan ini merupakan model prosedural yang berarti bersifat deskriptif yakni menunjukkan langkah-langkah yang harus diikuti. Penelitian ini menghasilkan data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Data deskriptif kualitatif yang diperoleh peneliti berupa data verbal (saran-saran) sedangkan data kuantitatif menghasilkan data numeral diperoleh dari hasil uji coba kepada tim ahli praktisi dan siswa melalui pengisian angket. Sumber data diperoleh dari subjek uji coba yang terdiri dari (a) tim ahli (b) praktisi (c) serta siswa kelas IId. Hasil analisis uji coba pertama dilakukan oleh dua tim ahli yang memiliki keahlian sebagai ahli materi dan ahli media (Dosen Sastra Indonesia Universitas Negeri Malang) terhadap media video berbicara bahasa Jawa siswa kelas II SD diperoleh skor 70 75% uji coba yang kedua dilakukan oleh praktisi (guru kelas II Sekolah Dasar Negeri Kesatrian 1 Malang) diperoleh skor 94 6%. Uji coba yang terakhir diperoleh dari pengisian kuisioner siswa diperoleh skor 97 7%. Total keseluruhan skor terakhir setelah dijumlahkan diperoleh skor 83 5%. Berdasarkan kriteria yang telah ditentukan dan dapat dikatakan bahwa media pembelajaran video berbicara mendeskripsikan tumbuhan dan hewan berbahasa Jawa memenuhi kriteria 80-100% sehingga media ini dapat digunakan di SDN Kesatrian 1 Malang untuk siswa kelas II. Pelaksanaan revisi dalam penelitian ini dilakukan dalam dua tahap yakni tahap pertama dilakukan setelah uji produk melalui uji ahli materi dan media. Tahap kedua dilakukan setelah uji coba produk dengan ahli praktisi dan uji coba langsung kepada siswa. Hasil dari revisi ini menghasilkan produk media pembelajaran berupa video mendeskripsikan tumbuhan dan binatang untuk keterampilan berbicara bahasa Jawa kelas II Sekolah Dasar. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar dilakukan penelitian yang lebih mendalam dan dilakukan uji coba pada subjek yang lebih besar. Untuk penyebarluasan media pembelajaran video ini agar diketahui oleh pihak yang lebih luas diharapkan dapat disosialisasikan kepada guru bahasa Jawa di sekolah lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/142996

Actions (login required)

View Item View Item